Pengaruh Lama Penyimpanan Susu Sapi Segar Pfh Pada Suhu Freezer Terhadap Derajat Keasaman, Jumlah Mikroba Dan Kadar Protein

Juwita, Septiyana Dwi (2018) Pengaruh Lama Penyimpanan Susu Sapi Segar Pfh Pada Suhu Freezer Terhadap Derajat Keasaman, Jumlah Mikroba Dan Kadar Protein. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Susu merupakan bahan pangan bernilai gizi tinggi, permintaan masyarakat terhadap susu segar maupun olahannya semakin meningkat sebagai pemenuhan gizi. Namun susu segar tidak mampu bertahan lama dalam suhu ruang, sehingga dilakukan penanganan khusus dengan penyimpanan pada suhu rendah (refrigerator atau freezer). Susu yang disimpan pada suhu rendah akan terjaga tingkat keamanan mikrobiologis dan menghambat pertumbuhan mikroba. Kualitas fisik susu terdiri dari derajat keasaman (ᵒSH) dan alkohol, kualitas mikrobiologis susu yaitu reduktase. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Ternak Perah Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya, pengumpulan data penelitian dilaksanakan mulai bulan November 2017 sampai Desember 2017 sedangkan, pengambilan sampel susu dilaksanakan di TPS (Tempat Penampungan Susu) Desa Bocek yang merupakan anggota dari KUD Karangploso, berlokasi di Jalan raya Ngijo Nomor: 23 Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh penyimpanan pada suhu freezer terhadap jumlah mikroba, derajat keasaman dan kadar protein. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah susu sapi segar. Metode penelitian ini adalah percobaan dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari enam perlakuan yaitu P0 = susu segar tanpa penyimpanan, P1 = susu segar dengan penyimpanan 1 hari, P2 = susu segar dengan penyimpanan 2 hari, P3 = susu segar dengan penyimpanan 3 hari, P4 = susu segar dengan penyimpanan 4 hari, P5 = susu segar dengan penyimpanan 5 hari, masing-masing perlakuan terdapat empat ulangan. Data dianalisis dengan ANOVA dan apabila terdapat pengaruh yang nyata dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkeci (UBNT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa susu dengan lama penyimpanan berbeda pada freezer memberikan pengaruh tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap total derajat keasaman susu. Namun susu dengan lama penyimpanan berbeda 4 hari dan 5 hari pada freezer memberikan pengaruh tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap total kadar protein, sedangkan susu dengan lama penyimpanan berbeda pada freezer memberikan pengaruh tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap total jumlah mikroba dengan rataan tertinggi pada P4 yaitu dengan lama simpan 4 hari dengan rataan 457,5±45 menit. Kesimpulan penelitian ini adalah penyimpanan susu pada suhu freezer dengan lama penyimpanan berbeda tidak berpengaruh pada uji derajat keasaman, alkohol dan reduktase sehingga untuk menjaga kualitas susu sapi segar dengan lama penyimpanan berbeda pada suhu freezer dan menjaga kualitas susu sapi segar secara fisik dan mikrobiologi dapat dilakukan penyimpanan beku tidak lebih dari 2 hari. Saran dari penelitian ini adalah adanya penelitian lebih lanjut tentang kualitas susu sapi segar PFH yang disimpan pada freezer secara kualitas fisik dan mikrobiologis dengan lama simpan yang berbeda.

English Abstract

The objective of this research to determine influences length storage milk at freezer temperature on degree of acidity, reductase and alcohol test. The materials used were milk wich storage at freezer temperature in level without freezing (P0), 1 day freezing (P1), 2 days freezing (P2), 3 days freezing (P3), 4 days freezing (P4) and 5 days freezing (P5). The method used was experimental laboratory with Randomize Completely Block Design (RCBD) with 6 treatments 4 replications. Variables of this research were (degree of acidity, number of microorganisms and protein levels). The result was showed that storage of fresh milk on freezer did not give a significant influence (P>0.05) on degree of acidity, reductase and alcohol test. The conclusion of this research, that the storage of fresh milk on freezer can keep the quality of milk on 2 days freezing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/268/051805033
Uncontrolled Keywords: Milk, length storage, quality of milk
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 637 Processing dairy and related products > 637.1 Milk processing > 637.14 Processing specific forms of cow's milk > 637.141 Fresh whole milk
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 Oct 2018 03:36
Last Modified: 21 Oct 2021 09:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12250
[thumbnail of Septiyana Dwi Juwita.pdf]
Preview
Text
Septiyana Dwi Juwita.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item