Anggraini, Martha Lyantri (2018) Pengaruh Asas Manajemen Aparatur Sipil Negara Terhadap Perhitungan Angka Kredit Jabatan Fungsional Guru (Studi di Gugus 3 dan Gugus 4 UPTD Pendidikan TK dan SD Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 yang diterbitkan oleh pemerintah tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian yang dianggap sudah tidak sesuai dengan kebutuhan secara nasional dan tantangan di era global.Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tersebut mengatur mengenai Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), yang kemudian peneliti gunakan sebagai variabel yang dapat mempengaruhi Kinerja Guru (Y). Untuk mewujudkan kinerja guru yang berkualitas pada maka di perlukan sumberdaya aparatur yang dapat menerapkan asas-asas Manajemen Aparatur Sipil Negara dalam menjalankan tugas sebagai tenaga pendidik agar tujuan sistem pendidikan nasional dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis pengaruh Manajemen Aparatur Sipil Negara terhadap Kinerja Guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif explanatory dengan pendekatan studi kasus. Skala pengukuran yang digunakan yaitu dengan mnggunakan skala Likert. Responden dalam penelitian ini adalah guru pada Gugus 3 dan Gugus 4 UPTD Pendidikan TK dan SD Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri yang berjumlah 66 orang, terdiri dari 33 guru Gugus 3 dan 33 guru Gugus 4. Uji instrumen penelitian meliputi: Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Heteroskedastisitas. Teknik analisis data meliputi : Analisis Data Deskriptif, Analisis Koefisien Korelasi (R), Analisis Koefisin Determinasi (R2), Analisis Linier Sederhana dan pembuktian Hipotesis melalui uji F dan uji t. Hasil uji statistik penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Manajemen Aparatur Sipil Negara terhadap Kinerja Guru di Gugus 3 (X - Y1), hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (11,292 > 2,69), maka H01 ditolak . kemudian juga terdapat pengaruh yang positif dan signifkan antara Manajemen Aparatur Sipil Negara terhadap Kinerja Guru di Gugus 4 (X - Y2), hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (56,283 > 2,69), maka H02 ditolak. Pengaruh yang positif dan signifkan juga terdapat pada Manajemen Aparatur Sipil Negara terhadap Kinerja Guru di Gugus 3 dan Gugus 4 (X - Y1 + Y2) dibuktikan dengan nilai Fhitung >Ftabel (33,747 > 253) maka H03 ditolak.
English Abstract
This Research was inspired by law number 5 year 2014 that was published by the goverment about civil state Management for replacement of oldest lawn umber 43 year 1999 about Principles of Personel which asumpted incompetable with national needed and global challege era. The law number 5 year 2014 regulated civil state Management, which Reseacher used as a variable that can affaected on Performance of Teacher (Y). To realized the performance of qualified teachers on the need of resources apparatus that can apply the principles of Civil State Management in carrying out duties as educators for the purpose of national education system can be achieved. The purpose of this research is to know, explain and analyze the influence of Civil State Management on Teacher Performance. The type of this research used study quantitative explanatory with case study approach. The measurement scale is by used Likert scale. Respondent in this research is teacher at Gugus 3 dan Gugus 4 UPTD Pendidikan TK dan SD Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri which amounted by 66 respondent. consist of 33 teacher in gugus 3 and 33 teacher in gugus 4. Test instrument of research include: Normality Test, Linearity Test, Test Heteroscedasticity. Data analysis techniques were: Descriptive Data Analysis, Correlation Coefficient Analysis (R), Coefficient Determination Analysis (R2), Simple Linear Analysis and Evidence Hypothesis through F test and t test. The result of the statistical test based on the research shows that there is a positive and significant influence between the State Civil State Management on Teacher Performance in Gugus 3 (X - Y1), it is proved by Fcount > Ftable (11.292> 2.69), then H01 was rejected. Then there is also a positive and significant influence between State Civil Servant Management on Teacher Performance in Gugus 4 (X - Y2), this is proved by Fcount > Ftable (56,283> 2,69), then H02 was rejected. Positive and significant influence is also found on Civil State Servant Management on Teacher Performance in Gugus 3 and Gugus 4 (X - Y1 + Y2) proved by Fcount > Ftable (33,747 > 253) then H03 was rejected.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2018/83/051802241 |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN)(X), Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Kinerja Guru (Y) |
Subjects: | 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.6 Personnel management (Human resource management) > 352.63 Civil service system |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 01:54 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 05:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9592 |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (681kB) | Preview |
Preview |
Text
8.LAMPIRAN.pdf Download (452kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (670kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (133kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (75kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (106kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (254kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (328kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |