Butar, Dedi Perak Butar (2017) Analisis Sikap Dan Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Bibit Buah (Studi Kasus pada UD. Tunas Baru di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Hortikultura merupakan subsektor di bidang pertanian yang memiliki prospek yang besar dalam pengembangan sentra produksi. Terlepas dari produksi, bibit memegang peranan penting dalam penunjang dan perkembangan unit produksi holtikultura. Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten di Jawa timur sebagai sentra pengembangan holtikultura. Salah satu produsen bibit buah di kota Malang adalah UD. Tunas baru. Fakta aktual yang terjadi sebagai rencana dan topik penelitian ini adalah kurangnya pengembangan bibit buah di Kabupaten Malang, dan kurangnya pengetahuan konsumen dalam budidaya bibit buah. Melihat fakta actual yang ada, peneliti mencoba menganalisis bagaimana respon konsumen dalam keputusan membeli bibit buah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bibit buah terhadap konsumen dan bagaimana sikap dan perilaku konsumen terhadap atribut bibit buah yang ada pada UD. Tunas baru. Penelitian ini menggunakan 40 sampel dan menggunakan Qochran Q Test, pendekatan dengan metode theory Reasoned Action (TRA) dan juga analisis multiciri fishbein. Penelitian ini juga menganalisis atribut-atribut bibit buah yang benar-benar dipertimbangkan konsumen dalam membuat keputusan pembelian yaitu atribut bentuk morfologis, daya tahan, varietas, ukuran ,harga, fasilits, pelayanan dan promosi. Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuisioner sebagai bahan dan alat uji penelitian yang ditujukan kepada konsumen yang datang dan membeli di UD. Tunas baru ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam membuat keputusan pembelian adalah bentuk morfologis bibit, daya tahan bibit, varietas bibit ,ukuran bibit dan pelayanan. Atribut harga, fasilitas dan promosi tidak dipertimbangkan konsumen dalam membeli bibit buah. . Hasil analisis perhitungan sikap Ab menunjukkan bahwa sebanyak 19 responden bersikap positif untuk membeli. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pengukuran skala sikap (Ab) terhadap niat membeli. Perilaku konsumen menunjukkan sikap yang ragu-ragu dalam membeli. Hasil analisis theory reasoned action menunjukkan bahwa sebanyak 20 responden dari total keseluruhan 40 responden menunjukkan perilaku yang ragu-ragu dalam membeli bibit buah. Perbandingan dari kedua hasil analisis sikap dan perilaku konsumen menunjukkan bahwa sikap dan perilaku konsumen tidak selalu berbanding lurus dan memiliki hubungan yang positif dalam membuat keputusan niat membeli. Saran terhadap penelitian ini adalah dapat menciptakan dan mempertahankan atribut-atribut yang sudah baik sedangkan untuk atribut yang kurang dipertimbangkan konsumen perlu dibenahi sehingga akan mempertahankan konsumen tetap dan juga dapat menarik konsumen baru untuk dapat membeli lagi di UD. Tunas baru dan saran untuk peneliti selanjutnya untuk dapat mengembangkan teori dari perilaku konsumen sesuai dengan perkembangan ilmu perilaku konsumen agar dapat menjadi tinjauan pustaka dan sumber referensi yang nantinya akan dikembangkan untuk selanjutnya.
English Abstract
Horticulture is favored in the agricultural sector was still in production center development .In spite of the production , are playing an important role in supporting the production and development of fruit .Poor district is one of the districts in east java as fruit development center .One of the producers of seeds in the city are poor in UD. Tunas baru. In actual fact the topic of this report is the lack of seeds in the development of the poor , and a lack of knowledge of consumers in the cultivation of seeds .See the actual facts , researchers trying to analyze how consumers responses on the way to the buy seeds fruit to know how much influence the seeds to consumer and how the attitudes and behavior of consumers on attributes the seeds in UD. Tunas baru . This research using 40 sample and use qochran q test, approach with the methods theory reasoned action ( TRA ) and also analysis multiciri fishbein. The research also analyze atribut-atribut seeds fruit carefully considered the consumers in make a decision the purchase namely attribute the form of morphological, endurance, varieties, size, the price, fasilits, services and promotion.The study is done by distributing kuisioner as a test research and tool addressed to consumers who come in and buy in this place. The research results show that atribut-atribut which are under consideration the consumers in make a decision the purchase is a form of morphological seeds, endurance seeds, varieties seeds, size seeds and services. Attributes the price, facilities and promotion not considered the consumers in buy seeds fruit. .The results of the analysis calculation attitude ab shows that as many as 19 respondents be positive to buy. This can be seen from its mean value the measurement of scale the attitude of intention buy. Consumer behavior maintain an attitude hesitate in buy. The results of the analysis theory reasoned action shows that as many as 20 respondents of the total 40 respondents indicated behavior hesitate in buy seeds fruit. Comparative of both results of the analysis the attitudes and behavior consumers shows that the attitudes and behavior people did not always is directly proportional and has a positive for decryption intention buy. Advice to the research is to be able to create and maintain a atribut-atribut is good for the attribute of being considered less need of improvement so that consumers will be able to protect consumers will remain and be able to attract new customers to buy more in upon .UD. Tunas baru and suggestions for the next research to develop theories of consumer behavior in accordance with their consumer behavior as a literature review and source of reference which will be developed further.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/1040/051801335 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 06 Feb 2018 03:25 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 07:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8733 |
Preview |
Text
1.d.Pernyataan Orisinalitas.pdf Download (4kB) | Preview |
Preview |
Text
1.g.Pengantar.pdf Download (243kB) | Preview |
Preview |
Text
1.f.abstrak.pdf Download (156kB) | Preview |
Preview |
Text
1.h.DAFTAR ISI.pdf Download (259kB) | Preview |
Preview |
Text
1.e.Ucapan Terimakasih.pdf Download (183kB) | Preview |
Preview |
Text
1.i.DAFTAR TABEL.pdf Download (146kB) | Preview |
Preview |
Text
1.j.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (143kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (172kB) | Preview |
Preview |
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (621kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (233kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (257kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (305kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (247kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB VI.pdf Download (88kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (721kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) | Preview |
Preview |
Text
1.a.Cover.pdf Download (25kB) | Preview |
Preview |
Text
1.b.Identitas Penguji.pdf Download (270kB) | Preview |
Preview |
Text
1.c.Lembar Pengesahan.pdf Download (243kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |