Saputra, Nor Abidin (2018) Analisis Strategi Pengembangan Keripik Kentang Di Ud. Istana Keripik Kentang Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kentang tidak hanya sebagai konsumsi sayuran namun konsumsi kentang dalam bentuk produk hasil olahan (chips dan French fries). Terjadi peningkatan konsumsi kentang olahan pada tahun 2014 produksi kentang di Jawa Timur mencapai 208.270 ton, produktivitas 18,47 ton/ha, luas panen 11.277, tahun 2015 produksi kentang mencapai 212.173 ton, produktivitas 17,85 ton/ha, luas panen 11.889 ton, dan tahun 2016 produksi kentang mencapai 2.279.758 ton, produktivitas 19,05 ton/ha, luas panen 11.967. UD. Istana Keripik Kentang yang merupakan perusahaan agroindustri yang memproduksi keripik kentang yang ada di kota Batu. Dengan banyaknya pesaing yang memproduksi produk sejenis maka perusahaan harus memiliki strategi pengembangan yang baik agar dapat meningkatkan pendapatan perusahaan. Penentuan strategi yang baik perlu adanya analisis yang digunakan untuk menentukan strategi apa yang tepat untuk digunakan di perusahaan yaitu dengan menggunakan matriks SWOT. Berdasarkan pokok permasalahan diatas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk (1) Mengetahui strategi pengembangan melalui faktor internal dan eskternal UD. Istana keripik kentang, (2) Menyusun alternatif strategi pengembangan yang tepat bagi UD. Istana keripik kentang. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dengan penentuan sampel secara purposive sampling. Penentuan lokasi dilakukukan secara purposive yang yang berada dijalan Gangsiran, Tlekung, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah IFAS, EFAS, IE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan yang dapat diterapkan dengan mengananilisis QSPM didapatkan beberapa alternatif strategi yang dapat diterapkan bagi UD. Istana Keripik Kentang adalah (1) melakukan inovasi produk yang sudah ada seperti kemasan, rasa, dan bentuk (2) mengembangkan produk dengan inovasi tertentu seperti, produk stik kentang (3) menjaga kualitas produk tetapi dengan harga yang terjangkau dibandingkan pesaing sejenis (4) mengembangkan produk inovasi tertentu seperti rasa, dan kemasan yang berbeda dari pesaing (5) menambah inovasi produk agar tidak kalah dengan produk subtitusi (6) harga produk yang lebih murah dapat membuat para pelanggan membeli produk keripik kentang dijadikan sebagai oleh-oleh khas daerah Batu (7) saluran distribusi yang banyak dapat memasarkan produk hingga keluar kota yang lebih luas (8) membuat produk alternatif serupa (keripik singkong, keripik ubi) (9) meningkatkan promosi produk agar tidak kalah dengan perusahaan sejenis (10) Mempertahankan rasa dan membuat inovasi produk seperti bentuk, dengan rasa yang sama (11) Meningkatkan kualitas produk yang sudah ada agar tidak kalah dengan produk subtitusi (12) dengan kurangnya SDM maka memprioritaskan penjualan di dalam kota (13) membeli bahan baku kentang di tempat lain untuk mengantisipasi kekurangan bahan baku (14) Memanfaatkan penjualan keripik kentang keluar kota dengan sekaligus melakukan promosi seperti diskon.
English Abstract
Potatoes are not just vegetable consumption but potato consumption in the form of processed products (chips and French fries). There is an increase in potato consumption for processed potatoes in 2014 potato production in East Java reaches 208,270 tons, productivity of 18.47 tons / ha, harvested area 11,277, 2015 potato production reaches 212,173 tons, productivity 17,85 tons / ha, harvested area 11,889 tons and 2016 potato production reached 2,279,758 tons, productivity of 19.05 tons / ha, harvested area 11,967. UD. Istana Keripik Kentang which is an agro-industry company that produce potato chips in Batu city. With many competitors who produce similar products then the company must have a good development strategy in order to increase Company Income. Choosing a good strategy needs an analysis that is used to determine what is the right strategy to use in the company that is by using SWOT matrix. Based on the above issues, the objectives to be achieved in this research are: (1) To know the development strategy through internal and external factors of UD. Istana Keripik Kentang, (2) to formulate alternative of appropriate development strategy for UD. Istana Keripik Kentang. The approach taken in this research is descriptive analysis, with the determination of samples by purposive sampling. Determination of location is done purposively which is located in Gangsiran street, Tlekung, Junrejo, Batu City, East Java. Data collection methods used in this study: primary data collection and secondary data collection. Data analysis methods used are IFAS, EFAS, IE, SWOT, and QSPM. The results of this study indicate that development strategies that can be applied by analyzing using QSPM found some alternative strategies that can be applied to the UD. Istana Keripik Kentang is (1) innovation of existing products such as packaging, taste, and form (2) developing products with certain innovations such as, potato sticks (3) maintaining product quality but at an affordable price compared to similar competitors (4) developing specific innovation products such as taste, and different packaging from competitors (5) adding product innovation so as not to be inferior to substitution products (6) cheaper product prices can make customers buy potato chips products served as souvenirs typical of Batu city (7) distribution channels that many can market products to out of town (8) making similar alternative products (cassava chips, sweet potato chips) (9) increasing the promotion of the product so as not to lose with similar companies (10) Maintain taste and make product innovations like shape, with the same taste (11) Improving the quality of existing products so as not to be inferior to the substitution product (12) with the lack of human resources then prioritize the sales in the city (13) elsewhere to anticipate the shortage of raw materials (14) Utilize the sale of potato chips out of town with at the same time doing promotions such as discount.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/70/051802156 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.35 Spesific food from plant crops > 641.352 1 Potaoes |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 21 May 2018 02:25 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10736 |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (426kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VI.pdf Download (335kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (873kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (957kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (292kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (438kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (420kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (591kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |