Rahmawati, Widya Asri (2017) Pengaruh Social Media Marketing Melalui Akun Instagram Starbucks Indonesia Terhadap Minat Pembelian Followers Akun Instagram Starbucks Indonesia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Social Media Marketing (SMM) merupakan upaya menggunakan social media untuk membujuk konsumen tentang produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan (Neti, 2013, h.3). Beberapa penelitian menghasilkan temuan bahwa SMM berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya Minat Pembelian, Namun pada penelitian tersebut hanya sebatas pada social media Facebook, Twitter, dan LINE. Pada penelitian ini akan lebih mengarah pada penggunaan Instagram dikarenakan social media Instagram saat ini telah menjadi alat pemasaran yang digemari untuk membantu sebuah brand menjangkau sejumlah besar pengguna (Despard, 2015, h.4., Goor, 2012, h.4). Terbukti bahwa ada 22 juta pengguna aktif Instagram di Indonesia, karena kepopuleran Instagram tersebut para pemasar sangat tertarik untuk menggunakan instagram sebagai media bisnis mereka (Fajrina, 2016., Wally & Koshy, 2014, h.2). Namun masih belum ada penelitian secara langsung mengenai SMM melalui social media Instagram terhadap Minat Pembelian. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh SMM melalui Instagram terhadap Minat Pembelian para followers. Sebagai variabel independen yaitu SMM (X) yang terdiri dari 5 indikator (entertainment, cuztomization, interaction, word of mouth, dan trend). Sebagai variabel dependen yaitu Minat Pembelian (Y) yang terdiri dari 3 indikator (minat, keinginan, rekomendasi). Diduga bahwa SMM memiliki pengaruh terhadap Minat Pembelian. Penelitian ini berfokus pada SMM yang dilakukan melalui akun Instagram Starbucks Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang memang menggunakan social media sebagai strategi pemasaran mereka. Responden dalam penelitian ini adalah para followers akun Instagram Starbucks Indonesia. Hasil penelitian menggunakan analisis data regresi sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara SMM yang dilakukan melalui akun Instagram terhadap Minat Pembelian para followers. Penelitian ini menemukan bahwa followers mendapatkan kemudahan dalam pencarian informasi sesuai yang mereka inginkan serta kemudahan penggunaan instagram kapan saja dan dimana saja. Followers menjadi lebih mudah mengumpulkan informasi terkait produk yang ditawarkan oleh Starbucks melalui akun Instagram mereka, hal ini menjadi salah satu yang meningkatkan Minat Pembelian para followers terhadap produk yang ditawarkan Starbucks melalui social media Instagram.
English Abstract
Social Media Marketing (SMM) is an effort to use social media to persuade consumers about the products or services offered by the company (Neti, 2013, p.3). Several studies have resulted in the finding that SMM’s have a significant effect on increasing Purchases Intention, but the research is limited to Facebook, Twitter and LINE. In this research will be more directed to the use Instagram because social media Instagram now has become a popular marketing tool to help a brand reach a large number of users (Despard, 2015, h.4., Goor, 2012, p.4). It is proven that there are 22 million active users of instagram in Indonesia, because of the popularity of instagram marketers are very interested to use Instagram as their business media (Fajrina, 2016., Wally & Koshy, 2014, p.2). But there is still no direct research on SMM through Instagram social media on Purchase Intention. Therefore, this study aims to investigate the effect of SMM through Instagram on Purchase Intention. As an independent variable that is SMM (X) which consists of 5 indicators (entertainment, cuztomization, interaction, word of mouth, and trend). As the dependent variable is Purchase Intention (Y) which consists of 3 indicators (interests, desires, recommendations). It is alleged that SMM has an influence on Purchase Intention. This research will focus on SMM conducted through Starbucks Indonesia’s Instagram account as one company that is using social media as their marketing strategy. The respondents in this research were followers of Instagram Starbucks Indonesia account. The results of research using simple linear regression analysis data shows that there is a significant influence between the SMM made through Instagram account on follower’s Purchase Intention. This study found that followers get the ease in searching for information as they wish and ease of use Instagram anytime and anywhere. Followers are finding it easier to collect information related to the products that Starbucks offers through their Instagram account, this is one that increases the Purchase Intention of Starbucks products through Instagram.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2017/872/051711205 |
Uncontrolled Keywords: | Social Media Marketing, Starbucks Indonesia, New Media, Instagram, Minat Pembelian |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media > 302.231 068 8 Internet marketing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 13 Nov 2017 06:07 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 04:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5353 |
![]() |
Text
Widya Asri Rahmawati.pdf Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |