Haryadi, Bagus Tri (2017) Analisis Segmentasi Pasar Berdasarkan Faktor Psikografis Dan Faktor Demografis Perusahaan Teknologi Pada Layanaan Jasa Transportasi Berbasis Online Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis segmentasi pasar yang terbentuk berdasarkan faktor psikografis dan faktor demografis konsumen jasa transportasi online di Kota Malang dengan menggunakan tehnik analisis klaster. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil responden sebanyak 328 responden. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa segmentasi pasar berdasarkan faktor psikografis konsumen jasa transportasi online dibagi dalam tiga variabel yang terdiri atas aktivitas, minat, dan opini, Sedangkan faktor demografis konsumen jasa transportasi online dibagi dalam lima variabel yang terdiri atas usia, jenis kelamin, penghasilan, pendidikan, dan kelas sosial. Variabel aktivitas, minat, opini, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan penghasilan menghasilkan dua klaster dan variabel kelas sosial menghasilkan tiga klaster yang berisi produk – produk jasa transortasi online tertentu. Dari produk-produk tersebut diketahui bahwa produk jasa transportai online Gojek, Uber, dan Grab mempunyai brand image yang kuat di benak konsumen, dibandingkan dengan produk jasa transportasi online lainnya.
English Abstract
This study aims to identify and analyze market segmentation which is formed by psychographic and demographic factors of consumers of online-based transportation services in Malang using cluster analysis technique. The respondents of this research are 328 people. The results of the analysis indicate that market segmentation based on psychographic factor of online-based transportation services consumer is divided into three variables: they are activities, interests and opinions. Demographic factor of online-based transportation service consumer is divided into five variables: they are age, sex, income, education , and social class. Variables of activities, interests, opinions, age, sex, education, and income produces two clusters and variable social class yielded three clusters that contain certain online-based transportation services products. Of such products, it is identified that products of online-based transportation service of Gojek, Uber, and Grab have a strong brand image in the minds of consumers than other online-based transportation services products.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2017/406/051708880 |
Uncontrolled Keywords: | Segmentasi Psikografis, Segmentasi Demografis, Analisis klaster |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 22 Sep 2017 01:24 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 07:58 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2820 |
![]() |
Text
Bagus Tri Haryadi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |