Pengaruh Keterlibatan Personal Terhadap Pencarian Informasi Dan Minat Pembelian (Studi Kuantitatif Pada Iklan Online Dengan Format Remarketing Ads Menggunakan Analisis Elaboration Likelihood Model)

Agustin, Cintya Kurnia (2017) Pengaruh Keterlibatan Personal Terhadap Pencarian Informasi Dan Minat Pembelian (Studi Kuantitatif Pada Iklan Online Dengan Format Remarketing Ads Menggunakan Analisis Elaboration Likelihood Model). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menguji konsep keterlibatan pada iklan online. Keterlibatan didefinisikan sebagai sebuah relevansi personal yang dianggap penting pada pesan persuasi dan kajian Elaboration Likelihood Model. Konsep awal keterlibatan dari Petty & Cacioppo menyatakan bahwa orang pada keterlibatan tinggi akan sulit untuk diubah perilakunya daripada orang pada keterlibatan rendah. Sementara pada iklan ini menguji iklan berformat remarketing ads yang mencoba untuk menumbuhkan relevansi personal kepada konsumen dengan menampilkan iklan secara berulang-ulang terkait produk yang mereka lihat sebelumnya. Untuk itu pada penelitian ini menguji bagaimana pengaruh keterlibatan terhadap pencarian informasi dan minat pembelian pada iklan online berformat remarketing ads. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif yang bermaksud untuk menjelaskan hubungan sebab akibat antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis MANOVA dengan keterlibatan personal (X1) sebagai variabel independen, pencarian informasi (Y1) dan minat pembelian (Y2) sebagai variabel dependen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara keterlibatan personal baik pada kelompok keterlibatan tinggi maupun kelompok keterlibatan rendah terhadap pencarian informasi dan minat pembelian. Besar pengaruh variabel keterlibatan personal terhadap pencarian informasi dan minat pembelian sebesar 0,380. Pada keterlibatan tinggi orang akan cenderung untuk mencari informasi mengenai produk yang terdapat pada iklan berformat remarketing ads daripada orang yang berada pada keterlibatan rendah. Selain itu orang pada keterlibatan tinggi juga akan cenderung untuk berminat membeli produk yang diiklankan pada remarketing ads daripada orang yang berada pada keterlibatan rendah. Pada penelitian ini juga menemukan bahwa meskipun remarketing ads berusaha untuk memunculkan relevansi personal, tidak semua orang yang terpapar remarketing ads berada pada keterlibatan tinggi.

English Abstract

This research examines the concept of involvement on online advertising. Involvement is defined as q personal relevance that’s being important for persuasive message specifically for Elaboration Likelihood Model. The initial concept of involvement from Petty & Cacioppo stated that people at high involvement will find it difficult to change their attitude than in low involvement. Meanwhile in this research examines advertising which is formatted remarketing ads that tries to bring out the personal relevance to consumer by shows them an ad about product that they’ve been seen before repeatedly. Therefore, this research examines how the influence of involvement toward information search and purchase intention on remarketing ads This research uses explanative quantitative methods which try to explain the causality between two or more variables. Data is analyzed by MANOVA which personal involvement (X1) as the independent variable, information search (Y1) and purchase intention(Y2) as dependent variables. Collecting data is done by online survey to 100 respondents. The result of this research stated that there is a significant influence between personal involvement (low and high involvement) and information search and purchase intention. The amount of influence between three variables are 0,380. In high involvement people will tend to search information about product on remarketing ads than low involvement. Moreover, in high involvement people tend to interested to purchase than people in low involvement. This research also stated that although remarketing ads tries to build personal relevance to consumer, not all of people who are exposed by remarketing ads are on the high involvement or remarketing ads can’t build personal relevance by showing ads multiple times

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKRT/FIS/2017/803/051711138
Uncontrolled Keywords: keterlibatan personal, keterlibatan tinggi, keterlibatan rendah, Elaboration Likelihood Model, remarketing ads, pencarian informasi, minat pembelian, kuantitatif eksplanatif,
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media > 302.231 068 8 Internet marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Nov 2017 02:45
Last Modified: 25 Nov 2020 06:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/5155
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item