Yudhistira, Rivaldi (2018) Pengaruh Atmosfer Toko Terhadap Nilai Belanja Hedonis Dan Pembelian Tidak Terencana (Survei pada Konsumen Loka Supermarket Malang City Point Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan pengaruh Atmosfer Toko terhadap Nilai Belanja Hedonis; 2) Menjelaskan pengaruh Atmosfer Toko terhadap Pembelian tidak Terencana; 3) Menjelaskan pengaruh Nilai Belanja Hedonis terhadap Pembelian tidak Terencan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu Atmosfer Toko, Nilai Belanja Hedonis dan Pembelian tidak Terencana. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner pada konsumen Loka Supermarket Malang City Point dengan kriteria berusia minimal 18 tahun dan berkunjung serta melakukan pembelian di Loka Supermarket Malang City Point minimal satu kali dalam satu bulan terakhir dengan tujuan mengetahui atmosfer toko di Loka Supermarket Malang City Point. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 115 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Atmosfer Toko berpengaruh signifikan terhadap Nilai Belanja Hedonis. Kemudian, variabel Atmosfer Toko bepengaruh signifikan terhadap Pembelian tidak Terencan. Selanjutnya, variabel Nilai Belanja Hedonis berpengaruh signifikan terhadap variabel Pembelian tidak Terencana. Hasil penelitian ini juga menunjukan Atmosfer Toko berpengaruh secara tidak langsung terhadap Pembelian tidak Terencana melalui Nilai Belanja Hedonis.
English Abstract
This research aims to explain: 1) The influence of Store Atmosphere on Hedonic Shopping Value; 2) The influence of Store Atmosphere on Impulse Buying; and 3) The influence of Hedonic Shopping Value on Impulse Buying. This research use explanatory research with quantitative approach. The variables that used are three: Store Atmosphere, Hedonic Shopping Value and Impulse Buying. The collection of data obtain througha questionnaire which distribute on consumers of Loka Supermarket Malang City Point with respondent’s criterias are with a minimum age of 18 years old and visit and make a purchase at Loka Supermarket Malang City Point at least once in the last one month with the aim of knowing the store atmosphere at Loka Supermarket Malang City Point. The sample in this research use purposive sampling. The data analysis use descriptive analysis and path analysis. The result is Store Atmosphere significantly influence the Hedonic Shopping Value. Then, Store Atmosphere significantly influence on Impulse Buying. Furthermore, Hedonic Shopping Value significantly influence on Impulse Buying. The other result showed that Store Atmosphere indirectly influence Impulse Buying through Hedonic Shopping Value.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/1314/051801860 |
Uncontrolled Keywords: | Atmosfer Toko, Nilai Belanja Hedonis, Pembelian tidak Terencana |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 07:02 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 04:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/9023 |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (90kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (494kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (129kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (452kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (304kB) | Preview |
Preview |
Text
8. Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (564kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (524kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |