Pramiswari, Yuli Putri (2018) Analisis Nilai Tambah Dan Strategi Pengembangan Agroindustri Pengolahan Keripik Pisang (Studi Kasus Di Ud.Anisa Jaya Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Salah satu komoditas pertanian yang mampu menghasilkan nilai tambah adalah buah pisang. Pisang adalah salah satu tanaman buah yang berasal dari kawasan asia tenggara yang memiliki prospek bagus untuk dikembangkan masyarakat. Permintaan buah pisang di Indonesia tidak hanya berasal dari pasar lokal, tetapi juga berasal dari permintaan pasar ekspor seperti Jepang. Hal ini mendorong perkembangan budidaya pisang di Kabupaten Blitar. Selain disukai dalam bentuk buah segar, pisang disukai juga dalam bentuk olahan seperti, keripik pisang, sale pisang, gethuk pisang, dan bentuk olahan lainnya. Pengembangan produk hortikultura merupakan salah satu aspek pembangunan pertanian. Pengembangan tersebut akan dapat meningkatkan pendapatan petani dan merupakan sarana penciptaan kesempatan kerja dan nilai tambah. Salah satu Agroindustri yang mengembangkan produk pertanian menja disuatu produk olahan yaitu Agroindustri UD.Anisa Jaya. Agroindustri ini bergerak dalam bidang pengolahan aneka buah yang dijadikan camilan ringan yaitu keripik. Salah satu produk utamanya adalah keripik pisang “Haya”. Agroindustri Pengolahan Keripik Pisang UD.Anisa Jaya berada di Desa Gogodeso, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Buah pisang telah mengalami pengolahan yang lebih lanjut dan dapat menjadi produk unggulan di Kabupaten Blitar maupun pada sampai pasar Internasional, tetapi belum diketahui berapa besar nilai tambah yang dihasilkan dari pengolahan produk tersebut dan strategi pengembangan yang tepat dalam agroindustri keripik pisang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya nilai tambah dan keuntunganya diperoleh dari usaha keripik pisang dari agroindustri pengolahan keripik pisang UD.Anisa Jaya, mengetahui kondisi lingkungan internal dan eksternal pada agroindustri keripik pisang, kemudian merumuskan strategi yang tepat bagi perkembangan usaha keripik pisang UD.Anisa Jaya yang dilakukan dengan analisis SWOT. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 bulan yaitu bulan Juni dan bulan Agustus 2016 metode pengumpulan responden dilakukan secara probability dan penentuan responden dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan tertentu yang mengerti seluk beluk dan perkembangan perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah untuk mengkaji besarnya nilai tambah dan keuntungan agroindustri dengan menggunakan metode Hayami dan analisis biaya, analisis lingkungan internal dan eksternal dengan menggunakan matriks IFAS dan EFAS, dan juga menggunakan matriks Grand Strategy untuk mengetahui posisi usaha serta perumusan strategi dalam mengembangkan usaha dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis nilai tambah pada agroindustri Pengolahan Keripik Pisang UD.Anisa Jaya dengan metode Hayami didapatkan nilai tambah dengan nilai Rp 20.670,00 atau 62% dengan keuntungan Rp 18.795,00 atau 60,29%. Keuntungan yang diperoleh dalam satu tahun pada tahun 2015 yaitu sebesar Rp 266.882.449,36. Keuntungan yang diperoleh agroindustri ini tergolong tinggi Karena memang menjadi pilihan walaupun banyaknya pesaing yang bermunculan. Selanjutnya hasil dari analisis SWOT berdasarkan posisi matriks grand strategy terletak pada kuadran I didapatkan strategi SO (Strength-Opportunity) meliputi : (a) Meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang akan meningkatkan volume penjualan, (b) Melakukan pemanfaatan teknologi dengan didukung ketersediaan SDM yang memadai, dan (c) Meningkatkan pemanfaatan teknologi baru untuk memperbaiki pemasaran produk agroindustri untuk perluasan pasar. Agroindustri pengolahan keripik pisang UD.Anisa Jaya sebaiknya melakukan peningkatan kuantitas dan kualitas produk dan tenaga kerja untuk mempertahankan nilai tambah dan keuntungan yang diperoleh tinggi dan perlu adanya dukungan dari pemerintah memfasilitasi teknologi modern dan mengadakan pembekalan dan pelatihan yang berisi tentang perihal membangun agroindustri yang dapat menambah wawasan dan menhasilkan SDM yang berkualitas serta menguntungkan bagi agroindustri yang digelutinya. Serta Agroindustri Pengolahan Keripik Pisang UD.Anisa Jaya sebaiknya mengupayakan untuk memperluas wilayah pemasaran dengan mencari daerah pasar baru melalui media informasi.
