Pengaruh Orientasi Pasar, Peluang Teknologi dan Strategi Kompetitif terhadap Kinerja UKM Keripik Tempe di Kota Malang

Halida, Siti Lailatul Mufida (2017) Pengaruh Orientasi Pasar, Peluang Teknologi dan Strategi Kompetitif terhadap Kinerja UKM Keripik Tempe di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sentra industri Sanan merupakan salah satu sentra yang ada di Kota Malang yang memproduksi produk keripik tempe. Keripik tempe merupakan makanan olahan dari bahan tempe dan sangat berpotensi menjadi komoditas khas Malang, karena keripik tempe telah menjadi produk oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Saat ini, Industri Keripik tempe semakin berkembang di Kota Malang disebabkan banyaknya merek-merek keripik tempe yang beredar di pasar. Kondisi ini dapat memicu tingkat daya saing terhadap suatu produk sehingga perlu adanya penerapan strategi dalam meningkatkan pemasaran. Terdapat banyak faktor yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja suatu usaha salah satunya orientasi pasar, peluang teknologi dan strategi kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji dan menjelaskan pengaruh dari orientasi pasar, peluang teknologi dan strategi kompetitif terhadap kinerja UKM. Penelitian dilakukan pada UKM Sentra Keripik Sanan Kota Malang dengan mengambil sampel penelitian sebanyak 60 responden yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul diuji validitas, reliabilita dan linearitas menggunakan software SPSS 17. Untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap kinerja usaha, maka data dianalisis menggunakan metodePartial Least Square dengan software SmartPLS3.0. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa orientasi pasar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja usaha, orientasi pasar berpengaruh signifikan positif terhadap strategi kompetitif, serta strategi kompetitif berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja usaha. Pengaruh moderasi peluang teknologi terhadap hubungan antara orientasi pasar terhadap strategi kompetitif tidak signifikan sehingga peluang teknologi berfungsi sebagai prediktor terhadap strategi kompetitif. Selanjutnya, strategi kompetitif memediasi secara partial hubungan antara orientasi pasar terhadap kinerja usaha.

English Abstract

.Sanan industrial center is centers of produce tempeh chips products. Tempeh chips are processed foods from tempeh and very potential to be a typical commodity of Malang, becaused tempeh chips have become a souvenir product for tourists who visited in Malang. Currently, Tempeh Chips Industry is growing in Malang city due to the many brands of tempeh chips that are circulating in the market.this condition can trigger the level of competiveness of a product so that the need for the implementation of strategies in improving marketing. There are many factors that can be used to improve the business performance, such as market orientation, technological opportunism and competitive strategies. The aim of this research to analyze, test and determine effects of market orientation, technological opportunism and competitive strategies on performance of SMEs. The research was conducted on SMEs of Sanan Industrial Center Malang by taking sample of research as many as 60 respondents selected based on purposive sampling technique. The collected data is tested for validity, reliability and linearity using SPSS 17 software. To know the influence of these factors on business performance, the data is analyzed using partial least square method with SmartPLS 3.0 software. The results of hypothesis testing shows that market orientation positive and significantly on business performance, market orientation positive and significantly on competitive strategies, and competitive strategies positive and significantly on business performance. The effect moderation of technological opportunism on the relationship between market orientation to competitive strategies is significantly so that technological opportunism serve as predictors of competitive strategies. Furthermore, competitive strategies mediate partially the relationship of market orientation to business performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/329/051709176
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasar, Peluang Teknologi, Strategi Kompetitif dan Kinerja
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.35 Spesific food from plant crops
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:05
Last Modified: 12 Aug 2020 08:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/4026
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item