Pengaruh Perilaku Peduli Lingkungan Terhadap Minat Pembelian Produk Hijau Pendekatan Theory Of Planned Bahavior (Studi Kasus Di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang)

Jannah, Miftakhul (2017) Pengaruh Perilaku Peduli Lingkungan Terhadap Minat Pembelian Produk Hijau Pendekatan Theory Of Planned Bahavior (Studi Kasus Di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanasan global dan perubahan iklim merupakan salah satu isu lingkungan yang ditangani seluruh masyarakat di dunia selama ini. Salah satu penyebab pemanasan global adalah menurunnya kualitas lingkungan hidup di dunia. Penurunan kelestarian lingkungan hidup mengakibatkan penurunan daya dukung lingkungan dan ketersediaan sumberdaya alam. Sadar akan hal tersebut, menjadikan masyarakat sebagai konsumen telah menyadari pentingnya melindungi lingkungan hidup. Peluang akan konsumen sadar akan pentingnya lingkungan menjadi isu utama bagi kalangan produsen di pasar (Han, Hsu, & Lee, 2009). Konsumsi berkelanjutan menarik perhatian banyak para pengambil kebijakan pada perusahaan karena tekanan peraturan dan kepentingan kebijakan pemerintah memfokuskan pada pelestarian lingkungan (Hult, 2011). Hal tersebut banyak membuat perusahaan bersedia membuat produk hijau (Chang, 2011). Produk hijau atau yang sering dikenal dengan produk ramah lingkungan biasanya pada kemasannya memiliki informasi bahwa produk tersebut ramah lingkungan, ramah terhadap ozon, organik, bebas pestisida, bio-degradable dan dapat didaur ulang untuk memandu penilaian produk konsumen (Suki, 2013). Theory of Planned Behavior (TPB) adalah model sikap yang memperkirakan minat atau niat konsumen untuk melakukan suatu perilaku atau tindakan. TPB dapat digunakan untuk mengetahui minat pembelian ibu rumah tangga untuk membeli produk hijau. Tujuan dari penelitian ini, yaitu menganalisis perilaku kepedulian lingkungan yang mempengaruhi minat pembelian produk hijau dengan pendekatan model Theory of Planned Behavior yang dilakukan di Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang dengan responden ibu rumah tangga. Penelitian dilakukan April-Juni 2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan responden ibu rumah tangga sebanyak 100 orang. Hal tersebut dikarenakan jumlah sampel tersebut dapat memperoleh hasil estimasi reliabel. Pada penelitian ini data primer yang dibutuhkan adalah hasil pengumpulan data dengan teknik observasi non partisipaatif dan kuesioner. Kuesioner menggunakan skala likert 1-7. Pada penelitian eksplanatori ini menggunakan dua metode untuk menganalisis data, yakni metode statistik deskriptif dan metode kuantitatif dengan menggunakan alat analisis SEM-PLS. Pada penelitian ini variabel laten endogen yakni variabel dari Theory of Planned Behavior, yaitu sikap pembelian produk hijau, norma subjektif pembelian produk hijau, persepsi terhadap pengendalian perilaku dalam pembelian, dan minat pemebelian produk hijau. Variabel laten eksogen dalam penelitian ini adalah sikap peduli lingkungan dan pengetahuan terhadap lingkungan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap kepedulian lingkungan mempengaruhi sikap pembelian produk hijau. Sadar akan pentingnya kepedulian lingkungan mengakibatkan pentingnya membeli produk hijau sehingga berdampak menjaga kelestarian lingkungan. Sikap pembelian produk hijau, norma ii subjektif pembelian produk hijau, dan persepsi pengendalian perilaku dalam pembelian produk hijau menjadi variabel mediasi dari variabel pengetahuan lingkungan dalam mempengaruhi minat pembelian produk hijau. Model TPB cocok dan dapat digunakan dalam penelitian ini karena sikap pembelian produk hijau, norma subjektif pembelian produk hijau, dan persepsi pengendalian perilaku dalam pembelian produk hijau berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian produk hijau. Persepsi pengendalian perilaku merupakan variabel dengan nilai jalur tertinggi dibandingkan dengan variabel sikap dan norma subjektif dalam mempengaruhi minat pembelian produk hijau. Hal tersebut terjadi karena ibu rumah tangga di Tlogamas memiliki pengetahuan tentang produk hijau dan kemauan yang tinggi untuk membeli produk hijau.

English Abstract

Global warming and climate change currently become an environmental issue that people all over the world encountered. Decreasing quality of environmental life has become main factor that affect global warming, which also reduce the carrying capacity and the availability of natural resources. In response, the society realized that as a consumer they have the responsibility to protect the environment. This has become an opportunity for company on the market to produce a product that shared the same interest with the society (Han, Hsu, & Lee, 2009). The consumption sustainability draw the interest of many policy maker on companies because the government has been putting on pressure and some sort of regulation in order to emphasize environmental preservation (Hult, 2011). This propaganda has been able to made companies produce even more safety and eco-friendly green product (Chang, 2011). Green product, or preferably known as eco-friendly product usually has some sort of information that shows the products are being good on environment such as ozone, organic, free from pesticide, bio-degradable or even recyclable on their label in order to give consumer this type of information (Suki, 2013). Theory of planned behavior was a model which in any case can predict the consumer interest and intention towards some sort of activity. It also can be used to find out the interest of housewives towards purchasing green product. The study aim to analyzed the environmental behavior which affect the interests towards purchasing green product using the model of theory of planned behavior as it approach in Tlogomas Regency, Lowokwaru District, Malang, East Java with housewives as it’s respondents. This research take place on April to June 2017. Accidental sampling was the sampling method that used with a hundred housewives as it’s respondents. The level amount of that sample was used in order to estimate data that was reliable enough. The primary data that required on this research was obtained by doing observation, interview, and handling questionnaire. The questionnaire used the 7-point likert scale from 1 (strongly disagree) to 7(strongly agree). This explanatory research also using two quantitative methods with SEM-PLS as it’s tools. The endogenous variable in this research were acquired from theory of planned behavior variable, they are attitude toward purchasing green product, subjective norm toward green product, perceived behavior control, and intention toward purchasing green product. On the other hand, the exogenous variable in this research were consists of attitude toward environment and environmental knowledge. The results of this research shows that the attitude toward environment variable positively affect the attitude toward purchasing green product itself. Realization of the important about environment concern has affecting the way people purchasing green product which in this case also positively affect environmental concern. On another note, the attitude toward purchasing green product, subjective norm, and perceived effectiveness consumer toward green product become the mediation variable between environmental knowledge towards iv affecting the intention of purchasing green product. The TPB model were well suited and can be used in this research, because the attitude toward purchasing green product, subjective norm, and perceived effectiveness has been proven positive and significantly towards the intention of purchasing green product. Perceived behavior toward purchasing green product was the variable that has the highest value, in contrast of the attitude and subjective norm. This was caused by the housewives who already have such a good knowledge and understanding about green products, and it also helped by their high level of willingness toward purchasing green product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/649/051710864
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 08 Dec 2017 02:41
Last Modified: 26 Oct 2020 05:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6685
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item