Apriyandani, Hendri (2017) Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Angkatan 2014 Dan 2015 Universitas Brawijaya Malang Yang Membeli Dan Menggunakan Smartphone Iphone). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Gaya Hidup (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Kelompok Referensi (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y). Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Gaya Hidup (X1) dan Kelompok Referensi (X2) secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perilaku konsumen. Perilaku konsumen dipengaruhi oleh faktor budaya (budaya, sub-budaya, kelas sosial), faktor sosial (kelompok referensi, keluarga, peran dan status), dan faktor pribadi (usia dan tahap daur hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup, kepribadian dan konsep diri). Gaya Hidup dari faktor pribadi dan Kelompok Referensi dari faktor sosial yang kemudian dipilih menjadi variabel bebas dalam penelitian. Teori selanjutnya adalah Keputusan Pembelian yang dijadikan variabel terikat dalam penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian explanatory atau penelitian penjelasan, dengan sampel sebanyak 108 orang responden dengan populasi yang tidak diketahui, hasil tersebut didapatkan menggunakan rumus Machin and Champbell. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel bebas Gaya Hidup (X1) dan Kelompok Referensi (X2) mempunyai kontribusi terhadap Keputusan Pembelian sebesar 52,6%. Variabel Gaya Hidup (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan t hitung = 5,491. Variabel Kelompok Referensi (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) dengan t hitung = 4,699. Menunjukkan bahwa variabel Gaya Hidup (X1) berpengaruh dominan terhadap variabel Keputusan Pembelian (X2).
English Abstract
This study aims to identify and explain the influence of lifestyle variables (X1) on purchase decisions (Y). To Identify and explain the effect of variable reference group (X2) on purchase decisions (Y). To Identify and explain the influence of lifestyle variables (X1) and the reference group (X2) together on purchase decisions (Y). The base theory that is used in this research is the theory of consumer behavior. Consumer behavior is influenced by cultural factors (culture, sub-culture, social class), social factors (the reference group, the family, the role and status) and personal factors (age and stage of life cycle, occupation, economic situation, lifestyle, personality and self concept). Lifestyle of personal factors and the reference group of social factors which are chosen to be the independent variable in the study. The next theory is purchase decisions are which is chosen to be dependent variable. The method that is used in this research is using explanatory research or description research, having sample of 108 respondents with unknown population, the results are obtained using the Machin and Champbell formula. Data analysis techniques that is used in this research is multiple linear regression analysis. Results from the study showed that the two independent variables which are lifestyles (X1) and the reference group (X2) has contributed to the Purchase Decision by 52.6%. Lifestyle variables (X1) significantly influence purchase decisions (Y) with t = 5.491. Variable reference group (X2) significantly influence purchase decisions (Y) with t = 4.699. The numbers show that lifestyle variable (X1) the dominant influence on the purchase decision variables (X2).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2017/770/051708457 |
Uncontrolled Keywords: | Gaya Hidup, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 07:29 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 15:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/2278 |
Preview |
Text
Hendri Apriyandani.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |