Pengembangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pada Toko Sepatu Aneka Sport Malang Dengan Metode Kerangka Kerja Dynamic CRM

Zulfata, Ghaniyu (2017) Pengembangan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Pada Toko Sepatu Aneka Sport Malang Dengan Metode Kerangka Kerja Dynamic CRM. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mengelola hubungan dengan pelanggan merupakan salah satu strategi perusahaan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap penggunaan produk/jasa yang ditawarkan perusahaan. Persaingan bisnis yang semakin berkembang pesat dan perkembangan teknologi informasi menjadi alasan perusahaan untuk mengubah pemikiran perusahaan terhadap bisnis, yang dulunya berorientasi pada keuntungan ke arah faktor-faktor potensial seperti tingkat kepuasan pelanggan. Hal ini mendorong perusahaan untuk memanfaatkan teknologi dalam memelihara hubungan baik dengan pelanggan agar dapat terbentuk loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun perangkat lunak Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) pada toko sepatu Aneka Sport Malang dengan menggunakan metode framework dynamic of Customer Relationship Management yang digunakan sebagai teknologi yang dapat membantu pihak toko mengelola hubungannya dengan para pelanggan sehingga pelanggan mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dalam mendapatkan informasi yang pada akhirnya akan dapat terbentuk loyalitas pelanggan. Metode framewok dynamic of CRM digunakan untuk menganalisis kebutuhan sistem berdasarkan informasi yang didapat dari pelanggan, untuk pelanggan dan oleh pelanggan. Pada implementasi perangkat lunak ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dan dibangun berbasis website dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySql. Pada pengujian fungsional, perangkat lunak ini diuji dengan menggunakan white-box testing yang menunjukkan bahwa 3 fungsi dapat berjalan dengan tepat dan black-box testing menunjukkan 23 fungsi berjalan dengan baik. Sedangkan pada pengujian non-fungsional, perangkat lunak ini diuji dengan menggunakan pengujian kompatibilitas yang menunjukkan sistem dapat berjalan dengan baik pada 8 jenis perambah web, dan pengujian user acceptance yang menunjukkan hasil 81,9% pengguna setuju menggunakan sistem E-CRM Aneka Sport, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak ini telah berhasil dikembangkan sesuai dengan perancangan dan dapat diterima oleh pengguna.

English Abstract

Managing customer relationships is one of the company's strategies to increase customer loyalty to the use of products / services offered by the company. The business competition growing rapidly and the development of information technology became the reason for the company to change the company's thinking on business, which was once oriented toward the advantages of the direction factor. This encourages companies to take advantage of technology in maintaining good relationships with customers in order to create customer loyalty. This research is aimed to build Customer Relationship Management (E-CRM) software in Aneka Sport shoe shop in Malang by using dynamic relationship management method which is used as technology that can help the shop along with the customers so that the customers feel comfortable. In the end will be formed customer loyalty. The framewok method of CRM dynamics is used to analyze information needs obtained from customers, for customers and by customers. In this software implementation using waterfall system development method and built based website with PHP programming language and MySql database. In functional testing, the software is tested using white-box testing which shows that 3 functions can run correctly and black-box testing shows 23 functions running well. While in non-functional testing, this software is tested by using compatibility testing that shows the system can run well on 8 types of web browser, and user acceptance test that shows the results of 81.9% of users agree using the Aneka Sport E-CRM system, then It can be concluded that this software has been successfully developed in accordance with the design and can be accepted by the user.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2017/421/051707743
Uncontrolled Keywords: CRM, Framework of Dynamic CRM, E-CRM, pelanggan, loyalitas, website
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.81 Sales management > 658.812 Customer relations > 658.812 028 5 Customer relations--Computer programs
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Yusuf Dwi N.
Date Deposited: 20 Sep 2017 08:32
Last Modified: 14 Sep 2020 17:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2815
[thumbnail of Ghaniyu Zulfata.pdf]
Preview
Text
Ghaniyu Zulfata.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item