Analisis Sikap Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Organik di CV. Vigur Organik

Rahmadani, Iqbal Febri (2017) Analisis Sikap Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayuran Organik di CV. Vigur Organik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertanian organik merupakan budidaya pertanian yang hanya memakai bahan-bahan organik. Tujuan utama dari pertanian organik adalah menyediakan produk-produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumennya serta tidak merusak lingkungan. Sayuran organik merupakan salah satu komoditas hortikultura yang di budidayakan dengan teknologi pertanian organik. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai bahaya residu pestisida dan kandungan kimia yang terkandung dalam sayuran anorganik masyarakat mulai tertarik mengkonsumsi produk organik. CV. Vigur Organik merupakan salah satu produsen sayuran organik di kota Malang. Berdasarkan data yang telah didapatkan dari tahun 2013 hingga 2015 terjadi peningkatan permintaan terhadap sayuran organik. Peningkatan permintaan sayuran organik akan membuka peluang bagi produsen-produsen yang juga menjual produk sayuran organik. Hal tersebut akan menyebabkan terjadinya persaingan antar produsen, oleh karena itu CV. Vigur Organik sebagai salah satu produsen harus mampu melihat bagaimana sikap dan perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran organik agar dapat mampu bersaing dengan produsen lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menganalisis atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian sayuran organik di CV. Vigrur Organik, (2) menganalisis sikap konsumen terhadap atribut yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian sayuran organik di CV. Vigur Organik (3) menganalisis perilaku konsumen terhadap atribut yang dipertimbangkan dalam keputusan pembelian sayuran organik di CV. Vigur Organik. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan deskriptif. Analisa data kuantitatif dengan menggunakan analisis Cohcran Q Test, uji validitas, uji realibilitas. Metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karateristik konsumen, sikap dan perilaku konsumen dari hasil data yang telah diolah menggunakan model Multiciri Fishbein, model Theory of Reasoned Action (TRA). Hasil dari penelitian ini adalah dari 10 atribut produk hanya ada 6 atribut produk yang dipertimbangkan oleh konsumen diantaranya keutuhan, kesegaran, kandungan zat, label, kemasan dan kebersihan. Enam atribut tersebut dijadikan sebagai dasar penentu sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sayuran organik di CV. Vigur Organik. Rata-rata konsumen bersikap positif terhadap atribut produk sayuran organik di CV. Vigur Organik dengan jumlah 20%. Maksud perilaku konsumen berbanding lurus dengan sikap yang dibentuk, yaitu rata-rata konsumen memiliki perilaku untuk membeli produk sayuran organik di CV. Vigur Organik.

English Abstract

Organic agriculture is an agriculture cultivating that only uses organic materials. The main purpose of organic agriculture is to provide agriculture products, especially the safe and healthy food materials for producer and consumer and to avoid the environment in getting harm. Organic vegetable is one of horticulture commodities which is cultivated by organic agriculture technology. In line with the development of knowledge and awareness about the danger of pesticide residue and chemical material in inorganic vegetable, people start to get interested in consuming organic products. CV. Vigur Organik is an organic vegetable producer in Malang. According to the data, there is an increasing number of demands of organic vegetable from 2013 to 2015. It will open opportunity to any producers who also sell organic vegetable product. It will also cause rivalry between the producers, so that CV. Vigur Organik as one of the producers should be able to look at how the consumer’s attitude and behavior towards decision in buying organik vegetables so that they can compete with other producers. The objectives of this research were (1) to analyze the considered attributes from consumer in buying organic vegetables in CV. Vigur Organik, (2) to analyze consumer’s attitude towards the considered attributes on the decision in buying organic vegetables in CV. Vigur Organik, (3) to analyze consumer’s behavior towards the decision in buying organic vegetables in CV. Vigur Organik Data analysis method that was used are quantitative analysis and descriptive. Quantitative data analysis used Cohcran Q Testanalysis, validity test, and reliability test. Descriptive method was used to describe consumer’s characteristic, consumer’s attitude and behavior from the data that has been processed using Multiciri Fishbeinmodel and Theory of Reasoned Action (TRA) model. The result of this research was out of 10 product attributes, there were only 6 attributes that were considered by the consumers which were completeness, freshness, subtance, label, packaging, and cleanliness. Those six attributes became the basic determinant of consumer’s attitude towards the decision on buying organik vegetables in CV. Vigur Organik. Average consumers acted positively towards the attributes of organic vegetable in CV. Vigur Organik with the amount of 20%. Intent behaviour was equivalent with the attitude which was average consumers intended to buy organic vegetable products in CV. Vigur Organik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/806/051711023
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 19 Dec 2017 04:37
Last Modified: 26 Aug 2022 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/7216
[thumbnail of IQBAL FEBRI RAHMADANI.pdf] Text
IQBAL FEBRI RAHMADANI.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item