Analisis Kepuasan Konsumen Berdasarkan Kualitas Produk Sambel Pecel Khas Madiun (Studi Kasus Pada Salah Satu Industri Sambel Pecel Di Kota Madiun)

Dodianto, Dio Lucky (2016) Analisis Kepuasan Konsumen Berdasarkan Kualitas Produk Sambel Pecel Khas Madiun (Studi Kasus Pada Salah Satu Industri Sambel Pecel Di Kota Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan agroindustri sambel pecel pada masa sekarang ini begitu pesat sehingga terjadinya persaingan yang sangat tajam, mulai dari perusahaan yang berskala besar hingga ke skala kecil sekalipun. Untuk mampu mengungguli dalam persaingan tersebut para pelaku bisnis harus terus berupaya agar perusahaannya dapat bertahan terus menjaga kelangsungan hidup perusahaan. Dengan demikian diperlukan berbagai kebijaksanaan dan upaya-upaya yang dilakukan oleh setiap perusahaan untuk memperoleh laba secara maksimal, salah satunya dengan mengoptimalkan tingkat penjualan produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1). Menganalisis persepsi konsumen terhadap setiap variabel dimensi kualitas produk sambel pecel khas Madiun. (2). Menganalisis dimensi kualitas produk sambel pecel khas Madiun terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini dilakukan di perusahaan sambel pecel Taman Sari kota Madiun. Penentuan lokasi penelitian secara purposive dengan pertimbangan Taman Sari merupakan salah satu produsen sambel pecel yang menjadi komoditi unggulan dari kota Madiun. Data yang diperlukan pada penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh langsung dari responden, dimana responden pada penelitian ini adalah konsumen dari sambel pecel Taman Sari dan staf Taman Sari. Penelitian ini menggunakan analisis Deskriptif Kuantitatif, Analisis Selang Kelas meliputi: (a). Pengumpulan data melalui kuisioner, (b). Menghitung rata – rata dari nilai kuisioner, (c). Menghitung nilai terendah dan tertinggi dari masing – masing skor penilaian. Serta Analisis Regresi Logistik yang meliputi, (1). Uji signifikan model, (2). Uji Wald. Berdasarkan hasil uji validitas terhadap 6 variabel kualitas sambel pecel khas Madiun Taman Sari dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas dinyatakan semua variabel kualitas produk dinyatakan reliabel. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik menunjukkan dapat dikatakan bahwa variabel berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen, hanya variabel Kesitimewaan Tambahan dan Pelayanan Terhadap Konsumen. Dari kedua variabel berpengaruh tersebut yang mempunyai pengaruh dominan adalah Pelayanan Terhadap Konsumen karena memiliki nilai wald paling tinggi. Maka dari serangkaian penelitian maka dapat disimpulkan (1) Pengaruh secara simultan (bersama-sama) tiap variabel bebas terhadap Kepuasan Konsumen dilakukan dengan pengujian F-test. Dari hasil analisis regresi logistik diperoleh variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap ii Kepuasan Konsumen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengujian terhadap hipotesis yang menyatakan bahwa adanya pengaruh secara bersama-sama (simultan) variabel bebas terhadap Kepuasan Konsumen dapat diterima. (2) Untuk mengetauhi pengaruh secara parsial (individu) variabel bebas (Kondisi Sambel Pecel, Keistimewaan Tambahan, Daya Tahan, Pelayanan Terhadap Konsumen, Nilai Estetika, dan Kesan Kualitas) terhadap kepuasan konsumen dilakukan dengan pengujian wald. Berdasarkan pada hasil uji didapatkan bahwa terdapat dua variabel yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, yaitu Keistimewaan Tambahan dan Pelayanan Terhadap Konsumen. (3) Berdasarkan pada hasil uji G didapatkan bahwa variabel Pelayanan Terhadap Konsumen mempunyai nilai wald yang besar, sehingga Pelayanan Terhadap Konsumen mempunyai pengaruh yang paling kuat dibandingkan dengan variabel yang lainnya maka variabel Pelayanan Terhadap Konsumen mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Kepuasan Konsumen. Berdasarkan kesimpulan diatas, maka dapat dikemukakan saran sebagai berikut. (1) Diharapkan pihak perusahaan dapat mempertahankan serta meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, karena variabel Pelayanan Terhadap Konsumen mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi Kepuasan Konsumen, diantaranya yaitu dengan memperkaya rasa yang ada pada sambel pecel sehingga Kepuasan Konsumen akan meningkat. (2) Mengingat variabel bebas dalam penelitian ini merupakan hal yang sangat penting dalam mempengaruhi Kepuasan Konsumen diharapkan hasil penelitian ini dapat dipakai sebagai acuan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan variabel-variabel lain yang merupakan variabel lain diluar variabel yang sudah masuk dalam penelitian ini.

