Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Minat Berkunjung Ke Wisata Pantai Bentar, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo

Anggraini, Retno Kumala (2017) Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Minat Berkunjung Ke Wisata Pantai Bentar, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor Pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk dikembangkan di Negara Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan sumber pendapatan daerah. Perkembangan pariwisata dapat mendorong dan mempercepat pertumbuhan ekonomi. Salah satu pariwisata yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi berada di Provinsi jawa timur Kabupaten Probolinggo yaitu Wisata Pantai Bentar. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah serta menawan sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan dan menganalisis karakteristik responden yang berkunjung ke Wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, 2) mendeskripsikan dan menganalisis apa saja yang menjadi faktor – faktor perilaku konsumen terhadap minat berkunjung ke Wisata Pantai Bentar Desa Curahsawo Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, 3) mengetahui pengaruh yang dominan dari faktor budaya, sosial, individu dan psikologis. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Agustus 2017 di kawasan Wisata Pantai Bentar, Desa Curahsawo Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara observasi, wawancara, kusioner, dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yaitu dengan cara mengambil sampel dari suatu populasi untuk mengetahui perilaku wisatawan selaku konsumen untuk berkunjung ke Wisata Pantai Bentar. Adapun penentuan sampel dengan menggunakan 2 sampel yakni purposive sampling dan simple random sampling. Jumlah responden yang diambilsebanyak 50. Teknis analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 16,0 For Windows. Variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah variabel terikat dan variabel bebas. Variabel terikat dalam penelitian ini yakni minat berkunjung ke Wisata Pantai Bentar. Sedangkan variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah faktor budaya, sosial, individu, psikologis. Karakteristik responden yang berkunjung di Wisata Pantai Bentar antara lain berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh wisatawan berjenis kelamin perempuan. Responden yang berkunjung di Wisata Pantai Bentar mayoritas berasal dari luar Kabupaten Probolinggo, dalam kalangan usia responden yang berkunjung di Wisata Pantai Bentar sebagian besar ialah usia muda yaitu 17-25 tahun. Status responden yang ada di Wisata Pantai Bentar mayoritas ialah pelajar / mahasiswa. Berdasarkan tingkat pendidikan terakhir yakni SMA karena sebagian besar responden yang berkunjung di Wisata Pantai Bentar adalah mahasiswa. Sebagian viii besar sumber informasi tentang Wisata Pantai Bentar responden dapatkan dari teman. Faktor – faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap minat berkunjung ialah faktor budaya, faktor sosial, faktor individu dan faktor psikologis. Dari keempat faktor tersebut yang memiliki pengaruh tinggi ialah faktor sosial karena pada faktor sosial terdapat pernyataan bahwa responden yang berkunjung di Wisata Pantai Bentar yang sangat setuju bahwa mengunjungi Wisata Pantai Bentar karena ingin menjadi bagian dari pengunjung. Menurut hasil penelitian menunjukkan bahwa model telah lolos uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji statistik. Koefisien determinasi yang dihasilkan pada penelitian ini ialah 69,5. Hal ini menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, individu dan psikologis mempengaruhi minat berkunjung wisatawan ke Wisata Pantai Bentar sebesar 69,5% dan sisanya 30.5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model. Model yang di dapatkan pada penelitian ini adalah Y = -8,189 + 0,242 X1 + 0,349 X2 + 0,173 X3 + 0,271 X4 + e. . Faktor sosial budaya, psikologis dan individu berpengaruh nyata secara simultan terhadap keputusan wisatawan dalam melakukan kunjungan ke Wisata Pantai Bentar sebesar 28,928. Kemudian pada faktor budaya, sosial, individu dan psikologi berpengaruh nyata secara parsial terhadap minat wisatawan dalam berkunjung. Saran:1. Bagi Pengelola Wisata disarankan untuk lebih giat dalam mengadakan promosi yang keratif dan inovatif baik menggunakan media cetak, elektronik, internet (sosialmedia) agar Wisata Pantai Bentar menjadi semakin terkenal dan dapat menarik tingginya minat wisatawan untuk berkunjung. 2. Bagi Pemerintah agar lebih siap dan tanggap dalam memperbaiki atau menunjang segala kebutuhan dan kekurangan yang dibutuhkan Wisata Pantai Bentar baik dalam hal sarana prasarana maupun alat dokumentasi agar dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. 3. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk lebih teliti dan membaca referensi lebih banyak lagi sehingga hasil penelitian selanjutnya akan semakin baik serta dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang baru.

English Abstract

This research aims to know and analyze about characteristics of visitors Bentar Beach, factor affecting consumer behavior on interest to visit Bentar Beach Tour Village Curahsawo, District Gending, Probolinggo Regency, the dominant influence of Culture, Social, Individual and Psychological factors. This research use quantitative research methods that is by taking samples from a population to know the behavior of tourists as consumers who visit the Bentar Beach. The sample used in this research is purposive sampling technique and simple random sampling. This results show that there are various characteristics of visitors Bentar Beach Tour, there are four factors that affect the interest of visiting the cultural, social, individual, and psychological factors. Then there are social factors that become the dominant factor to the interest of visiting Bentar Beach Tour. This is because it has the greatest value among other variables. To be able to attract tourists visiting Bentar Beach Tour, should the manager of Coast Tour Bentar do more creative and innovative campaigns using print media, electronic, internet (socialmedia) to Bentar Beach Tour become more famous and can attract many tourists to visit

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPR/2017/944/051712461
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Minat Berkunjung, Wisata Pantai Bentar
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 21 Dec 2017 02:32
Last Modified: 06 Oct 2020 13:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7339
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item