Pengaruh Bauran Promosi terhadap Peningkatan Volume Penjualan dan Keuntungan Eskulpi (Riset Aksi di Home Industry Es Krim Kulit Pisang di Kota Malang)

AndaniaSayyidahSakinahAnggun (2014) Pengaruh Bauran Promosi terhadap Peningkatan Volume Penjualan dan Keuntungan Eskulpi (Riset Aksi di Home Industry Es Krim Kulit Pisang di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan dunia bisnis pada saat ini sangat kompleks dan kompetitif. Produsen berlomba-lomba untuk berinovasi dan menciptakan hal baru demi mempertahankan konsumennya. Menurut Samigun (2014) bahwa di tahun 2011 hingga 2013 terdapat 15 unit usaha es krim di Kota Malang. Ketatnya persaingan membuat home industry es krim kulit pisang harus dapat meyakinkan masyarakat bahwa kandungan gizi dan manfaat yang diberikan lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya. Peranan pemasaran produk menjadi bagian yang paling penting. Melalui promosi perusahaan dapat mengenalkan produk yang dihasilkan kepada calon konsumen. Menurut Budiarto Subroto (2011), bauran promosi terdiri dari periklanan (advertising), hubungan masyarakat (publicity), penjualan perorangan (personal selling), pemasaran langsung (direct marketing), dan promosi penjualan (sales promotion). Adanya bauran promosi dapat meningkatkan volume penjualan Eskulpi. Berdasarkan permasalahan yang telah dikemukakan, maka tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh bauran promosi terhadap peningkatan volume penjualan home industry es krim kulit pisang di Kota Malang (2) Menganalisis Biaya dan keuntungan yang diperoleh home industry Eskulpi di Kota Malang. Hipotesis hasil penelitian adalah (1) Diduga bauran promosi yang terdiri dari periklanan, penjualan perorangan, dan direct marketing pengaruh positif terhadap peningkatan volume penjualan Eskulpi (2) Diduga keuntungan yang didapatkan dapat menutupi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan pada home industry es krim kulit pisang di Kota Malang, Jawa Timur. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Pertama perusahaan yang memiliki produk inovatif yaitu es krim kulit pisang dengan latar belakang usaha yang masih baru berdiri dan perlu dilakukannya penelitian sebagai bahan evaluasi perusahaan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Tujuan dari penggunaan alat analisis regresi linier berganda adalah untuk mengetahui pengaruh variabel bebas penelitian secara simultan maupun secara parsial terhadap variabel terikat pada penelitian. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah variabel pameran dagang merupakan variabel yang paling dominan dengan nilai koefisien variabel sebesar 11.098. Variabel facebook menunjukkan hasil yang negatif dengan nilai koefisien variabel sebesar -1.739. Variabel brosur menunjukkan nilai koefisien 4.099. hal tersebut menunjukkan bahwa variabel pameran dagang haru dipertahankan, sedangkan variabel brosur harus ditingkatkan, dan variabel facebook dapat dikurangi atau dapat juga dialihkan ke bauran promosi yang lain.

English Abstract

The development of a business at the current is very complex and competitive.Producers compete in to innovate and create a new thing for the sake of maintaining its consumers.According to samigun (2014) that in 2011 and 2013 there are 15 business unit ice cream in the city of unfortunate.Increasingly fiercer competition make home industry ice cream the skin of a banana should be able to convince the public that the content of nutrition and a benefit given superior compared to rival islamists.The role of its marketing be the most important thing.Via a promotion company can introduce a product produced to potential customers. According to Budiarto Subroto (2011), promotion mix consists of advertising, public relations, personal selling, direct marketing, and sales promotio. The existence of a promotional mix can increase sales volume Eskulpi. Based on problems that have been raised, then the purpose of this research are (1) to analyse the influence of the promotional mix of home industry sales volume increase in ice cream banana peels in Malang (2) Analyze the cost and advantages of home industry Eskulpi promotion mix in the city of Malang. Hypothesis of research results are (1) allegedly hotchpotch promotion consisting of advertising, the sale of individuals and direct marketing a positive influence on the rise in sales eskulpi (2) allegedly any advantage gained can cover expenses incurred by companies. This research was carried out on the home industry ice-cream banana peels in Malang, East Java. Site selection is done deliberately (purposive) with the consideration that the First companies that have innovative products namely ice cream banana skin with a business background who are new to stand up and he had to do the research for the evaluation of the company. An instrument analysis used in this research is linear regression worship of idols.The purpose of the use of a linear regression analysis worship of idols is to know variable influence free research simultaneously or by partial against variable bound to research. The results of research that is done is variable variable trade exhibition is the most dominant with the value of the coefficients variable of 11.098.Variable facebook indicating the result of a negative with the value of the coefficients variable of -1.739.Variable brochures indicate its value of the coefficients 4.099. It is indicated that variable trade exhibition maintained, should be c should be improved, while the variables of a leaflet and variable facebook can be reduced or may be diverted to hotchpotch promotion another.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2014/280/051406108
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 17 Oct 2014 09:29
Last Modified: 20 Oct 2021 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/129747
[thumbnail of bab_I_new.pdf]
Preview
Text
bab_I_new.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_III_a_new.pdf]
Preview
Text
bab_III_a_new.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_II_new.pdf]
Preview
Text
bab_II_new.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab_IV_a_new.pdf]
Preview
Text
bab_IV_a_new.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of bab_IV_b_new.pdf]
Preview
Text
bab_IV_b_new.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_III_b_new.pdf]
Preview
Text
bab_III_b_new.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_V_new.pdf]
Preview
Text
bab_V_new.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of bab_VI_new.pdf]
Preview
Text
bab_VI_new.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ringkasan_dan_daftar_isi_gabung.pdf]
Preview
Text
ringkasan_dan_daftar_isi_gabung.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item