Putri, Elva Noverina (2017) Persepsi Komunitas Pengguna Airbnb Pada Value Proposition Airbnb (Studi pada Komunitas Pengguna Airbnb di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Berkembangnya teknologi dan informasi saat ini menjadikan berbagai macam hal sebagai sesuatu yang dapat dipakai secara bersamaan. Maraknya tren Sharing Economy dan Collaborative Consumption di dunia menjadikan masyarakat lebih mudah untuk mengakses apapun, dimanapun, dan kapanpun. Hal ini menjadikan Airbnb sebagai wadah untuk mencari akomodasi terluas yang dapat menjangkau di seluruh dunia. Airbnb memiliki sebuah komunitas pengguna yang akan saling berhubungan satu sama lain dan saling menguntungkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi para pengguna Airbnb di Kota Malang tentang Value Proposituon yang terdapat pada aplikasi Aiebnb. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi serta menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan value proposition menurut Alexander Ostewalder dan Yves Pigneur, terdapat sebelas elemen dan dalam aplikasi Airbnb memiliki tujuh diantaranya yaitu sifat kebaruan, penyesuaian, desain, harga, pengurangan biaya, kemampuan dalam akses, serta kenyamanan dan kegunaan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa terdapat tujuh elemen value proposition yang terkandung dalam aplikasi Airbnb dan dari lima informan hanya satu yang menyatakan ketidakpuasannya terhadap penyesuaian dalam memenuhi kebutuhannya. Tanggapan pengguna Airbnb menunjukkan bahwa terdapat kekurangan dalam nilai yang terkandung oleh penggunaan Airbnb yaitu dalam hal penyesuaian yang didapatkan. Salah satu konsumen pengguna aplikasi menyatakan bahwa foto yang ditampilkan pada Airbnb tidak sama seperti aslinya. Namun beberapa elemen lain yaitu sifat kebaruan, penyesuaian, desain, harga, pengurangan biaya, kemampuan dalam akses, serta kenyamanan dan kegunaan bagi pengguna lain sudah merasa puas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/1257/051801415 |
Uncontrolled Keywords: | Airbnb, Value Proposition, Sharing Economy, Collaborative Consumption, Persepsi Konsumen. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 08 Feb 2018 06:47 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8818 |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (88kB) | Preview |
Preview |
Text
Bagian Depan.pdf Download (618kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (71kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (122kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (29kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (259kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (29kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |