Determinan Employee Engagement Sebagai Strategi Organisasi Berkesinambungan (Studi Pada Bisnis Perhotelan Jaringan Internasional Di Daerah Istimewa Yogyakarta)

Wahyuningsih, Rr. Sri Handari (2019) Determinan Employee Engagement Sebagai Strategi Organisasi Berkesinambungan (Studi Pada Bisnis Perhotelan Jaringan Internasional Di Daerah Istimewa Yogyakarta). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Strategi bisnis yang berorientasi pada human capital diyakini sebagai strategi meningkatkan daya saing jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji determinan employee engagement sebagai sikap dan perilaku positif ditempat kerja. Karyawan yang memiliki engagement tinggi akan memiliki energi dan antusiasme yang tinggi serta mengidentifikasikan diri pada pekerjaan sehingga memberikan dampak pada daya saing bisnis. Kepuasan kerja, kepemimpinan transformasional, program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan budaya organissai dalam penelitian ini dikaji sebagai determinan employee engagement. Hasil penelitian diharapkan menjadi masukan bagi pihak manajemen dalam menyusun strategi pengelolaan sumberdaya manusia yang mampu meningkatkan employee engagement. Hasil penelitian menunjukkan dua determinan langsung employee engagement yaitu kepuasan kerja dan program CSR. Meningkatnya kepuasan kerja akan mendorong employee engagement. Kepemimpinan transformasional tidak secara langsung meningkatkan employee engagement, namun mampu meningkatkan employee engagement setelah karyawan merasakan kepuasan kerja. Budaya organisasi dalam penelitian ini ditemukan sebagai anteseden kepemimpinan transformasional dan mempengaruhi Program CSR, namun tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan kerja. Penelitian ini menjawab kesimpangsiuran hubungan antara kepuasan kerja dan employee engagement dan menempatkan kepuasan kerja sebagai determinan penting dan anteseden bagi peningkatan employee engagement. Penelitian ini juga menjawab kesimpangsiuran hubungan antara budaya organisasi dan kepemimpinan yang menempatkan budaya organisasi sebagai determinan kepemimpinan dalam bisnis jaringan internasional. Temuan penelitian ini memberikan gambaran petingnya membangun strategi bisnis melalui peningkatan employee engagement dengan memberikan perhatian pada faktor kepuasan kerja, peran kepemimpinan, pelaksanaan program CSR sebagai manifestasi program etika, dan pengembangan budaya organisasi pada bisnis perhotelan jaringan internasional di Daerah Istimewa Yogyakarta.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/658.314 22/WAH/d/2019/061904766
Uncontrolled Keywords: employee engagement, kepuasan kerja, kepemimpinan transformasional, program CSR, budaya organisasi, hotel jaringan internasional.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.31 Elements of personnel management > 658.314 Motivation, morale, discipline > 658.314 2 Incentives > 658.314 22 Job satisfaction
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 May 2022 07:04
Last Modified: 19 May 2022 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190638
[thumbnail of RR. SRI HANDARI WAHYUNINGSIH.pdf] Text
RR. SRI HANDARI WAHYUNINGSIH.pdf

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item