Analisis Isi Konten Youtube Band “Endank Soekamti” Dalam Bauran Komunikasi Pemasaran

Wahyadyatmika, Sambadha and Dr. Bambang Dwi Prasetyo, S.Sos., M.Si and Nufian Susanti Febriani, S.I.Kom., M.I.Kom (2017) Analisis Isi Konten Youtube Band “Endank Soekamti” Dalam Bauran Komunikasi Pemasaran. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Promosi yang dilakukan dalam industri musik telah mengalami pergeseran, dimana banyak pelaku industri musik yang beralih dari promosi melalui media cetak dan elektronik beralih ke promosi melalui internet yang salah satunya adalah YouTube. Band Endank Soekamti dalam menarik perhatian dan memasyarakatkan produknya terutama pada bagaimana mereka menggunakan media Youtube sebagai kelompok musik dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan bauran komunikasi pemasaran dalam konten youtube Endank Soekamti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui teknik dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis distribusi frekuensi. Dari hasil penelitian yang dilakukan setelah dilakukan pengkodingan data , maka dapat disimpulkan bahwa dalam konten YouTube band Endank Soekamti ini diambil 4 kategorisasi berkaitan dengan unsur-unsur marketing komunikasi di antaranya adalah : 1) Kategorisasi Periklanan, terdapat 26 kali atau 15,76 % dengan rincian promosi album muncul sebanyak 18 kali, promosi Merchandise muncul sebanyak 8 kali . 2) Kategorisasi Personal Selling, ini terdapat 46 kali atau 27,88 % dengan rincian Behind the Stage muncul sebanyak 13 kali, Team work muncul sebanyak 14 kali, Proses kreatif muncul sebanyak 19 kali. 3) Kategorisasi promosi penjualan, ini terdapat 36 kali atau 21,82 % dengan rincian ajakan membeli album Endank Soekamti sebanyak 19 kali, ajakan mengikuti project muncul sebanyak 7 kali, ajakan Partisipasi DOES University muncul sebanyak 10 kali. 4) Kategorisasi hubungan masyarakat, terdapat 57 kali atau 34,54 % dari total keseluruhan unsur-unsur marketing komunikasi yang muncul dengan rincian penyelesaian masalah/klarifikasi muncul sebanyak 13 kali , Community Service muncul sebanyak 23 kali, Edukasi dan Intelektualitas muncul sebanyak 21 kali. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan persentase kemunculan dari unsur bauran komunikasi pemasaran dalam konten youtube Endank Soekamti yaitu kategorisasi hubungan masyarakat dengan indikator Community Service yang mempunyai frekuensi kemunculan lebih banyak dari pada indikator lainnya, hal tersebut menunjukkan jika dalam konten YouTube band Endank Soekamti mengandung banyak sekali unsur yang mengacu kepada bagaimana kedekatan Endank Soekamti dengan penggemarnya dan bagaimana Endank Soekamti memperlakukan penggemarnya dengan baik atau bisa disebut dengan community service.

English Abstract

Music industry promotion has been changed by the time, which is the music industry perpetrator got the new way to promoting, from print media to internet media, Youtube is the one of the internet media. Endank Soekamti Band got the spotlight especially about how they use Youtube for Marketing their band. The purpose of this research is we need to get know about what marketing mix communication elements that appear in the video of soekamti and how much the percentation of it. The Research will using Content Analysis Method with quantitative descriptive approach. And using documentation technique for data mining. The data that already obtained will be analyzed with frequency analysis distribution teqnique. From the result of the research after coding distributed , the conclution is we got 4 category that has marketing mix communication elements : 1) Advertising Category, got 26 times or 15,76 % with album promotion in detail 18 times, merchandise promotion in detail 8 times . 2) Personal Selling Category, got 46 times or 27,88 % with Behind the Stage in detail 13 times, Team work in detail 14 times, creative process in detail 19 times. 3) Selling Promotion Category, got 36 times or 21,82 % with the persuation of buying soekamti’s album in detail 19 times, the persuation of being project participan in detail 7 times, the persuation of being DOES University part in detail 10 times. 4) Public Relation Category, got 57 times or 34,54 % with problem solving/clarification in detail 13 times , Community Service in detail 23 times, Education and intelectuality in detail 21 times. The conclution of this research shows that the percentation of marketing mix communication elements “Public Relation Category” in Endank Soekamti’s youtube contents with the indicators has much frequency than the other category. It shows that Endank Soekamti’s youtube content has so much element that tends tp how they treat their fans and how they can treat them well is called community service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1143/051800561
Uncontrolled Keywords: Bauran Komunikasi Pemasaran, YouTube, Analisis Isi, Marketing Mix Communication, YouTube, Contents Analysis
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media > 302.231 068 8 Internet marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 02 Feb 2018 02:38
Last Modified: 23 Aug 2022 04:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8686
[thumbnail of Sambadha Wahyadyatmika.pdf] Text
Sambadha Wahyadyatmika.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item