Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Daging Sapi Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Di Pasar Kolpajung, Kota Pamekasan )

Mukminah, Yulyatul (2017) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Daging Sapi Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Di Pasar Kolpajung, Kota Pamekasan ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daging sapi merupakan sumber protein hewani yang lebih baik di bandingkan dengan sumber protein nabati, karena daging sapi mengandung asam-asam amino esensial yang lebih lengkap dan seimbang serta lebih mudah dicerna. Khususnya di Kota Pamekasan konsumsi daging sapi semakin meningkat dan menyebabkan permintaan daging sapi juga akan semakin meningkat. Sehingga perlu dilakukan penelitian tentang karakteristik konsumen di pasar tradisional dalam pembelian daging sapi; perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian daging sapi; serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung, Kota Pamekasan. Penelitian dilakukan di Pasar Kolpajung, Jalan Ronggosukowati, Kolpajung, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan pada tanggal 16 Maret 2017 sampai 16 April 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumen di pasar tradisional dalam pembelian daging sapi, untuk mengetahui perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian daging sapi serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung, Kota Pamekasan. Total sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 130 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey yaitu dengan melakukan pengumpulan data primer dengan cara berkunjung langsung ke pasar Kolpajung kemudian melakukan tanya jawab dengan konsumen sebagai responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling atau berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan responden dapat digunakan sebagai sample bila cocok digunakan sebagai sumber data berdasarkan pendapat tersebut. Kemudian peneliti memberikan kuisioner kepada responden yang berbentuk suatu pernyataan dan terdapat pilihan jawaban dari pernyataan tersebut. Hasil penelitan yang dilakukan diketahui bahwa pada uji validitas nilai r hitung > r tabel (0,1723) artinya setiap indikator variabel adalah valid. Uji reliabilitas memiliki nilai alpha cronbach untuk semua variabel ≥ 0,6 sehingga semua variabel yang digunakan untuk penelitian ini yaitu reliabel. Hasil nilai Kaiser-Meyer-Olkin (KMO), semua variabel ≥ 0,5 (KMO ≥ 0,50) maka nilai tersebut adalah signifikan. Hasil uji MSA anti-image, tidak terdapat komponen yang memiliki nilai korelasi < 0,5 sehingga semua indikator dapat dianalisis faktor. Hasil analisis faktor menyatakan bahwa komponen faktor pertama yang mempengaruhi keputusan pembelian memiliki nilai eigenvalues sebesar 4,392; nilai tersebut merupakan nilai terbesar sehingga faktor ini menerangkan keragaman data sebesar 25,834%. Berdasarkan uji asumsi klasik, hasil setiap uji sudah memenuhi syarat, sehingga dapat dilanjutkan uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda situasional dan promosi; harga dan tempat; kondisi konsumen berdasarkan promosi dan produk; peraturan, budaya dan keluarga; dan karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung. Didapat persamaan regresi Y = 15,798 + 0,934 F1 + 0,527 F2 + 0,885 F3 + 1,121 F4 + 0,678 F5 . Diperoleh nilai R Square (R2) sebesar 0,613 yang artinya keputusan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung dipengaruhi oleh indeks situasional dan promosi; indeks harga dan tempat; indeks kondisi konsumen berdasarkan promosi dan produk; indeks peraturan, budaya dan keluarga; serta karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin sebesar 61,3 % sementara sisanya adalah sebesar 38,7 % dipengaruhi oleh indeks lain di luar penelitian ini. Hasil perhitungan 19,589 > 1,87 atau nilai Sig. F (0,000) < α = 0.05 dan juga 1,97912 dan Sig. (0,000) < 0,05 maka adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Karakteristik responden yang melakukan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung, Kota Pamekasan yaitu ibu rumah tangga berumur 25 - 30 tahun lulusan SMA/Sederajat dengan pendapatan rumah tangga sebesar Rp. 1.500.000 - Rp. 2.500.000. Pengambilan keputusan pembelian daging sapi di pasar Kolpajung, lebih didasarkan adanya kesesuaian harga dan kualitas daging sapi dengan keinginan konsumen, dari pada indikator lainnya yaitu mencari variasi atau coba-coba; adanya kepuasan dari pembelian sebelumnya; serta tidak ada waktu untuk mencari alternatif. Keputusan konsumen dalam membeli daging sapi dipengaruhi terutama oleh variabel keluarga yang tergabung dalam indeks peraturan, budaya dan keluarga; sedangkan variabel lingkungan pasar tergabung dalam indeks situasional dan promosi; variabel kondisi konsumen tergabung dalam indeks kondisi konsumen berdasarkan promosi dan produk; serta konsumen wanita menjadi pertimbangan menjadi pertimbangan kedua bagi konsumen dalam pengambilan keputusan membeli daging sapi. Variabel persepsi berdasarkan harga produk yang tergabung dalam indeks harga produk dan tempat penjualan menjadi pertimbangan terakhir bagi konsumen dalam pengambilan keputusan membeli daging sapi.

English Abstract

The study was conducted at the Kolpajung market, Pamekasan City on March 16, 2017 until April 16, 2017. The purpose of this research was to investigate the characteristics of consumers purchasing decision toward beef, the making of consumers behavior purchasing decision toward beef, to determine the factors that influence consumers behavior purchasing decision toward beef at Kolpajung market, Pamekasan City. 130 respondents represent were consumers at Kolpajung market. Data collection is done for one month. The research method used is survey method as primary data and secondary data. Sampling method used is Accidental Sampling method. Descriptive, factor and regression analysis were applied to analysis the data. Results of this research was first, characteristics of consumers who purchase beef in the market Kolpajung, Pamekasan city was a housewife aged 25-30 years with senior high school education and household income of IDR. 1,500,000 - IDR. 2,500,000. Second, purchase decision making in the market Kolpajung beef, more based on the suitability of price and quality of beef with the desire of consumers, than other indicators including looking for variation or trial and error; the satisfaction of previous purchases; and there was no time to find alternatives. Third, consumer buying decision toward beef was influenced mainly by family variables that incorporated in the regulatory, culture and family index; followed by the market environment variable which included into situational and promotional index; consumer condition variable that incorporated in the consumer condition based on promotion and product index; and female consumers second consideration in the decision for buying beef. While perception product price when mixed in price product and place of sale index become the last consideration for buying beef.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPT/2017/259/051709855
Uncontrolled Keywords: variabel keluarga, variabel lingkungan pasar, varabel kondisi konsumen, konsumen wanita, variabel persepsi berdasarkan harga produk. variable family, variable market environment, variable consumer condition, female consumers, variable perception based on product price.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Nov 2017 06:38
Last Modified: 18 Nov 2020 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5548
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item