Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Wisata Religi Masjid Tiban Kabupaten Malang (Studi Pada Pengunjung Wisata Religi Masjid Tiban Kabupaten Malang)

Azis, Moh. Riza (2017) Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Wisata Religi Masjid Tiban Kabupaten Malang (Studi Pada Pengunjung Wisata Religi Masjid Tiban Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata adalah salah satu aset yang menarik dan dimiliki oleh setiap negara. Pariwisata mempunyai dampak positif yang dapat menambah pendapatan negara dan mengangkat perekonomian daerah sekitar. Wisata religi merupakan salah satu wisata yang sudah sejak dulu dilakukan oleh masyarakat. Wisata religi erat kaitannya dengan faktor psikologis karena berhubungan dengan keyakinan atau kepercayaan seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaru faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada wisata religi Masjid Tiban di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan penelitisn eksplanatori dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability dengan purposive sampling. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas). Data analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda sedangkan uji hipotesis menggunakan uji F, uji t, dan uji dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan pada wisata religi Masjid Tiban Kabupaten Malang. Variabel motivasi, persepsi, pembelajaran, keyakinan, dan sikap berpengaruh signifikan secara parsial sedangkan keyakinan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh.

English Abstract

Tourism is a one of unique asset which attract people in its countries. It has great effect for foreign exchange and increased regional capita. A tourism religion has been existed for many years. The religion tourism closed to psychological factors in faith correlation, especially. This research aimed for knowing the influence of psychological factors such as motivation, perception, learning, faith, and behavior to the tourist visiting decision at religion tourism Tiban Mosque, Malang district were evaluated sistematically. The nonprobability method with purposive sampling was used in this explanatory research with a hundred respondents. The validity, reliability, and assums testing (normality, multicolinearity, heterokedastisity) were used in this research. The analysis data used double linear regression and the hypothesis testing used F, T, dominant testing. The results showed that motivation, perception, learning, faith and behavior simultaneously effect to tourist visiting decision at Tiban Mosque religion tourism, Malang district. At partially, the motivation, perception, learning, behavior significantly affected whereas the faith showed dominantly effect.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2017/565/051710540
Uncontrolled Keywords: Faktor psikologis, Keputusan berkunjung wisatawan, Keyakinan, Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Ponpes Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah. sikap, Wisata religi Masjid Tiban Kabupaten Malang, Faith ;Learning ; Motivation ; Psychological factors ; Perception, Ponpes Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah ; Tiban Mosque religion tourism ; Tourist visiting decision, Malang district.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 12 Dec 2017 07:21
Last Modified: 29 Sep 2020 02:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6882
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item