English Abstract

Supervisor. iii The development of the current agroindustry sambel pecel was so advanced so that the occurrence of a very sharp competition, Ranging from company to a large scale even a small scale. To afford to surpass in this competition businessmen have to keep trying to make his company could survive continue maintaining the survival of companies. Therefore needs various wisdom and efforts by each company to derive profit in full, one of them is optimize the level of sales. The purpose of this research are (1). To analyze each variable dimension to consumer perceptions sambel pecel madiun product quality. (2). To analyze quality dimensions of products sambel pecel Madiun on customer satisfaction. The location of the research done on sambel pecel Taman Sari Madiun City. The determination of research sites purposively with consideration Taman Sari is one of the producers sambel pecel who became primary commodity from Madiun. The necessary data on this research consisting of primary and secondary data. The primary data is obtained directly from respondents, respondents at this research is costumers from sambel pecel Taman Sari and the staff of Taman Sari. The withdrawal of the primary data be conducted by way of interviews and spread questionnaire. Data analysis methods used in this study include descriptive analysis, Grade Hose Analysis covered: (a). To collect data by the questionnaire, (b). Calculate the average of questionnaire value, (c). Calculate the value of highest and lowest each rating score. And then the logistic regression analysis covered, (1). The significant test model, (2). Wald Test. Based on the validity of the test results on six quality variables declared valid. The result reliability test of six variable be avowed reliable. Based on the logic regression, the variable are involve to costumer satisfaction are additional privileges and customer servives. From two variable only customer services that have the highest wald score, because custumer services variable have the dominant influence. So from a series of studies that have been done can be concluded (1) simultaneously effect on independent variable of costumer satisfaction was done with F-test. From the logic regression result, independent variable have the dominant influence and simultaneously on the costumer satisfaction. It can be concluded that the testing of the hypothesis are influenced (simultaneously ) the independent variables on Customer Satisfaction is acceptable. (2) To determine the effect of partial ( individual ) independent variable to costumer satisfactio do with Wald test. Based on the test results showed that there are two variables that have a significant influence on customer satisfaction, that are additional previleges and costumer satisfaction have the highest of wald test, so costumer satisfaction iv have the bigger influence than the other variable. Costumer satisfaction have the dominant influence to the costumer satisfaction. Based on the conclusions, the following suggestions can be put forward. (1) It is expected that the company can maintain and improve service to consumers, because the variables costumer services have a dominant influence in affecting customer satisfaction, among which to enrich the flavor is in the sambel pecel so that customer satisfaction will increase.(2) Remember the independent variable in this reasearch is very important in influencing customer satisfaction this research can be used as a reference for further research to develop this research taking into other variables that are other variables outside variables that are included in this study

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2016/1025/051804111
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 08 Jun 2018 03:56
Last Modified: 20 Oct 2021 09:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11540
[thumbnail of BAB I .pdf]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of BAB III definisi operasional.pdf]
Preview
Text
BAB III definisi operasional.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (515kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR SKEMA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR SKEMA.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of Dapus.pdf]
Preview
Text
Dapus.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of kuisoner.pdf]
Preview
Text
kuisoner.pdf

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN Majelis.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN Majelis.pdf

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of Lembar Persetujuan.pdf]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of ringkasan  1.pdf]
Preview
Text
ringkasan 1.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of summary.pdf]
Preview
Text
summary.pdf

Download (113kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item