Desita, Dinda Firda (2017) Analisis Atribut Dan Sikap Konsumen Terhadap Pembelian Jeruk Baby Java Di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Jeruk merupakan salah satu komoditas buah unggulan di Indonesia. Kecamatan Dau menempati posisi pertama untuk jumlah produksi jeruk pada tahun 2016 yaitu sebesar 788.025 kuintal (BPS Kabupaten Malang, 2016). Produsen jeruk Baby Java harus mengetahui selera konsumen, sehingga jeruk Baby Java dapat diterima oleh masyarakat dan dapat terus berkembang. Kondisi persaingan dalam pemasaran jeruk Baby Java berdampak terhadap konsumen. Banyaknya pilihan konsumen dalam membeli menyebabkan konsumen lebih selektif dalam memilih buah jeruk Baby Java yang diinginkan. Pemahaman tentang konsumen penting dilakukan untuk mengetahui atribut-atribut jeruk Baby Java yang dinilai positif oleh konsumen sehingga jeruk Baby Java dapat menimbulkan kepercayaan dan kepuasaan kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen jeruk Baby Java; 2) Menganalisis atribut-atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam pembelian jeruk Baby Java; dan 3) Menganalisis sikap konsumen terhadap pembelian jeruk Baby Java. Jenis pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penentuan lokasi penelitian ditentukan secara purposive, dengan pertimbangan bahwa Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang merupakan sentra utama produksi buah jeruk Baby Java yang ada di Kabupaten Malang. Metode penentuan responden menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis Cochran Q test, uji validitas, uji reliabilitas dan metodE Fishbein. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa : 1) Konsumen yang mengonsumsi jeruk Baby Java sebagian besar adalah wanita yaitu sebanyak 35 orang. Sebagian besar konsumen berumur >35 tahun yang pendidikan terakhirnya adalah S1. Jika dilihat dari pendapatan perbulan, rata-rata responden memiliki pendapatan Rp 1.000.000-3.000.000, yang sebagian besar memiliki pekerjaan sebagai pegawai swasta; 2) Uji Cochran Q terdiri dari 7 atribut namun hanya 5 atribut yang dipertimbangkan konsumen yaitu atribut manfaat, rasa, harga, kesegaran dan masa simpan; dan 3) Sikap konsumen terhadap jeruk Baby Java adalah netral yaitu sebesar 46%. Kesadaran konsumen akan atribut produk tidak tergolong tinggi ataupun rendah serta konsumen cenderung biasa aja dalam menaruh kepercayaan terhadap atribut jeruk Baby Java. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah 1) Diharapkan dapat mempermudah produsen untuk memasarkan produk jeruk Baby Java sesuai dengan target pasar; 2) Produsen dapat lebih memperhatikan keunggulan dari masing-masing atribut yang dipertimbangkan konsumen; dan 3) Sebaiknya produsen harus mengikuti dan memahami keinginan konsumen yang nantinya akan berpengaruh terhadap sikap konsumen. Semakin positif sikap konsumen maka ketertarikan dalam membeli jeruk Baby Java akan semakin tinggi.
English Abstract
Orange is one of the leading fruit commodities in Indonesia. Dau Subdistrict occupies the first position for the amount of orange production in 2016 that is equal to 788,025 quintal (BPS Malang District, 2016). Baby Java orange manufacturers need to know the tastes of consumers, so the Baby Java orange can be accepted by the community and continue to grow. The conditions of marketing competition of Baby Java oranges has an impact on cunsumers. The large number of consumer choice in buying causes consumers to be more selective in choosing desired Baby Java orange. An understanding of the consumer is important to know the attributes of the Baby Java oranges which was evaluated positively by consumers that Baby Java orange can generate confidence and the satisfaction to consumers. This research have purposes to: 1) Identify the characteristics of consumers Baby Java orange; 2) Analyze the attributes that consumers consider the purchase of Baby Java orange; and 3) Analyze consumer attitude toward purchase of Baby Java orange. This type of research approach is quantitative research. The method of determining the location determined by purposive research, with the consideration that Selorejo Village, District Dau, Malang is a major center for the production of Baby Java orange in Malang. The method to determine the respondents use non-probability sampling with accidental sampling technique. Analysis of the data in this research is descriptive analysis and quantitative analysis using the Cochran Q test analysis, validity test, reliability test and Fishbein method. The results of this research showed that: 1) Consumers who consume Baby Java orange is women as much 35 people. Most consumers aged >35 years whose last education is bachelor. When viewed from monthly income, the average respondent has an income from Rp 1,000,000-3,000,000, and most of their jobs is a private employees; 2) Cochran Q test consists of 7 attributes but only 5 attributes that consumers consider, the attributes is benefits, flavours, price, freshness and shelf life; and 3) Consumer attitude toward Baby Java orange is neutral that is equal to 46%. Consumer awareness of product attributes is not high or not low and ordinary consumers tend wrote in reliance on attribute Baby Java orange. Suggestions can be given in this research are 1) Expected to facilitate manufacturers to market products Baby Java orange line with the target of market; 2) Manufacturers can pay more attention to the advantages of each attribute that consumer consider; and 3) Manufacturers should follow and understand consumer desires that will affect consumer attitudes. The more positive consumer attitude, interest in purchase Baby Java orange will be higher.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2017/398/051707589 |
Uncontrolled Keywords: | Jeruk Baby Java, Keputusan Pembelian, Atribut, Sikap Konsumen |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 03 Nov 2017 06:36 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4847 |
![]() |
Text
DINDA FIRDA DESITA.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |