Impression Management dan Pilkada DKI Jakarta 2017 (Studi Mixed Method Impression Management Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan melalui Akun Instagram @basukibtp & @aniesbaswedan selama Masa Kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua)

Yani, Arum Fitri (2017) Impression Management dan Pilkada DKI Jakarta 2017 (Studi Mixed Method Impression Management Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan melalui Akun Instagram @basukibtp & @aniesbaswedan selama Masa Kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017 Putaran Kedua). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Impression management merupakan salah satu cara kandidat dalam memasarkan dirinya dengan mengirimkan kesan tertentu yang dilakukan dengan strategi dan taktik tertentu. Jones & Pittman menyebutkan terdapat lima strategi impression management yaitu ingratiation, self-promotion, intimidation, exemplification, dan suplication. Impression management juga dapat dilakukan melalui media Instagram dengan memanfaatkan dari fungsi social media sebagai communication tools untuk promosi diri. Penelitian ini berfokus kepada impression management Basuki Tjahaja Purnama dan Anies Baswedan melalui akun Instagram milik mereka yaitu @basukibtp dan @aniesbaswedan selama masa kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017 putaran kedua (6 - 15 April 2017). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Basuki dan Anies menggunakan strategi ingratiation yang memiliki tujuan untuk mendapatkan dan meningkatkan kesukaan warga Jakarta (calon pemilih). Strategi ingratiation yang dilakukan Basuki sebesar 44,9% dengan total 13 dari 29 postingan, sedangkan postingan dengan strategi ingratiation yang diunggah Anies sebanyak 58% dengan total 29 dari 50 postingan. Postingan dengan strategi ingratiation yang dilakukan oleh Basuki dengan menyajikan hal-hal yang menimbulkan kesan bahwa Basuki merupakan sosok yang baik, ramah, memiliki sifat atau rasa berterima kasih kepada orang lain, memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan orang yang memiliki hati yang hangat. Sedangkan postingan dengan strategi ingratiation yang dilakukan oleh Anies dengan menyajikan hal-hal yang menimbulkan kesan bahwa Anies merupakan sosok yang baik, ramah, penyayang, mudah berteman atau bersahabat, humble dan low-profile.

English Abstract

Impression management is one way candidates in marketing themselves by sending a certain impression that is done with certain strategies and tactics. Jones & Pittman mentions there are five impression management strategies of ingratiation, self-promotion, intimidation, exemplification, and suplication. Impression management can also be done through Instagram by utilizing the function of social media as communication tools for self promotion. This research focuses on the impression management of Basuki Tjahaja Purnama and Anies Baswedan through their Instagram account, @basukibtp and @aniesbaswedan during second round election campaign of Pilkada DKI Jakarta 2017 (6th - 15th April 2017). The results show that Basuki and Anies use ingratiation strategies that have a goal to gain and improve the preferences of Jakarta residents (prospective voters). The ingratiation strategy done by Basuki is 44.9% with total 13 of 29 posts, while the ingratiation with Anies uploaded 58% with 29 of 50 posts. Post with ingratiation strategy conducted by Basuki by presenting the things that give the impression that Basuki is a good figure, friendly, have the nature or sense of thanks to others, have a high confidence and people who have a warm heart. While posting an ingratiation strategy conducted by Anies by presenting the things that give the impression that Anies is a good figure, friendly, loving, easy friend or friend, humble and low-profile.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/40/051801298
Uncontrolled Keywords: Impression Management, Instagram, Pilkada DKI Jakarta 2017
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Apr 2018 01:36
Last Modified: 16 Oct 2021 03:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9982
[thumbnail of Arum Fitri Yani.pdf] Text
Arum Fitri Yani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf] Text
BAGIAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Actions (login required)

View Item View Item