Analisis Usability Alur Pencarian Pada Aplikasi Belanja Online Berbasis Android Dengan Model Goms

Saputra, Andika Sujar Adi (2018) Analisis Usability Alur Pencarian Pada Aplikasi Belanja Online Berbasis Android Dengan Model Goms. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi belanja online atau biasa disebut e-commerce merupakan alat penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet. Diantara banyaknya industri e-commerce di Indonesia, salah dua dari aplikasi tersebut yaitu Lazada dan Matahari Mall. Kedua aplikasi tersebut merupakan situs belanja online yang menawarkan berbagai kemudahan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan jenis produk. Setelah dilakukan observasi awal ditemukan permasalahan berkaitan dengan aspek kepuasan, pengalaman dan efektifitas dalam penggunaan aplikasi, aspek tersebut merupakan poin penting untuk diperhatikan dalam pengembangan produk. Metode atau model yang dapat membantu mengetahui keinginan pengguna agar dapat mendesain produk yang memenuhi kebutuhan pengguna, salah satunya dengan melakukan analisis terhadap pengguna. Analisis terhadap pengguna dapat dilakukan dengan menggunakan model GOMS (Goals, Operator, Method, and Selection), merupakan model untuk analisis sebuah task. Selanjutnya untuk mengukur tingkat efisiensi dan kegunaan dari sebuah aplikasi diperlukan metode usability. Usability merupakan bagian dari user experience. Untuk dapat mengukur tingkat usability dari sebuah aplikasi. Dibutuhkan pendekatan dengan menggunakan kuesioner USE (Usefulness, Satisfaction, and Ease of use) dengan skala likert 1-7. Pengukuran tingkat usability dilakukan untuk mengetahui tingkat daya guna dari Lazada dan Matahari Mall serta perolehan tingkat usability pada desain rekomendasi yang merupakan prototype baru dari penelitian ini.

English Abstract

Online shopping application or also known as e-commerce is a device for spreading, selling, purchasing, marketing goods and services through electronic system such as internet. Among so many e-commerce industries in Indonesia, two of them are Lazada and Matahari Mall. They are online shopping sites that offer several advantages in daily needs. In the early observation, the researcher found the satisfaction aspect, experience and effectiveness in using the application, those aspects are important point in developing the products. Method or scientific model which can help in finding out user’s needs to design the product that can fulfill the user’s needs, is doing analysis on the users themselves. Analysis on users can be done by GOMS (Goals, Operator, Method, and Selection) model, which is task analysis model. Beside using GOMS, to measure efficiency and the use of the application needs usability method. Usability is one of the user experience. To measure the usability level from an application, we need an approach using USE (Usefulness, Satisfaction, and Ease of use) questionnaire at 1-7 likert scale. Usability level measurement is done to know the level of the usability from Lazada and Matahari Mall and also to know the score of usability level on recommendation design which is a new prototype from this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/656/051808569
Uncontrolled Keywords: usability, USE questionnaire (Usefulness, satisfaction, and ease of use), GOMS (goals, operator,methods, selection), hierarchical task analysis, aplikasi ecommerce mobile
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping > 381.142 028 5 Teleshopping (Computer applications)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Apr 2019 03:15
Last Modified: 21 Oct 2021 07:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161713
[thumbnail of Andika Sujar Adi Saputra.pdf]
Preview
Text
Andika Sujar Adi Saputra.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item