Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu Pasteurisasi Pada Pemasaran Online (Media Sosial) Dan Offline Di Kabupaten Tulungangung (Studi Kasus Di Kampung Susu Dinasty)

Sari, Kristina (2017) Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Susu Pasteurisasi Pada Pemasaran Online (Media Sosial) Dan Offline Di Kabupaten Tulungangung (Studi Kasus Di Kampung Susu Dinasty). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perilaku konsumen untuk menentukan suatu keputusan pembelian terdapat beberapa faktor penentu untuk dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian suatu produk pangan, selain itu dengan perkembangan teknologi saat ini dengan adanya media sosial konsumen juga dapat memutuskan pembelian dengan cara online yang dibilang lebih efisien dalam pembelian suatu produk, sehingga dengan adanya faktor-faktor penentu tersebut dapat mengetahui alasan konsumen dalam keputusan pembelian susu pasteurisasi. Pengumpulan data penelitian ini dilaksankan pada 16 April – 7 Mei 2017 di tempat wisata edukasi “Kampung Susu Dinasty”. Kampung Susu Dinasty ini bertempat di Kabupaten Tulungagung tepatnya di Desa Sidem Kecamatan Gondang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan serta faktor-faktor yang mempengaruhi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survei dalam hal ini untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan bembelian susu pasteurisasi pada pemasaran online maupun offline. Pengambilan data menggunakan kuisioner sebagai alat bantu dalam pengambilan data primer yang diambil dari responeden. Sampel pada penelitian ini merupakan konsumen yang membeli susu pasteurisasi di Kampung Susu Dinasty. Sampel pada pemasaran offline ditentukan dengan menggunakan Accidental Sampling, yaitu memilih responden secara kebetulan. Pada pemasaran online dengan melihat data konsumen kepada produsen selanjutnya mengubungi konsumen dengan mengirim pesan. Analisis data yang digunakan mengunakan analisis faktor dan analisis regresi berganda sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas menyatakan dari ke 20 indikator dari enam variabel kategori offline yang diuji adalah valid karena memiliki nilai signifikansi korelasi di bawah 0,05 (5%) dan ke 21 indikator dari enam variabel kategori online yang diuji adalah valid karena memiliki nilai signifikansi korelasi di bawah 0,05 (5%) selanjutnya uji reliabilitas dari 20 indikator dinyatakan reliabel pada pemasaran offline dan 21 indikator dari pemasaran online dinyatakan reliabel. Faktor baru dari analisis faktor terdiri dari “lingkungan sosial dan parkir aman”, “harga produk”, “keunggulan lokasi”, “media promosi”, dan “keunggulan produk”. Faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, Pada pemasaran online faktor baru terdiri dari “keunggulan produk dan biaya internet”, “media promosi dan ketersediaan produk”, “harga produk”, “lingkungan sosial”, “pelayanan konsumen”, “pengetahuan internet” dan “kelompok masyarakat” faktor-faktor ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian susu pasteurisasi di kampung susu dinasty pada pemasaran offline didasarkan atas tidak ada alternatif produk lain sedangkan pemasaran online didasarkan atas produk sesuai yang diinginkan. Faktor yang mempengaruhi paling menjadi pertimbangan keputusan pembelian susu pasteurisasi pada pemasaran offline yaitu media promosi yang memakai media Word of Mouth, pamflet dan brosur sedangakan pada pemasaran online yang paling mempengaruhi keputusan pembelian susu pasteurisasi yaitu media promosi dan ketersediaan produk yang menggunakan media instagram, WhatsApp dan ketersediaan produk yang terdapat pada promosi.

English Abstract

Research was conducted at “Kampung Susu Dinasty”, Godang, Tulungagung, and East Java. The purpose of this research were to investigate consumer behaviour and to determine factor that effected pasteurized milk purchasing decision. Data was collected by the used of accidental sampling method, data in offline marketing were collected from consumers and for online marketing were collected from owner kampung susu dinasty. Data was collected from April 16th to May 7th 2017. The method used was survey with questionnaire to get primary data and for secondary data were gathered from the “Kampung Susu Dinasty”. Data were analysed by descriptive, factor and regression analysis. Results showed that consumers decided to purchase a pasteurized milk in “Kampung Susu Dinasty” through offline marketing based on unavailable products alternatives, while the intention for online buying because of the existence of their desired product. Media promotion using word of mouth, pamphlets and brochures influenced on offline purchasing decision. Media promotion including Instagram, WhatsApp and product availability were preferred in online buying decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SK/FPT/2017/450/051712569
Uncontrolled Keywords: consumer behaviour, consumer decision, offline marketing, online marketing.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Jan 2018 07:08
Last Modified: 28 Sep 2020 12:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/8552
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item