Pangestu, Regina Heidy (2017) Pengaruh Faktor Sosial Dan Faktor Pribadi Pasien Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pasien Nina Dental Clinic Cabang Sawojajar, Kota Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan dunia bisnis menciptakan berbagai macam-macam bisnis jasa yang berkembang di masyarakat. Persaingan bisnis di kota Malang semakin variatif, termasuk usaha klinik. Salah satu usaha klinik yang sedang digemari banyak orang atau sedang trend yaitu klinik gigi. Pengaruh faktor sosial dan faktor pribadi menjadi penentu bagi konsumen untuk mengambil keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor sosial dan faktor pribadi dalam keputusan pembelian khususnya bagi pasien Nina Dental Clinic. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pasien di Nina Dental Clinic dengan sampel sejumlah 106 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasi dan analisis regresi liniear berganda dengan menggunakan software SPSS versi 21.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Faktor Sosial (X1) dan Faktor Pribadi (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada pasien Nina Dental Clinic. Variabel Faktor Sosial (X1) dan Faktor Pribadi (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian pada pasien Nina Dental Clinic.Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,415 yang artinya besarnya kontribusi pengaruh variabel faktor sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian di NDC (Nina Dental Clinic) sebesar 41,5% sedangkan sisanya 58,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
English Abstract
The development of the business world creates a wide range of service businesses that thrive in society. Business competition in Malang varied increasing, including clinic business. One of the clinic’s being liked a lot people is dental clinic. The influence of social factors and personal factors becomes decisive for consumers to make purchasing decisions. This study aims to determine and explain the influence of social factors and personal factors in purchasing decisions, especially for Nina Dental Clinic patients Type of research that used in this research is explanatory research. In this study the population is Nina Dental Clinic patients with 106 people for the sample. The sampling technique used in this study used Slovin formula. Analysis technic of this data used is descriptive analysis, cluster assumption test and multiple liniear regression analysis using SPSS version 21.0 for windows. The results showed that Social Factor (X1) and Personal Factor (X2) have positive influence and partially significant on purchasing decision in Nina Dental Clinic patient. Variable Social Factor (X1) and Personal Factor (X2) have positive and significant influence simultaneously to purchasing decision in Nina Dental Clinic patient. The value of determination coefficient is 0,415 which means contribution of social factor variable and personal factor to purchase decision in NDC Nina Dental Clinic) is 41.5% while the remaining 58.5% influenced by other factors not used in this study.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/827/051709099 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 07:12 |
Last Modified: | 25 Nov 2020 11:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |