Analisis Pengaruh Ikatan Pelanggan (Customer Bonding) Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Organik Di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik Kota Malang

Ningrum, Wida Ayu Pramesti Widya (2017) Analisis Pengaruh Ikatan Pelanggan (Customer Bonding) Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Organik Di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar terbatas menjadi salah satu kendala penjualan produk organik, dikarenakan munculnya pelaku organik baru berpotensi menimbulkan persaingan antar pelaku organik yang satu dengan yang lain. Selain itu, harga produk organik yang mahal juga menjadi kendala terhadap pemasaran produk organik. Kondisi tersebut menuntut pelaku organik berupaya keras mempertahankan pelanggannya agar tetap membeli produk organik. Tujuan pelaku organik mempertahankan pelanggan semata untuk mendapatkan pendapatan yang lebih, mengingat besarnya biaya sertifikasi produk organik yang dilakukan setiap tiga tahun sekali. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut melalui pengikatan atau bonding kepada pelanggan menggunakan strategi customer bonding. Vigur Organik menjadi salah satu pelaku usaha organik yang dihadapkan dengan tantangan pasar yang terbatas dan mahalnya biaya sertifikasi organik. Upaya untuk menghadapi tantangan tersebut dilakukan melalui penerapan strategi customer bonding untuk mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan menciptakan loyalitas pelanggan. Strategi customer bonding dilakukan oleh Vigur Organik akibat menurunnya jumlah pelanggan, ketidakpastian kuantitas pembelian pelanggan, dan mulai banyaknya pesaing yang berada di wilayah dalam dan luar Kota Malang. Implementasi strategi tersebut dilakukan melalui awareness bonding, identifying bonding, relationship bonding, community bonding, dan advocacy bonding. Berdasarkan upaya yang telah dilakukan Vigur Organik, mendorong peneliti melakukan penelitian dengan judul Analisis Pengaruh Ikatan Pelanggan (Customer Bonding) terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Organik di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini (1) untuk menganalisis pengaruh ikatan pelanggan (customer bonding) terhadap loyalitas pelanggan produk organik di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik Kota Malang (2) untuk menganalisis ikatan dominan yang berpengaruh nyata terhadap loyalitas pelanggan produk organik di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di Kelompok Wanita Tani Vigur Organik yang berlokasi di Perumahan Villa Gunung Buring, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Lokasi tersebut ditentukan secara purposive atas dasar bahwa Vigur Organik menjadi salah satu kelompok wanita tani aktif yang berprestasi di Kota Malang dan telah melakukan upaya mengikat pelanggan. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan produk organik Vi-O yang telah terdata sebagai pelanggan tetap berjumlah 53 orang, sehingga penentuan responden menggunakan metode sensus. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada pelanggan produk organik. Sedangkan pengumpulan data sekunder dilakukan dengan teknik dokumentasi. Metode analisis data menggunakan alat analisis statistika yakni regresi linear berganda. Selanjutnya gambaran umum tempat penelitian, hasil karakteristik responden, dan hasil analisis dijelaskan secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara simultan atau secara bersama-sama variabel bebas ikatan pelanggan (customer bonding) yang terdiri dari awareness bonding, identifying bonding, relationship bonding, community bonding, advocacy bonding berpengaruh secara nyata dan signifikan terhadap variabel terikatnya yakni loyalitas pelanggan. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai Fhitung > Ftabel (13.734>2.412) dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Selanjutnya secara parsial ikatan pelanggan yang berpengaruh nyata dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan adalah awareness bonding dan advocacy bonding yang ditunjukkan dari nilai t hitung > t tabel . Variabel awareness bonding mempunyai nilai thitung sebesar 2.030 lebih besar dari ttabel 2.011 dan variabel advocacy bonding mempunyai nilai thitung sebesar 3.355 lebih besar dari ttabel 2.011 dengan taraf signifikansi kurang dari 0,05. Ikatan pelanggan yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan produk organik adalah advocacy bonding yang mempunyai nilai koefisien beta terbesar 0,524. Nilai R-square yang didapat dalam penelitian ini sebesar 59,4% yang berarti bahwa sebesar 59,4% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh strategi customer bonding dan sisanya 40,6 % dipengaruhi oleh faktor lain.

English Abstract

The limited market becomes one of the obstacles to the sale of organic products, because the emergence of new organic actors has the potential to create competition among organic actors with the others. In addition, the price of expensive organic products is also an obstacle to the marketing of organic products. These conditions require organic actors to strive retaining customers to keep buying organic products. The goal of organic actors is to keep customers solely earning more revenue, given the high cost of certification of organic products conducted every three years. Efforts that can be done to overcome these obstacles through bonding to customers using customer bonding strategy. Vigur Organik becomes one of the organic business actors faced with limited market challenge and high cost of organic certification. The effort to address these challenges is through the implementation of customer bonding strategies to maintain customer relationships and create customer loyalty. Customer bonding strategy is done by the Vigur Organik due to the decreasing number of customers, the uncertainty of the quantity of customer purchases, and the number of new competitors who are in the region inside and outside Kota Malang. Implementation of the strategy is done through awareness bonding, identifying bonding, relationship bonding, community bonding, and advocacy bonding. Based on the efforts that have been done Vigur Organik, encouraging researchers to conduct research with the title Analysis of Customer Bonding Influence Toward Organic Product Customer Loyalty in Kelompok Wanita Tani Vigur Organik Malang. The purpose of this research (1) to analyze of customer bonding influence toward organic product customer loyalty in Kelompok Wanita Tani Vigur Organik Malang, and (2) to analyze dominant bond influence toward organic product customer loyalty in Kelompok Wanita Tani Vigur Organik Malang. This research was conducted at Kelompok Wanita Tani Vigur Organik located at Villa Gunung Buring, Kedungkandang, Malang. The location is determined purposive on the basis that the Vigur Organic become one of the active achieving farmer groups in Malang and has made efforts to bond the customers. Respondents in this research are organic product customers who have been recorded as a regular customer amount 53 people so that the determination of respondents using the census. Primary data collection was done by distributing questionnaires to customers of organic products. Secondary data collection is done by documentation technique. This research used multiple linear regression for data analysis. Furthermore the general description of the place of research, the results of the characteristics of respondents, and the results of the analysis described descriptively. The result of data analysis shows that simultaneously of independent variable of customer bonding consists of awareness bonding variable, identifying bonding variable, relationship bonding variable, community bonding variable, advocacy bonding variables significantly influences the dependent variable of customer loyalty. It is shown from the value of Fcount> Ftable (13.734> 2.412) with a significance value less than 0.05. Further partially customer bond that significantly influences customer loyalty are awareness bonding and advocacy bonding shown from the value of tcount > ttable. The awareness bonding variable has tcount value of 2.030 more than ttable 2.011 and advocacy bonding variables have tcount value of 3.355 more than ttable 2.011 with significance level less than 0.05. The customer bond that dominantly influences the loyalty of the organic product customers is advocacy bonding which has the largest beta coefficient value of 0.524. The value of R-square obtained in this study is 59,4%, which means that 59,4% of customer loyalty is influenced by customer bonding efforts and the remaining 40,6% is influenced by other factors.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2017/374/051707565
Uncontrolled Keywords: Produk Organik, Customer Bonding, Loyalitas Pelanggan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 06 Nov 2017 06:33
Last Modified: 27 Jun 2022 02:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4912
[thumbnail of WIDA AYU PRAMESTI WIDYA NINGRUM.pdf] Text
WIDA AYU PRAMESTI WIDYA NINGRUM.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item