English Abstract
One of the agricultural commodities that can generate added value is bananas. Banana is one of the plants fruit that comes from southeast asia region that has good prospects for the development of society. Demand bananas in Indonesia not only originated in the local market, but also from the demand of export markets such as Japan. This thing can encourages the development of banana cultivation in Blitar. In addition preferably of fresh fruit, banana also preferably in processed such as, banana chips, banana sale, Gethuk bananas, etc. Horticultural development products is one aspect of agricultural development. The development will be able to increase farmers' income and a means of job creation and added value. One of Agroindustry which develop agricultural product into a processed product that is Agroindustri UD Anisa Jaya. This agroindustry produced in processing of various fruits such snacks, wich can called chips bananas. One of the main gold products are banana chips "Haya". Banana Chips will be Processing in the Agroindustri UD. AnisaJaya,that’s located in the Gogodeso village, Kanigoro District, Blitar, East Java. Bananas had more processing superior products in Blitar and on to the international market, but it is not known how much the added value resulting from the processing of that product and right strategy development in the banana chips of agroindustry UD Anisa Jaya. This research is the determine of the added value and benefits profit from the business of banana chips from ahgroindustri processing bananas chips UD Anisa Jaya, knowing the condition of internal and external environment in the agroindustrial bananas chips, then formulate appropriate strategies for business development bananas chips UD Anisa Jaya wich is conducted with SWOT analysis. The research was carried for 2 months are June and August 2016 the collection respondents methods will be used probability samples and determinations respondents were intentionally (purposive) with a certain considerations to understand the point of company and development of the company. The method used is to assess the extent of the added value and benefits of agroindustry by using Hayami and costs analysis, analysis of internal and external environment by using matrix IFAS and EFAS, and also uses a matrix of Grand Strategy for the position of bussines and formulation strategy in the business develop with using SWOT analysis. Analysis of added value in the agroindustry Processing Banana Chips UD Anisajaya obtained by the Hayamimethodcanbe added value of Rp 20.670.00 or 62% with a profit of Rp 18.795.00, or 60.29%. Profits earned in the year 2015 which was Rp 266.882.449,36. Gains derived agroindustry is quite high because the choice even though many competitors are emerging. The results of the SWOT analysis is based on the position of the matrix grand strategy there in quadrant I and a got SO strategy (Strength-Opportunity) include: (a) Improving the quality and quantity of products that will increase sales volume, (b) Make use of technology supported by the availability of adequate human resources and (c) boost the use of new technologies to improve the marketing of agroproducts for market expansion. Agroindustry processing banana chips UD Anisa Jaya should do increase the quantity and quality of products and labor in order to added value and high obtained profit and needs the support of government to facilitate modern technology and held a briefing and training which contains about building agroindustries that can add insight and get the highest quality human resources and favorable for agroindustries that they do. Banana Chips Processing of AgroIndustryAnisa Jaya UD should be seek expand the marketing area to look for new market areas through information media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/159/051802865 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.347 72 Bananas-food |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 24 May 2018 03:51 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 08:13 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10991 |
Preview |
Text
6. BAB V.pdf Download (659kB) | Preview |
Preview |
Text
7. BAB VI.pdf Download (90kB) | Preview |
Preview |
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (99kB) | Preview |
Preview |
Text
9. Lampiran.pdf Download (380kB) | Preview |
Preview |
Text
2. BAB I.pdf Download (184kB) | Preview |
Preview |
Text
1.Bagian Depan.pdf Download (380kB) | Preview |
Preview |
Text
3. BAB II.pdf Download (379kB) | Preview |
Preview |
Text
4. BAB III.pdf Download (216kB) | Preview |
Preview |
Text
5. BAB IV.pdf Download (359kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |