Hubungan Asupan Seng (Zn) Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Di Poli Penyakit Dalam Rs Syamrabu Kabupaten Bangkalan

Widyaningsih, AfrieliaLaily (2016) Hubungan Asupan Seng (Zn) Dengan Kadar Glukosa Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Di Poli Penyakit Dalam Rs Syamrabu Kabupaten Bangkalan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kontrol kadar glukosa darah salah satu hal yang penting dalam pengendalian glukosa pasien Diabetes Melitus (DM). Kadar glukosa darah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu asupan seng. Apabila penderita DM kekurangan asupan seng dapat memperparah kondisi penyakitnya. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan dan menganalisa asupan seng (Zn) dengan kadar glukosa darah puasa (GDP) pada penderita DM Tipe 2 di RS SYAMRABU Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini adalah studi analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel dipilih cara purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 56 yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel yang diukur pada penelitian adalah asupan seng dengan menggunakan metode SQ FFQ dan kadar glukosa darah puasa diambil dari data rekam medis pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden (96.4%) memiliki asupan seng yang rendah dengan nilai median (min-max) sebesar 5.5 mg/hari (2.0-15.7 mg/hari) begitupun juga hasil kadar GDP mayoritas responden (66.1%) memiliki kadar GDP yang tidak terkontrol dengan nilai median (min-max) sebesar 150 mg/dl (80-600 mg/dl). Berdasarkan hasil uji korelasi pearson pada penelitian ini diperoleh nilai signifikansi 0.606 (p>0.05) untuk data seng dan kadar GDP, sedangkan untuk data seng dan kadar GD2JPP menggunakan uji korelasi spearman dan diperoleh nilai signifikansi 0.341 (p>0.05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan asupan seng dengan kadar glukosa darah penderita DM Tipe 2 di RS SYAMRABU Kabupaten Bangkalan. Saran pada penelitian selanjutnya yaitu perlu memperhatikan faktor-faktor perancu lain yang dapat mempengaruhi glukosa darah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2016/408/051605336
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 17 Jun 2016 15:00
Last Modified: 21 Oct 2021 02:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/126098
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_SINGKATAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_SINGKATAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of halaman_pengesahan.PDF]
Preview
Other
halaman_pengesahan.PDF

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of pernyataan_keaslian_tulisan.PDF]
Preview
Other
pernyataan_keaslian_tulisan.PDF

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_1-7.pdf]
Preview
Text
BAB_1-7.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item