Pengaruh Kredibilitas Endorser Selebgram @awkarin Melalui Proses Keputusan Pembelian Produk Oleh Konsumen

Anjani, Rany Dewi (2017) Pengaruh Kredibilitas Endorser Selebgram @awkarin Melalui Proses Keputusan Pembelian Produk Oleh Konsumen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena pengaruh kredibilitas sumber selebgram sebagai pemberi pesan endorsement terhadap proses pengambilan keputusan pembelian produk oleh konsumen. Khususnya difokuskan pada selebgram @awkarin dalam proses penerimaan pesan endorsement oleh pengikutnya pada media sosial Instagram. Berdasarkan tujuan tersebut maka variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini ialah dimensi kredibilitas sumber. Dengan menggunakan skala pengukuran yang telah disusun oleh Ohanian (1990) yang terdiri dari attractiveness, trustworthiness, dan expertise. Sedangkan variabel terikatnya merupakan proses dimensi keputusan pembelian. Dengan menggunakan proses keputusan pembelian yang disusun oleh Kotler (2008) yang terdiri dari pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif dan keputusan membeli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik analisis yang digunanakan ialah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis baik secara simultan maupun parsial diterima. Dengan kata lain, dimensi kredibilitas sumber selebgram @awkarin terbukti berpengaruh pada proses pengambilan keputusan beli produk oleh konsumen. Namun, dalam pengujian secara parsial variabel trustworthiness memiliki pengaruh yang paling dominan diantara variabel lainnya.

English Abstract

This research aims to perceive a phenomenon of the effect of selebgram’s source of credibility as source of endorsement message to product purchase dicision process. Particularly this research focused on a selebgram @awkarin during the endorsement’s message receiving process by the follower on social media platform that is Instagram. According to the intention mentioned above, the independent variable used in this research is source of credibility dimention. Used the Ohanian (1990) measurement scale perceived of attractiveness, trustworthiness, and expertise. While the depedent variable used in this article is purchase dicision process. Used Kotler’s (2008) purchase decision process consists of needs awareness, information searching, alternative evaluation, and purchase decision. This research was using descriptive quantitative approach. Analitical technique using in this research is multiple linear regression analysis. This research results shows that all of the hipothesis whether it is simultaniously or partially is proved to be aceepted. It means that the @awkarin source of credibility is proved to have effect to consumer’s product purchase decision process. Moreover, a variable that is trustworthiness has the most effect than the other variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2017/1111/051800001
Uncontrolled Keywords: source of credibility, endorsement, selebgram, social media web 2.0, purchase decision process. Kredibilitas Sumber, Endorsement, Selebgram, Media Sosial Web 2.0, Proses Keputusan Pembelian
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media > 302.231 068 8 Internet marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 31 Jan 2018 02:04
Last Modified: 01 Dec 2020 08:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8605
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item