Strategi Pengembangan Agroindustri Sambal Pecel Cap Bharata (Studi Kasus Pada Usaha Sambal Pecel cap Bharata Kecamatan taman, Kota Madiun)

Utami, Rizkidya (2012) Strategi Pengembangan Agroindustri Sambal Pecel Cap Bharata (Studi Kasus Pada Usaha Sambal Pecel cap Bharata Kecamatan taman, Kota Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan agroindustri diperkotaan akan dapat berpengaruh pada tingkat kehidupan masyarakat pedesaan seperti peningkatan pendapatan, menyediakan lapangan kerja bagi penduduk pedesaan, atau dapat juga dikatakan dapat mempercepat pemerataan pertumbuhan ekonomi karena dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Sekarang ini banyak berkembang agroindustri dengan jenis olahan dalam skala usaha yang beragam. Sambal pecel merupakan salah satu makanan khas kota Madiun selain lempeng dan brem. Dalam pengembangan agroindustri sambal pecel masih dihadapkan pada beberapa kendala, antara lain keterbatasan modal, teknologi produksi yang sederhana, kemasan produk yang sederhana, cara promosi yang kurang efektif, dan muncul berbagai agroindustri sambal pecel di kota Madiun. Oleh karena itu, diperlukan adanya strategi yang tepat dalam upaya menghadapi persaingan pasar dan untuk mengembangkan usaha. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adanya kelemahan agroindustri dalam menjalankan usahanya dan terdapat ancaman yang dapat menghambat kemajuan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kondisi lingkungan internal (kekuatan dan kelemahan) serta kondisi lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) yang dihadapi agroindustri sambal pecel Cap Bharata dan menganalisis strategi yang tepat untuk pengembangan agroindustri sambal pecel Cap Bharata berdasarkan kondisi lingkungan internal serta kondisi lingkungan eksternal. Metode penentuan lokasi dilakukan dengan cara purposive, sedangkan responden dari penelitian ini ada dua yaitu agroindustri sambal pecel Cap Bharata dan konsumen sambal pecel Cap Bharata dengan menggunakan metode non probabilty sampling yang menggunakan pengambilan sampling secara accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah dengan melakukan analisis lingkungan perusahaan, merumuskan strategi, dan memilih strategi yang paling tepat untuk dilakukan. Hasil dari analisis-analisis yang telah dilakukan maka diketahui strategi yang tepat berdasarkan hasil matriks IE agroindustri sambal pecel Cap Bharata terletak pada sel V dan berada pada daerah growth and stability. Pada daerah ini strategi yang dapat diterapkan adalah menggunakan strategi pertumbuhan melalui integrasi horizontal dan strategi stabilitas. Strategi pertumbuhan melalui konsentrasi integrasi horizontal yaitu penetrasi pasar dan pengembangan pasar (market penetrations and product development). Sedangkan strategi stabilitas adalah strategi yang ditetapkan tanpa mengubah arah strategi yang telah ada. Hasil analisis matrik grand strategy pada agroindustri sambal pecel Cap Bharata adalah pada kuadran I yang terletak diantara peluang dan kekuatan. Kuadran I merupakan kuadran dimana perusahaan iii yang menempatinya berada pada strategi agresif, perusahaan berada pada posisi pertumbuhan pasar yang tinggi serta memiliki kompetitif yang kuat. Pada strategi ini perusahaan dapat memanfaatkan kekuatan untuk mengurangi kelemahan serta meraih peluang untuk menghindari ancaman. Sedangkan hasil analisis alternatif strategi yang dapat diterapkan pada agroindustri sambal pecel Cap Bharata dari analisis SWOT adalah strategi SO (Strengh-Opportunity). Strategi ini dibuat berdasarkan usaha pemanfaatan kekuatan yang dimiliki oleh agroindustri dalam merebut peluang sebesar-besarnya, antara lain: 1. Mengoptimalkan saluran distribusi yang ada dan memperluas wilayah pemasaran, 2. Meningkatkan volume produksi, 3. Meningkatkan mutu produk dan pelayanan dengan mengoptimalkan teknologi untuk produksi, 4. Meningkatkan kualitas SDM, 5. Memanfaatkan skim kredit yang ditawarkan pemerintah. Saran dari penelitian ini, antara lain: 1. Karena keterbatasan modal yang dimiliki oleh agroindustri sambal pecel Cap Bharata, maka perlu dilakukan kredit usaha pada bank atau lembaga keuangan guna memperbaharui alat-alat produksi dengan teknologi yang modern agar peningkatan permintaan akan produk sambal pecel Cap Bharata dapat terpenuhi, 2. Untuk meningkatkan volume penjualan produk sambal pecel Cap Bharata, maka perlu dilakukan kegiatan promosi yang efektif dan tepat sasaran, penambahan tenaga pemasar atau distributor, serta memperluas wilayah pemasaran produk ke berbagai luar daerah. 3. Agroindustri sambal pecel Cap Bharata harus menjaga konsistensi mutu produk, bahkan jika diperlukan pihak sambal pecel Cap Bharata melakukan kegiatan peningkatan mutu produk baik pada jenis, rasa, bentuk, maupun ukuran produk secara terus-menerus agar mampu bertahan dalam agroindustri sambal pecel. 4. Untuk meningkatkan kualitas SDM sebaiknya agroindustri sambal pecel Cap Bharata memperhatikan kualitas karyawan dengan cara mengoptimalkan rekrutmen karyawan dengan tujuan mengoptimalisasi kualitas kerja

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP//2012/141/05120927
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Sep 2012 09:22
Last Modified: 20 Oct 2021 05:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/127349
[thumbnail of lampiran_1_Kuisioner_Untuk_Perusahaan.pdf]
Preview
Text
lampiran_1_Kuisioner_Untuk_Perusahaan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of kata_pengantar.pdf]
Preview
Text
kata_pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_6-9_Pembobotan.pdf]
Preview
Text
lampiran_6-9_Pembobotan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_2_kuisioner_konsumen.pdf]
Preview
Text
lampiran_2_kuisioner_konsumen.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_3_data_diri_konsumen.pdf]
Preview
Text
Lampiran_3_data_diri_konsumen.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_4_dan_5.pdf]
Preview
Text
lampiran_4_dan_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_10-13_peringkat.pdf]
Preview
Text
lampiran_10-13_peringkat.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_14-15_skor.pdf]
Preview
Text
lampiran_14-15_skor.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ringkasan_-_summary.pdf]
Preview
Text
ringkasan_-_summary.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of PERNYATAAN.pdf]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SUMMARY.pdf]
Preview
Text
SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1.pdf]
Preview
Text
BAB_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_2.pdf]
Preview
Text
BAB_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_3.pdf]
Preview
Text
BAB_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_5.pdf]
Preview
Text
BAB_5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_6.pdf]
Preview
Text
BAB_6.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi.pdf]
Preview
Text
daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Judul_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Halaman_Judul_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item