Analisis Faktor-Faktor Yang Membentuk Guerrilla Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Konsumen Produk Minuman Coca-Cola)

Ardyatma, Niko (2017) Analisis Faktor-Faktor Yang Membentuk Guerrilla Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Konsumen Produk Minuman Coca-Cola). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang membentuk Guerrilla Marketing dan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor Guerrilla Marketing terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Novelty (X1), Relevance (X2), Aestheics (X3), Clarity (X4), Humor (X5), Emotional Arousal (X6), Surprise (X7), dan Keputusan Pembelian (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang pernah melihat iklan Coca-Cola dan pernah membeli minuman Coca-Cola. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 113 responden dengan menggunakan teknik incidental sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adaah analisis statistik deskriptif, analisis faktor, dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat enam faktor yang membentuk Guerrilla Marketing, yaitu Faktor Kreativitas (F1), Faktor Kebaruan (F2), Faktor Kelucuan (F3), Faktor Kejelasan (F4), Faktor Menarik (F5), dan Faktor Identitas (F6). Model faktor dari Faktor Identitas (F6) tidak reliabel sehingga tidak diikutkan dalam analisis regresi linier berganda. Kelima faktor tersebut (F1 hingga F5) berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini dari kelima faktor Guerrilla Marketing hanya Faktor Kreativitas (F1) yang secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) sedangkan empat faktor lainnya berpengaruh tidak signifikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Faktor Kreativitas (F1) merupakan faktor yang dominan dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya pihak Coca-Cola dapat memfokuskan pada unsur kreativitas dalam pembuatan iklan seperti mengangkat momen-momen yang sehari-hari dirasakan oleh konsumen karena hal tersebut akan mampu meningkatkan pembelian konsumen terhadap produk Coca-Cola.

English Abstract

This research aims are to describe and determine the factors that form Guerrilla Marketing and to describe and determine influence among factors on purchase decision. Research type of this study is explanatory research with quantitative approach. Variable (that used) in this research are Novelty (X1), Relevance (X2), Aestheics (X3), Clarity (X4), Humor (X5), Emotional Arousal (X6), Surprise (X7), and Purchase Decision (Y). Population in this study are undergraduate student of Faculty of Administrative Science Brawijaya University who have seen Coca-Cola advertisement and have bought Coca-Cola drink. Sample that used in this study was 113 respondents with incidental sampling and data collection method using questionnaire. Data analysis that used was statistic descriptive analysis, factor analysis, and multiple regression analysis. The results showed that six factors formed of Guerrilla Marketing (that) consist of Creativity (F1), Novelty (F2), Humor (F3), Clarity (F4), Interesting (F5), and Identity (F6). The factor model of Identity Factor (F6) is not reliable so it is not to be used in multiple regression analysis. Those five factors (F1 through F5) together has significantly effects towards Purchase Decision (Y). Based on the results of this study from those five factors of Guerrilla Marketing only Creativity Factor (F1) that has partially significant effects towards Purchase Decision (Y) while the four other factors has no significantly effects. The results showed that Creativity Factor (F1) is dominant factor that affecting Purchase Decision (Y). Based on the results of this study Coca-Cola should focused on creativity element to develop their advertisement such as increase the moments that daily perceived by consumers because it is able to improve the purchase decision on coca cola product daily moment that customer feel because it will can increase purchase decision on Coca-Cola product.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/892/051710353
Uncontrolled Keywords: Guerilla Marketing, Kreativitas, Kebaruan, Kelucuan, Kejelasan, Menarik, Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 22 Nov 2017 02:34
Last Modified: 03 Dec 2020 06:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5776
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item