Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Sari Apel BM Di Kota Batu

Siahaan, Yosephine (2017) Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Sari Apel BM Di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persepsi kualitas merupakan penilaian yang dibuat oleh konsumen terhadap mutu atau keunggulan dari sebuah produk. Persepsi kualitas yang baik terhadap produk akan memberikan kepuasan bagi konsumen karena dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Kepuasan konsumen memiliki manfaat yakni memungkinkan terciptanya rekomendasi word of mouth serta dapat mendorong terciptanya loyalitas pelanggan. Loyalitas akan mempertahankan konsumen lama serta membangun interaksi baru yang menjadi tantangan bagi pelaku bisnis. Perusahaan perlu menempatkan orientasi kepuasan dan loyalitas konsumen sebagai tujuan utama perusahaan dikarenakan semakin ketatnya persaingan yang disebabkan oleh semakin banyaknya produsen yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan konsumen. Jumlah unit agroindustri sari apel yang cukup banyak berkembang di Kota Batu mengakibatkan adanya persaingan antar agroindustri penghasil sari apel untuk menarik perhatian konsumen, sehingga agroindustri BM harus memiliki upaya dalam mempertahankan posisi di pasar. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh agroindustri untuk mempertahankan konsumen agar tetap loyal dengan produknya adalah memberikan kesan kualitas produk yang baik dan sesuai dengan harapan konsumen. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh persepsi kualitas terkait atribut intrinsik dan atribut ekstrinsik produk terhadap kepuasan konsumen, serta pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen sari apel BM. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Mei 2017. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebesar 105 responden yang ditentukan dengan menggunakan metode Maximum Likelihood. Teknik penentuan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik sosial ekonomi responden di daerah penelitian, sedangkan analisis menguji hipotesis menggunakan alat analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan software AMOS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan struktural yang terbentuk dari hasil analisis dengan SEM yaitu ƞ1 = 0,29 ξ1 + 0,27 ξ2 + 0,16 Z1 dan ƞ2 = 0,82 ƞ1 + 0,076 Z2. Persamaan ƞ1 merupakan persamaan model struktural yang menyatakan bahwa kepuasan konsumen dipengaruhi oleh persepsi kualitas terkait atribut intrinsik (ξ1) dan atribut ekstrinsik (ξ2). Persepsi kualitas terkait atribut intrinsik (ξ1) dan atribut ekstrinsik (ξ2) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen dengan nilai koefisien jalur masing-masing sebesar 0,29 dan 0,27 dengan nilai residual sebesar 0,16. Berdasarkan hasil analisis tersebut, variabel laten yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap kepuasan konsumen yaitu atribut intrinsik. Persamaan ƞ2 merupakan model struktural yang menyatakan bahwa loyalitas konsumen (ƞ2) dipengaruhi oleh kepuasan konsumen (ƞ1). Kepuasan konsumen (ƞ1) berpengaruh secara signifikan ii dan positif dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,82 dan nilai residual sebesar 0,076. Hal yang perlu diperhatikan bagi agroindustri BM Kota Batu adalah mempertahankan kualitas produk terutama cita rasa apel murni pada produk agar kepuasan konsumen selalu tercipta seiring kualitas produk yang tetap terjaga. Agroindustri harus meningkatkan kualitas atribut ekstrinsik terutama dengan menjaga ketersediaan produk sari apel agar tetap memenuhi kebutuhan konsumen, yakni dengan menambah mesin produksi serta melakukan produksi yang lebih gencar sebelum memasuki bulan puasa agar persediaan mencukupi permintaan konsumen di bulan puasa. Agroindustri juga perlu memperhatikan kepuasan konsumen secara terus menerus dengan melakukan riset secara berkala pada konsumen, sehingga perusahaan dapat mengetahui persepsi konsumen terhadap produk serta dapat mengevaluasi kinerja kualitas produk agar konsumen dapat selalu puas dan loyal dengan sari apel BM.

English Abstract

Perceived quality is consumer’s value judgment about the quality or superiority of a product. Good perceived quality of a product will give satisfaction to the consumer because the product can fill up their needs. Consumer satisfaction has some benefits in allows to create word of mouth recommendation and can encourage the creation of consumer loyalty. Loyalty will retain the old consumers and build a new interaction that can be a challenge to the company. The company need to put the orientation of consumer satisfaction and loyalty as a main purpose of the company due to a high level competition caused by the increasing number of companies that involved in the fulfillment of consumer needs. The number of apple cider agroindustry which is quite widely in Batu City causing a high level competition among the agroindustries to attract the consumer’s interest, so that BM agroindustry must have some efforts in retaining its position in the market. One thing that can be done by the agroindustry to defend the consumer loyalty about its product is providing the good product quality impression that fitted to the consumer expectations. Therefore, this study was conducted to analyze the influence of product perceived quality related to intrinsic attributes and extrinsic attributes toward consumer satisfaction, as well as the influence of consumer satisfaction on consumer loyalty of BM apple cider. This study was conducted from April to May 2017. The number of respondents in this study is 105 respondents who were determined by using Maximum Likelihood method. The technique of determining respondents that used in this research is accidental sampling. Data analysis technique that used is descriptive statistical analysis and inferential statistic. Descriptive statistical analysis is used to describe socio-economic characteristics of respondents in the study area, while the hypothesis analysis use the Structural Equation Modeling (SEM) method with software AMOS version 24.0. The results show that the structural equation formed from the analysis with SEM are ƞ1 = 0.29 ξ1 + 0.27 ξ2 + 0.16 Z1 and ƞ2 = 0.82 ƞ1 + 0.076 Z2. Equation ƞ1 is a structural equation model which states that consumer satisfaction influenced by product perceived quality which relates to intrinsic attributes (ξ1) and extrinsic attributes (ξ2). Product perceived quality which relates to intrinsic attributes (ξ1) and extrinsic attributes (ξ2) have significant and positive effects on consumer satisfaction with the coefficient values of 0.29 and 0.27 respectively with residual values of 0.16. Based on the results of the analysis, latent variables that have greater influence on consumer satisfaction is the intrinsic attribute. Equation ƞ2 is a structural model which states that consumer loyalty (ƞ2) is influenced by consumer satisfaction (ƞ1). Consumer satisfaction (ƞ1) has a significant and positive effect with the path coefficient value of 0.82 and residual value of 0.076. There are some important things that must be noticed by the BM agroindustry in Batu City. The agroindustry must maintain the product quality, especially the pure apple taste on the product so that consumer satisfaction will iv always be created along the product quality maintained. The agroindustry must improve the quality of extrinsic attributes, especially by retaining the availability of apple cider products in order to meet the needs of consumers, through addition of production machine and conducting more vigorous production before the fasting month in order to supply the sufficient consumer demand. BM agroindustry also need to observing the consumer satisfaction continuously by doing periodic research on consumer, so the agroindustry can find out the consumer perception about the product and can evaluate the product quality performance so that consumer always stay satisfied and loyal with BM apple cider.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/656/051710871
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 12 Dec 2017 02:27
Last Modified: 08 Oct 2020 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6821
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item