Penentuan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Yoghurt Dengan Pendekatan Product Life Cycle

Fitri, Noviatul (2017) Penentuan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Yoghurt Dengan Pendekatan Product Life Cycle. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Kusumasatria Agrobio Taniperkasa dari tahun 2012 sudah mulai memasarkan produk yoghurt dengan nama mereknya yoguku. Produk yoguku dari awal penjualan sampai sekarang produksinya masih rendah jika dibandingkan dengan kapasitas perusahaan, itu dikarenakan pangsa pasar yang dimiliki oleh produk yoguku masih rendah. Perusahaan seharusnya bisa melakukan produksi terus-menerus selama hari aktif kerja, tetapi karena permintaan dari pasar masih sedikit sehingga perusahaan hanya memproduksi dalam semingu 2 sampai 3 hari saja. Hasil penjualan produk yoguku masih sedikit padahal produk ini sudah beredar dipasaran sejak tahun 2012. Melihat permasalahan produk yoguku ini jika ditinjau dari product life cycle produk yoguku selama lima tahun dari awal peluncuran sampai sekarang belum berhasil melewati tahap introduction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi produk yoguku dibandingkan dengan pesaing yang ada dipasaran dan membuat strategi agar penjualan yoguku lebih meningkat. Menentukan posisi produk yoguku dibandingkan pesaing yang ada dipasaran menggunakan metode Boston Consulting Group, sedangkan penentuan strategi untuk meningkatkan penjualan menggunakan pendekatan Product Life Cyle. Berdasarkan kenyataan produk yoguku saat ini maka produk masuk kedalam ciri-ciri tahap introduction. Menentukan strategi dengan melihat ekuitas merek yoguku saat ini kemudian diperkuat ekuitas merek dengan menggunakan branding strategy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi produk yoguku dibandingkan dengan pesaing jika menggunakan metode Boston Consulting Group posisinya berada pada kuadran question mark yang mana arti kuadran ini menunjukkan bahwa market share produk ini masih rendah sedangkan growth rate menujukkan positif tumbuh tinggi. Strategi yang digunakan yang sesuai dengan tahapan introduction untuk meningkatkan penjualan adalah dengan branding strategy dengan harapan dapat meningkatkan ekuitas merek pada yoguku. Branding strategy yang dimaksud adalah dengan membawa nama besar Agrokusuma yang sudah memiliki citra yang bagus dimata konsumen. Citra perusahaan sebagai tempat wisata petik buah, dimana konsumen mengenal bahwa perusahaan Agrokusuma memiliki kebun yang luas dengan memiliki banyak variasi buah. Citra perusahaan ini dimasukkan kedalam produk yoguku salah satunya dengan mengganti selogan pada yoguku yaitu “Kesegaran buah dipetik langsung dari Kusuma Agrowisata”.

English Abstract

Kusumasatria Agrobio Taniperkasa Company from 2012 has started marketing yoghurt products with yoguku brand name. Yoguku products from the beginning of sales until now the production is still low when compared with the capacity of the company, it's because the market share owned by yoguku products is still low. The company should be able to make continuous production during the days active work, but because the demand from the market is still small so the company only produces within 2 to 3 days. Yoguku product sales results are still a little but this product has been circulating in the market since 2012. Seeing this yoguku product problem when viewed from the product life cycle yoguku products for five years from the beginning of the launch until now still in the introduction stage. The aim of this study is to determine the position of yoguku products compared with competitors in the market and make a strategy to increase sales yoguku. Determine the position of yoguku products compared to competitors in the market using the Boston Consulting Group method, while determining the strategy to increase sales using Product Life Cyle approach. Based on the fact yoguku products at this time then the product entered into the characteristics of the introduction stage. Determine the strategy by looking at the current brand equity yoguku then strengthened brand equity by using branding strategy. The result shows that the position of yoguku product compared with the competitor if using Boston Consulting Group method is in the question mark quadrant where the meaning of this quadrant indicates that the market share of this product is still low while the growth rate indicates the positive growth is high. The strategy used in accordance with the introduction stage to increase sales is by branding strategy in the hope of increasing brand equity in yoguku. Branding strategy in question is to bring the big name Agrokusuma who already has a good image in the eyes of consumers. The image of the company as a fruit picking tourism spot, where consumers know that Agrokusuma company has a vast garden with lots of fruits. The image of this company is incorporated into yoguku products one of them by replacing the slogan on yoguku is “freshness of fruit picked directly from Kusuma Agro-tourism”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2017/625/051707218
Uncontrolled Keywords: Yoghurt Yoguku, Posisi Produk, Product Life Cyle, Tahap Introduction, Branding Strategy, Boston Consulting Group
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.37 Dairy and related products > 641.371 476 Yogurt
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 25 Aug 2017 07:18
Last Modified: 28 Sep 2020 18:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1708
[thumbnail of Noviatul Fitri.pdf]
Preview
Text
Noviatul Fitri.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item