Pengaruh Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Museum (Survei Pada Wisatawan Museum Angkut Batu Jawa Timur)

Royanti, Imelda Kartini (2017) Pengaruh Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Museum (Survei Pada Wisatawan Museum Angkut Batu Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu tempat wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi adalah Museum Angkut. Museum Angkut berisi alat angkutan dari seluruh penjuru dunia mulai dari yang tradisional sampai yang modern. Museum Angkut mempunyai konsep yang lebih modern dari museum lainnya, dengan menampilkan beragam kendaraan serta desain interior dan ekterior yang menarik. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini yaitu Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), Kepercayaan (X4) dan Sikap (X5). Variabel terikat yang digunakan pada penelitian ini yaitu Keputusan Berkunjung (Y). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui, dan menjelaskan pengaruh psikologis wisatwan terhadap keputusan berkunjung ke Museum Angkut. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu explanatory research dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung tempat wisata Museum Angkut dan yang sudah menikmati wahana, fasilitas, serta pelayanan yang diberikan sehingga sampel pada penelitian ini sebanyak 112 responden dengan teknik digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa nilai t tes Motivasi (X1) yaitu 2,024, nilai t tes Persepsi (X2) yaitu 2,318, nilai t tes Pembelajaran (X3) yaitu 2,176, nilai t tes Kepercayaan (X4) yaitu 2,053 dan nilai t hitung Sikap (X5 ) yaitu 2,938. Hasil uji F menunjukan bahwa variabel terikat dapat dipengaruhi secara signifikan oleh variabel bebas. Hasil T tes dari variabel Sikap (X5) menunjukan bahwa sikap memiliki pengaruh yang dominan terhadap keputusan berkunjung (Y). Bedasarkan hasil penelitian yang telah dijelaskan, adapun saran yang dapat diberikan yaitu Museum Angkut diharapkan terus melakukan promosi baik melalui media cetak maupun media elektronik. Untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ada baiknya Museum Angkut terus berinovasi dengan menampilkan hal-hal yang baru. Adanya hasil pengujian yang menunjukan bahwa sikap merupakan pengaruh yang paling dominan maka dari itu, dengan melakukan promosi dan inovasi diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan emosi yang positif terhadap wisatawan yang dapat ditunjukan melalui sikapnya. Sehingga kepercayaan dan emosi positif yang timbul diharapkan dapat memberikan masukan untuk orang sekelilingnya.

English Abstract

One of the cultural attractions of interest to visit is the Museum of Transport. Museum of Transport contains the transportation equipment from around the world ranging from the traditional to the modern. Museum of Transport has a more modern concept of other museums, featuring a variety of vehicles as well as interior and exterior design is attractive. The independent variables used in this research is Motivation (X1), Perception (X2), Learning (X3) Beliefs (X4) and Attitude (X5). The dependent variable used in this research that Decision to Visit (Y). The purpose of this study was to determine and explain the psychological effect on the decision tourists to visit the Museum of Transport. Type of research is explanatory research with a quantitative approach and survey method. The population in this study are visitor attractions Museum of Transportation and are already enjoying the rides, facilities, and services given that the sample in this study were 112 respondents to the technique used is purposive sampling. Data analysis technique used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Based on this research, it is known that the value of t test Motivation (X1) is 2.024, t test Perception (X2) is 2.318, t test Learning (X3) is 2.176, t test Beliefs (X4) is 2.053 and t test Attitude (X5) is 2.938. F test results showed that the dependent variable can be influenced significantly by the independent variable. T test results of attitude variables (X5) shows that attitudes have a dominant influence on the decision to visit (Y). Based on the research that has been described, as for advice can be given that the Museum of Transport is expected to continue to do a good promotion through print and electronic media. To increase the tourist visits, Museum of Transport can continues to innovate with new things. Their test results showed that the attitude is the most dominant influence therefore, with promotions and innovation is expected to boost beliefs and positive emotions towards tourists who can show through his attitude. So that trust and positive emotions that arise are expected to provide inputs for the people around.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/737/051708424
Uncontrolled Keywords: Faktor Psikologi, Keputusan Berkunjung
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 18 Sep 2017 07:02
Last Modified: 18 Sep 2020 14:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2641
[thumbnail of Bagian Depan.pdf]
Preview
Text
Bagian Depan.pdf

Download (28MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Actions (login required)

View Item View Item