Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Wortel Organik

Simangunsong, Aprina (2017) Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sayur Wortel Organik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada saat ini konsumen semakin cerdas dan selektif dalam memilih produk yang akan dibeli dan dikonsumsi. Seiring semakin cerdasnya konsumen dan semakin bertambahnya pilihan produk yang ada di pasar, menimbulkan persaingan yang ketat antar produsen dalam usaha memperebutkan perhatian konsumen yanga ada di pasar untuk membeli produknya. Karakteristik responden pada perilaku konsumen akan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu barang atau jasa. Keputusan konsumen dalam pembelian suatu produk atau jasa sangat beragam dikarenakan konsumen memiliki perilaku yang berbeda-beda terhadap setiap produk atau jasa yang dibutuhkan. Sayur organik adalah salah satu produk yang menjadi pilihan konsumen di dalam keputusan pembelian. Sayuran organik memiliki keunggulan yaitu mengandung vitamin, protein, mineral, serat, karbohidrat dan air yang sangat berguna bagi tubuh serta tidak mengandung senyawa beracun yang dapat mengganggu kesehatan manusia Keunggulan sayuran organik yang meningkat maka akan semakin meningkat pula produksi sayuran organik yang dijual. Namun semakin meningkatnya produksi sayuran organik, pembelian terhadap sayuran organik semakin menurun. Pembelian sayur organik yang menurun diakibatkan karena adanya faktor dan atribut yang mempengaruhi perilaku kosnumen dalam pembelian terhadap sayur organik. Berdasarkan dari pembahasan tersebut perlu dilakukannya penelitian tentang analisis perilaku konsumen. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis atribut-atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dan menganalisis perilaku konsumen terhadap sayur organik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2017. Lokasi penelitian pada Mall X Kota Malang dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa Kota Malang salah satu kota yang menghasilkan sayuran organik dan dipasarkan di Mall X. Penentuan responden menggunakan accidental sampling, dengan teknik penentuan sampel berdasarkan ketidaksengajaan yaitu konsumen yang secara tidak sengaja bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel dengan kriteria yang tepat sebagai sumber data. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik inferensial yang bertujuan untuk menganalisis atribut yang menjadi pertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian sayur wortel organik dan analisis kuantitaif dengan menggunakan Model Sikap Multiciri Fishbein yang bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian sayur wortel organik. Penelitian ini menghasilkan atribut yang menjadi pertimbangan konsumen adalah atribut kebersihan, kesegaran dan manfaat. Atribut kebersihan dapat dipertimbangkan karena konsumen melihat sayur wortel organik yang ada pada kemasan terlihat bersih serta kemasan dan packaging terlihat tersusun rapi dan bersih. Atribut kesegaran dapat dipertimbangkan karena konsumen melihat bahwa kesegaran dari sayur wortel organik akan mempengaruhi gizi yang terkandung. Sedangkan atribut manfaat dipertimbangkan konsumen karena sayur wortel organik memiliki gizi dan manfaat yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Keputusan konsumen terhadap pembelian sayur wortel organik bersikap dengan maksud berperilaku netral. Sikap dengan maksud berperilaku netral diakibatkan karena konsumen berpendapat bahwa untuk membeli dan mengkonsumsi sayur wortel organik tidak menjadi kebutuhan pokok sehingga konsumen lebih bersikap dengan maksud berperilaku netral. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah bagi konsumen lebih memperhatikan akan pentingnya kesehatan dengan mengkonsumsi pangan organik seperti sayur wortel organik Karena dengan mengkonsumsi sayur wortel organik lebih memiliki banyak gizi dan manfaat demi menjaga kesehatan dengan cara mengkonsumsi sayur organik yang menjadi kebutuhan setiap konsumen.

English Abstract

Nowadays consumers become smarter and more selective in choosing which products to be purchased and consumed. The condition is causing an intense competition among producers in an effort to seize consumers who are in the market to buy their products. Consumer decision in purchasing of a product is very diverse because consumers have different behavior toward each product or servicev that is needed. One of the decisions that consumers have to make is when whether they should purchase organic vegetables. Organic vegetables have some advantages such as containing vitamins, proteins, minerals, fiber, carbohydrates and water which are very useful for the body, and also they do not contain toxic compounds that can interfere the human health. These advantages should increase the amount of organic vegetables that are sold even though the roduction of is increasing, decreasing. It’s this is because, there are factors and attributes that influence consumers behavior in purchasing organic vegetables. Therefore, this research is paramount to be conducted. The purpose of this research is to analyze the attributes that become consumer considerations to purchase organic vegetables and also analyze their behavior towards organic vegetables. This research was conducted on May until June 2017 at Mall X, Malang City which was chosen based on the consideration that Malang is one of the cities that produce organic vegetables and sold them at malls, such as Mall X. Accidental sampling, was chosen to determine the number of respondents. The respondents were the buyers of organic vegetables who accidentally met with the researcher at the supermarket of Mall X. The inferential statistical test is used to analyze the attributes of consumer consideration in the purchasing decision of organic carrot vegetables. Moreover Multiciri Fishbein Attitude Model is used to analyze consumer behavior toward the purchasing decision of organic carrot vegetable. This results of this research showthat there are attributs which are hygiene, freshness and benefit. The attributes of hygiene are considered because consumers saw that carrots as the organic vegetables looked neat and clean on the package. The attributes of freshness are considered because consumers thought that the freshness of the product will influence its nutritional content. Moreover the benefits of attributes are considered by the consumers because the benefit of consuming organic vegetables could be previewed by everyone in the community. The research suggests that consumers should pay more attention to the importance of health by consuming organic food such as organic carrot vegetables. This is because by consuming organic carrot vegetables, it can give more nutrients and benefits for the sake of maintaining health which later on become the need of every consumer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/668/051710883
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 06 Dec 2017 03:08
Last Modified: 04 Jan 2022 04:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/6511
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (367kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item