Pengaruh Penambahan Tape Singkong (Manihot Utilissima) Terhadap Kualitas Yoghurt Ditinjau Dari Nilai Ph, Keasaman, Gula Reduksi, Dan Rasa

Mawardieni, Fitri (2018) Pengaruh Penambahan Tape Singkong (Manihot Utilissima) Terhadap Kualitas Yoghurt Ditinjau Dari Nilai Ph, Keasaman, Gula Reduksi, Dan Rasa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tape singkong merupakan hasil produk fermentasi berpati yang mempunyai nilai nutrisi yang cukup tinggi. Penambahan tape singkong dalam yoghurt drink dapat memberikan pengaruh terhadap kualitas dari yoghurt drink. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan tape singkong terhadap nilai pH, keasaman, gula reduksi, dan rasa pada yoghurt drink. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipakai sebagai informasi tentang nilai pH, keasaman, gula reduksi, dan rasa yang sesuai atau layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat umum. Materi penelitian yang digunakan adalah tape singkong, singkong didapatkan dari Pasar Tradisional di daerah Dinoyo, Malang, susu yang digunakan untuk pembuatan yoghurt didapatkan dari KUD Junrejo, Kota Batu, Kabupaten Malang, serta proses pembuatan yoghurt dilakukan di Rumah Yoghurt yang berlokasi di Desa Junrejo, Kota Batu, Kabupaten Malang. Metode penelitian adalah percobaan dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu P0: perlakuan kontrol, P1: yoghurt+5% tape singkong, P2: yoghurt+10% tape singkong, P3: yoghurt+15% tape singkong, dan P4: yoghurt+20% tape singkong. Data yang telah dihasilkan kemudian dianalisis menggunakan analisis ragam ANOVA (Analisys of variant) dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tape singkong pada yoghurt memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap nilai pH, berbeda nyata (P<0,05) terhadap keasaman, berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap gula reduksi, serta berbeda nyata (P<0,05) terhadap rasa yoghurt. Rasa yang dhasilkan dari penambahan tape singkong memberikan hasil yang manis. Hal ini disebabkan karena gula reduksi yang terkandung juga semakin meningkat, serta pH meningkat, yang menyebabkan total asam menurun. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penambahan tape singkong memberikan pengaruh terhadap persentase nilai pH, keasaman, gula reduksi, dan rasa pada yoghurt drink. Perlakuan terbaik dihasilkan pada P2 yaitu yoghurt dengan penambahan tape singkong sebesar 10% dengan hasil nilai pH (3,90), keasaman (1,32%), gula reduksi (4,06%), dan rasa (3,80). Mengacu pada kualitas yoghurt drink, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui lama daya simpan yoghurt drink dengan penambahan tape singkong.

English Abstract

The aim of this research was to determine the best of adding cassava tape with different concentration (0%, 5%, 10%, 15%, 20%) on pH value, acidity, reduction sugar, and flavor of yoghurt. The materials used for this research was cassava tape and yoghurt. The method of thus research used laboratory experimental was designed by Completely Randomized Design (CRD) with 5 treatment and 4 replication. The data were analysed by Analysis of Variance (ANOVA) and continued by Honestly Significant Different (HSD) test. The effect of adding cassava tape had highly significanty difference effect (P<0.01) on pH value and reduction sugar, significantly difference (P<0.05) on acidity and flavor. The conclusion of this research was that 10% addition cassava tape got the best result for pH value (3,90), acidity (1,32%), reduction sugar (4,06%), dan flavor (3,8) . Referring to the quality of yoghurt drink, it is necessary to do further research to know the durability of yoghurt drink with the addition of cassava tape.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2018/165/051803334
Uncontrolled Keywords: Cassava tape, flavor, pH value, reduction sugar, yoghurt
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.37 Dairy and related products > 641.371 476 Yogurt
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 May 2018 08:33
Last Modified: 22 Oct 2021 04:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10254
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN 4 dan 5.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN 4 dan 5.pdf

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN 1,2,3.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN 1,2,3.pdf

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (843kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (134kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item