Puspitasari, Anjar (2017) Analisis Potensi Penerimaan Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Pajak Daerah Di Kota Batu (Studi Pada Badan Keuangan Daerah Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penerimaan realisasi Pajak Reklame di Kota Batu pada tahun 2014 sampai dengan 2016 masih mengalami naik turun dibandingkan dengan penerimaan Pajak Daerah Kota Batu lainnya yang selalu mengalami peningkatan. Jumlah wajib pajak reklame untuk tahun 2014 sampai dengan tahun 2016 pada kenyataannya mengalami peningkatan, sedangkan dari sisi penetapan target Pajak Reklame pada tahun 2014 dan tahun 2015 di Kota Batu tidak mengalami perubahan. Dari jumlah wajib pajak yang meningkat dapat ketahui bahwasanya Pajak Reklame berpotensi terhadap pendapatan Pajak Daerah, dan target Pajak Reklame setiap tahun seharusnya mengalami perubahan guna menghindari penetapan target yang tidak sesuai dengan kondisi dilapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis berapa besar potensi Pajak Reklame untuk tahun 2014 sampai dengan tahun 2016 dalam meningkatkan pendapatan Pajak Daerah di Kota Batu. Penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif, dengan mengfokuskan penelitian kepada target dan realisasi Pajak Reklame serta menghitung potensi Pajak Reklame di Kota Batu pada tahun 2014 sampai dengan 2016, dengan menggunakan rumus analisis potensi Pajak Reklame sebagai dasar untuk menghitung besarnya potensi yang ada. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui, bahwa realisasi Pajak Reklame yang mengalami naik turun disebabkan oleh ketidaksadaran wajib pajak dalam membayar Pajak Reklamenya, dari sisi target pada tahun 2014 dan tahun 2015 pun kurang efektif, karena target tersebut seharusnya mengalami peningkatan khususnya pada tahun 2015, sedangkan dari sisi potensi Pajak Reklame untuk tahun 2014 sampai dengan 2016, hasilnya lebih besar dibandingkan penerimaan realisasi yang diterima oleh Badan Keuangan Daerah Kota Batu. Rekomendasi yang dapat diberikan dari hasil penelitian adalah perlu diberlakukannya sanksi administrasi, sosialisasi bagi wajib pajak, perlu lebih bijak bagi aparatur yang menetapkan target Pajak Reklame serta perlu lebih sering melakukan terjun lapangan guna mengetahui potensi Pajak Reklame yang ada.
English Abstract
The acceptance of advertisement tax in Batu City from 2014 until 2016 is still up and down compared to other Batu City tax revenues which always increase. The number of advertisement taxpayers for the year 2014 until the year 2016 in fact has increased, while the side of the targeting of Advertisement Taxes in year 2014 and 2015 in Batu City has not changed. From the total number of taxpayers, it is known that the Advertisement tax has the potential to the income of local taxes, and the Advertisement Tax target every year should change to avoid the targeting that is not in accordance with the conditions in the field. The purpose of this research is to know and analyze how much potential Advertising Tax for year 2014 until 2016 in increasing the income of Local Taxes in Batu City. The researchers using this type of descriptive research, by focusing the research on the target and realization of Advertisement Tax and calculating the potential of advertisement tax in Batu City from year 2014 until 2016, using the formula potential analysis of advertisement tax as the basis for calculating the amount of potential that exists. Based on the result of the research, it can be seen that the realization of Advertisement Tax which is experiencing up and down caused by taxpayer unconsciousness in paying its Advertisement Tax, from the target side in year 2014 and 2015 is also less effective, because the target should increase especially in 2015, potential side of Advertisement Tax for the year 2014 until 2016, the result is bigger than acceptance of realization received by Regional Financial Institution of Batu City. Recommendations that can be given from the results of the study is the need to enforce administrative sanctions, socialization for taxpayers, need to be wise for apparatus who set targets Advertisement Tax and more often do plunge field in order to know potential Advertisement Tax existing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/1242/051801247 |
Uncontrolled Keywords: | Potensi, Pajak Reklame, Pendapatan Pajak Daerah |
Subjects: | 300 Social sciences > 336 Public finance > 336.2 Taxes > 336.201 Taxes by governmental level > 336.201 4 Local taxes |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 02 Feb 2018 07:15 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 03:32 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8697 |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (32kB) | Preview |
Preview |
Text
16 LAMPIRAN.pdf Download (259kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (47kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (260kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (19kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (126kB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (246kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |