Kurniasari, Puput Elva (2017) Analisis Pola Konsumsi Produk Buah Pisang Label Sunpride Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Di PT. Nusantara Tropical Farm Lampung Timur, Lampung). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. Nusantara Tropical Farm merupakan perusahaan terbesar di daerah Lampung yang memproduksi buah pisang label Sunpride. Produksi buah pisang label Sunpride ini dalam skala besar karena dipasarkan hingga keluar negeri seperti Korea, Jepang, Asia Tenggara dan lain sebagainya. Hal ini menimbulkan dampak bagi masyarakat di sekitar PT. Nusantara Tropical Farm yang tidak dapat membeli dan mengkonsumsi produk buah pisang label Sunpride karena pemasarannya yang di luar kota dan luar negeri. Masyarakat di sekitar PT. Nusantara Tropical Farm juga merasa harga yang ditawarkan terlalu tinggi, sedangkan pendapatan masyarakat dalam kategori menengah kebawah. Sedangkan pada aspek kebiasaan yang berkembang di masyarakat, kebanyakan dari masyarakat sekitar PT. Nusantara Tropical Farm tidak atau kurang memperhatikan pola konsumsi buah-buahan yang dikonsumsi meskipun buah-buahan itu penting untuk nutrisi tubuh. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini difokuskan pada pola konsumsi produk buah pisang label Sunpride terhadap tingkat kepuasan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola konsumsi masyarakat terhadap produk buah pisang label Sunpride, mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pola konsumsi, menganalisis hubungan pola konsumsi dengan faktor pola konsumsi, menganalisis hubungan pola konsumsi dengan atribut produk dan menganalisis tingkat kepuasan konsumen. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan mixed method dengan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive di PT. Nusantara Tropical Farm Lampung Timur, Lampung pada bulan April 2017 hingga Juni 2017. Responden ditentukan dengan teknik accidental sampling dengan total responden 30 orang. Pengumpulan data dari wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa Masyarakat di sekitar PT. Nusantara Tropical Farm cenderung membeli produk buah pisang label Sunpride di PT. Nusantara Tropical Farm karena lebih dekat dengan rumah masyarakat dengan jumlah pembelian yang tidak menentu disetiap bulannya Masyarakat cenderung tidak mengkonsumsi produk buah pisang label Sunpride setiap bulan dikarenakan harganya yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis pisang lainnya. Pembelian ini dilakukan karena masyarakat lebih suka mengkonsumsi produk buah pisang label Sunpride dalam bentuk buah segar. Faktor yang mempengaruhi pola konsumsi terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal yaitu indikator motivasi, sikap atau kebiasaan dan lingkungan sosial termasuk dalam kategori rendah. Sedangkan pada indikator pendapatan, jumlah keluarga, pendidikan (informasi) dan harga termasuk dalam kategori sedang. Pola konsumsi dan faktor pola konsumsi memiliki hubungan atau keterkaitan. Sama halnya dengan pola konsumsi dan atribut produk. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap produk buah pisang label Sunpride secara keseluruhan termasuk dalam kategori cukup puas.
English Abstract
PT. Nusantara Tropical Farm is the biggest corporations in regional who producing fruit Sunpride banana label. The production of fruit Sunpride banana label this at huge scale because marketed until is out of the country such as Korea, Japan, southeast Asia and so on .This has implications for the the community in the vicinity PT. Nusantara Tropical Farm who actually not afford to consume the fruit and banana label Sunpride because marketing who outside of a city and foreign affairs .The community in the vicinity PT. Nusantara Tropical Farm was also felt that the the price offered is too high , while the income of the community in the category of middle to low class. While in the case of the aspect of a custom that is developing in community, most from the community PT. Nusantara Tropical Farm did not finish or little regard for consumption patterns fruits of which was consumed although fruit when they are essential for nutrition the body. The based on the background, it is focused in a pattern of fruit consumption of the product . This study attempts to describe the public consumption of the banana Sunpride the label, described affect factors consumption patterns, analyzing the relationship consumption patterns by a factor of consumption patterns , analyzing consumption patterns relationship with attribute products and analyzed levels of customer satisfaction. This approach in research using mixed method with the kind of research qualitative and quantitative. The determination of research sites be done in purposive PT. Nusantara Tropical Farm Lampung East , Lampung in april 2017 until june 2017. Respondents determined to technique accidental sampling with a total of respondents 30 people. Data collection of the interview , documentation and literature study. The results show that the local community PT. Nusantara Tropical Farm tend to purchase products of bananas label Sunpride PT. Nusantara Tropical Farm for closer to home society of purchase erratic every month they tend to be consume product of bananas label Sunpride every month because their prices high compared with other types of bananas. This purchase done because farmers prefer to consume product of bananas label Sunpride in the form of fresh fruit. Factors affect consumption patterns consisting of internal and external factors which are motivation, attitude or habit social environment category in a low. While in the income indicator, the number of families, education (information) and price category in a while. Consumption patterns and the consumption patterns links or entanglement. Same as consumption patterns and attributes products. The level of community satisfaction in the fruit banana label sunpride overall included in a category fairly satisfied.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/967/051712163 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 22 Dec 2017 03:49 |
Last Modified: | 30 Aug 2022 03:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7489 |
![]() |
Text
PUPUT ELVA KURNIASARI.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |