Pengaruh Motivasi Pembelian dan Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif pada Produk Fashion (Survei pada Konsumen Fashion Malang Town Square Di Kota Malang)

Akhadiyah,, Rizky Fajar (2017) Pengaruh Motivasi Pembelian dan Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif pada Produk Fashion (Survei pada Konsumen Fashion Malang Town Square Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Signifikan Secara Parsial Motivasi Pembelian Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif; (2) Pengaruh Signifikan Secara Parsial Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif, dan (3) Pengaruh Signifikan Secara Bersama-sama Motivasi Pembelian dan Harga Diri Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 116 orang responden yang merupakan konsumen fashion Malang Town Square (MATOS) di Kota Malang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner. Analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan secara parsial motivasi pembelian (X1) terhadap perilaku pembelian kompulsif (Y) dengan koefisien regresi (b) sebesar 0,285 dan nilai signifikansi t sebesar 0,000 < α (0,05); (2) terdapat pengaruh signifikan secara parsial harga diri (X2) terhadap perilaku pembelian kompulsif (Y) dengan nilai koefisien regresi (b) sebesar 0,170 dan nilai signifikansi t sebesar 0,002 < α (0,05); (3) terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama motivasi pembelian (X1) dan harga diri (X2) terhadap perilaku pembelian kompulsif (Y) dengan nilai signifikansi F 0,000 < α (0,05). Disarankan agar MATOS dapat memanfaatkan motivasi pembelian konsumen yang tinggi pada produk fashion untuk kedepannya dapat dijadikan pendekatan dengan menciptakan suasana belanja yang nyaman dan menawarkan produk-produk yang menarik dan terbaru sehingga konsumen terus melakukan pembelian di MATOS.

English Abstract

This study is to determine: (1) partially significant influence of motivation Purchase on compulsive buying behavior; (2) partially significant influence of self-esteem on compulsive buying, and (3) together significant influence of motivation purchase and self-esteem on Compulsive Buying. Type of this research is used explanatory research. The sample in this research are 116 respondents who are fashion consumers of Malang Town Square (MATOS) in Malang City. Technique sampling using purposive technique sampling. Methods of collection data by spreading questionnaires. Analysis data is analysis descriptive and multiple linear regression analysis. The results showed that: (1) there was partial significant influence of purchasing motivation (X1) on compulsive buying behavior (Y) with coefficient regression (b) is 0.285 and t significance value is 0.000 < α (0,05); (2) there is partial significant influence of self-esteem (X2) on compulsive buying behavior (Y) with coefficient regression (b) is 0,170 and t significance value is 0,002 < α (0,05); (3) there is a simultant significant influence of purchasing motivation (X1) and self esteem (X2) on compulsive buying behavior (Y) with F significance value 0,000 < α (0,05). It is suggested that MATOS can used the advantage of the high consumer purchasing motivation in fashion products for the future can be approach by creating a comfortable shopping atmosphere and offer the latest and exciting products so that consumers continue to make purchases in MATOS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/388/051705052
Uncontrolled Keywords: Motivasi Pembelian, Harga Diri, Perilaku Pembelian Kompulsif
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Sugiantoro
Date Deposited: 26 Jul 2017 02:37
Last Modified: 07 Sep 2020 06:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/631
[thumbnail of Rizky Fajar Akhadiyah.pdf]
Preview
Text
Rizky Fajar Akhadiyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item