Pengaruh Faktor-Faktor Dalam Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Penghuni Rumah Kos Di Kelurahan Ketawanggede Kota Malang)

Donald, Zaky (2017) Pengaruh Faktor-Faktor Dalam Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Penghuni Rumah Kos Di Kelurahan Ketawanggede Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh: (1) pengaruh faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi terhadap keputusan pembelian; (2) pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian; (3) pengaruh faktor sosial terhadap keputusan pembelian; (4) pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian; (5) pengaruh faktor psikologi terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 116 responden yang merupakan mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang yang bertempat tinggal di Kelurahan Ketawanggede Kota Malang. Metode pengumpulan data yang diigunakan berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji asumsi klasik dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bawa variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang dapat dilihat dari nilai signifikansi F < α yaitu 0,000 < 0,05 dan nilai Adjusted R Square sebesar 0,565. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi adalah sebesar 56,5% sedangkan, sisanya 43,5% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan oleh penelitian ini. Secara parsial variabel faktor budaya dengan koefisien 0,34, variabel faktor sosial dengan koefisien 0,10, variabel faktor pribadi 0,33, dan variabel faktor psikologi dengan koefisien 0,00 berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

English Abstract

This research aims to explain the effects of: (1) the influence of cultural factors, social factors, personal factors, and psychological factors on purchasing decisions; (2) the influence of personal factors on purchasing decisions; (3) the influence of social factors on purchasing decisions; (4) the influence of personal factors on purchasing decisions; (5) the influence of psychological factors on purchasing decisions. The type of research used in this research is explanatory research using a quantitative approach. Samples taken as many as 116 respondents who are undergraduate students of Universitas Brawijaya Malang residing in Ketawanggede urban Malang. Data collection methods used in the form of questionnaires. Data analysis used in this research is descriptive analysis and classical assumption test by using multiple linear regression analysis. The results of this research indicate that the variables of cultural factors, social factors, personal factors, and psychological factors together significantly influence purchasing decisions that can be seen from the significance value of F <α is 0,000 <0.05 and Adjusted R Square value of 0.565. This shows that the contribution of culture factor, social factor, personal factor, and psychology factor is 56,5% while, the rest 43,5% is explained by other variable not explained by this research. Partially, culture factor variable with coefficient 0,34, social factor variable with coefficient 0,10, variable of personal factor 0,33, and variable of psychology factor with coefficient 0,00 influence significantly to variable purchase decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/1152/051712270
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologi, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Dec 2017 04:07
Last Modified: 09 Oct 2020 02:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7539
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item