Electronic Word of Mouth dan Aplikasi Konsep Theory of Planned Behaviour dalam Identifikasi Niat Berkunjung (Survei Pada Pengunjung yang Menggunakan Instagram di Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan, Kota Malang)

Rachmaulida, Finanda (2017) Electronic Word of Mouth dan Aplikasi Konsep Theory of Planned Behaviour dalam Identifikasi Niat Berkunjung (Survei Pada Pengunjung yang Menggunakan Instagram di Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan cukup aktif diperbincangkan di media sosial instagram, banyak orang yang mengunggah gambar mereka yang secara tidak langsung telah menyebabkan terjadinya interaksi electronic word of mouth dari orang ke orang melalui percakapan yang terjadi pada kolom komentar pada unggahan foto tersebut. Komunikasi electronic word of mouth memungkinkan seseorang memiliki Niat untuk berkunjung ke Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan. Niat berkunjung setiap wisatawan dengan wisatawan lainnya tentu memiliki perbedaan, hal tersebut dapat dianalisis melalui konsep theory of planned behavior yang diukur berdasarkan aspek sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku pada perilaku masing-masing individu. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Electronic Word of Mouth dan Aplikasi Konsep Theory of Planned Behaviour dalam Identifikasi Niat Berkunjung (Survei pada Pengunjung yang Menggunakan Instagram di Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan, Kota Malang)”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory atau eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 200 orang responden yang merupakan pengunjung yang menggunakan instagram yang berkunjung di Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan, Kota Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan cara pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebar kuesioner dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, crosstabs, dan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Theory of Planned Behaviour dan Niat Berkunjung, Theory of Planned Behaviour juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Berkunjung. Penelitian ini menemukan bahwa Theory of Planned Behaviour memiliki peran sebagai variabel intervening serta memperkuat pengaruh electronic word of mouth terhadap niat berkunjung. Sehingga hal yang perlu dilakukan adalah memperhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi wisatawan agar perilaku mereka semakin terencana, seperti memperbaiki kualitas destinasi, meningkatkan kenyamanan, fasilitas, maupun sarana dan prasarana. Hal tersebut dapat mempengaruhi sikap wisatawan dan kontrol perilaku mereka, serta norma subjektif seperti pengaruh dari kerabat terdekat, sehingga mereka memiliki niat untuk berkunjung.

English Abstract

Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan quite actively discussed in social media instagram. Many people upload their images that indirectly generate the electronic word of mouth communication from person to person through conversation in the comment field on the photo uploads. Electronic word of mouth allows someone to have intention in visiting Kampung Wisata Warna- Warni Jodipan. Visit intention in every tourist certainly different, It can be analyzed through the concept of theory of planned behavior measured based on aspects of attitude, subjective norms, and perceived behavioral control on the behavior of each individual. Therefore, researchers interested in conducting research entitled “Electronic Word of Mouth dan Aplikasi Konsep Theory of Planned Behaviour dalam Identifikasi Niat Berkunjung (Survei pada Pengunjung yang Menggunakan Instagram di Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan, Kota Malang)”. The type of research used is explanatory research with quantitative approach. The sample used is as much as 200 respondents who are visitors that use instagram in Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan, Malang. Sampling technique in this research is using nonprobability sampling technique by taking samples using purposive sampling. Data collection method in this research is by spreading questionnaires and documentation. Data analysis in this research is descriptive analysis, crosstabs, and Partial Least Square (PLS). The results of this study indicate that Electronic Word of Mouth has a positive and significant influence to Theory of Planned Behavior and Visit Intention. Theory of Planned Behavior also has a positive and significant influence to Visit Intention. This study found that Theory of Planned Behavior has a role as intervening variable as well as strengthening the influence of Electronic Word of Mouth on Visit Intention. The things that need to be done is to pay attention to some factors that can influence tourists to their behavior more planned, such as fix the quality of destinations, increase comfort, amenities, facilities and infrastructure. It can affect tourist attitudes and control their behavior, as well as subjective norms such as the influence of their closest relatives, so they have an intention to visit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/439/051705981
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Instagram, Theory of Planned Behaviour, Niat Berkunjung, Kampung Wisata Warna-Warni Jodipan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Nov 2017 07:58
Last Modified: 30 Jan 2022 07:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5759
[thumbnail of SKRIPSI FINANDA RACHMAULIDA (135030800111016).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI FINANDA RACHMAULIDA (135030800111016).pdf

Download (17MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item