Identifikasi Kualitas Madu Karet, Kayu Putih, dan Honey Dew Kosambi Ditinjau dari Kadar Air, Warna, Gula Pereduksi, dan Enzim Diastase

Mesde, Atanasius Andreas (2020) Identifikasi Kualitas Madu Karet, Kayu Putih, dan Honey Dew Kosambi Ditinjau dari Kadar Air, Warna, Gula Pereduksi, dan Enzim Diastase. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Madu merupakan cairan alami yang umumnya mempunyai rasa manis yang dihasilkan oleh lebah madu dari sari bunga tanaman (floral nectar) atau bagian lain dari tanaman (extra floral nectar) atau ekskresi serangga. Madu adalah bahan pangan yang berkhasiat tinggi serta kaya akan nutrisi. Kualitas dari madu sangat beragam bergantung pada sumber nektarnya, sehingga perlu diadakan penelitian untuk membandingkan kualitas antar jenis madu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai kadar air, gula pereduksi warna, dan enzim diastase pada madu karet, madu kayu putih, dan honey dew kosambi. Penelitian ini dimulai pada 6 Januari hingga 10 Maret 2020. Sampel madu yang digunakan diperoleh dari mitra penelitian di Ambon dan dari PT. Kembang Joyo Sriwijaya. Bahan yang digunakan untuk penelitian ini adalah madu karet, madu eucalyptus, dan honey dew kosambi. Variabel yang diamati adalah kadar air, warna, gula reduksi, dan enzim diastase dari masing-masing sampel. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode percobaan laboratorium dan sampel dirancang menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap, hasil penelitian dianalisis menggunakan ANOVA. Hasil penelitian dibandingkan untuk menilai sampel yang memiliki kualitas terbaik, selain itu juga dibandingkan antara sampel dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk mengetahui apakah kualitas sampel sudah sesuai dengan SNI. Kadar air yang didapatkan dari hasil pengujian pada madu karet, madu eucalyptus, dan embun madu kosambi adalah 19,67%, 21,93%, dan 19,49%. Gula pereduksi yang diperoleh dari pengujian adalah 73,67%, 70,03%, dan 74,64%. Sedangkan enzim diastase yang diperoleh dari hasil uji adalah 11,67 DN, 12,49 DN, dan 14,30 DN. Hasil ini menunjukkan bahwa honey dew kosambi memiliki kadar air terbaik, gula pereduksi tertinggi, dan enzim diastase tertinggi diantara ketiga sampel. Warna sampel diukur menggunakan color reader dan hasilnya menunjukkan bahwa warna paling terang diperoleh dari madu karet, sedangkan warna paling gelap dari honey dew kosambi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa honey dew kosambi memiliki kualitas terbaik antara sampel yang digunakan ditinjau dari kadar air, warna, gula reduksi, dan enzim diastase. Dapat disimpulkan pula berdasarkan hasil uji bahwa semua sampel sudah sesuai dengan SNI.

English Abstract

The purposes of this research were to determine the differences in the moisture content, color, reducing sugar, and diastase enzym of rubber honey, eucalyptus honey, and kosambi honey dew. The materials used in this research were rubber honey and eucalyptus honey obtained from PT. Kembang Joyo Sriwijaya, while kosambi honey dew was obtained from research partner in Ambon. The method used was laboratory research using Completely Randomized Design (CRD) with 3 treatments and 4 replications. The treatment consisted of three honey samples from different types of nectar. Data obtained were analyzed using Analysis of Variance (ANOVA) and continued by Least Significant Difference (LSD) test. The result showed that the treatments had significantly effects (P<0.01) on honey moisture content, color, reducing sugar, and diastase enzym. Kosambi honey dew shows the highest average of reducing sugar and diastase enzym (74.64% and 14.30 DN). Kosambi honeydew also shows the lower average of moisture content (19.49%). The result of color test shows that kosambi honey dew has the darkest color and rubber honey shows the lightest color. In conclusion, kosambi honey dew shows the best moisture content, color, reducing sugar, and diastase enzym among the samples.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520050203
Uncontrolled Keywords: honey, moisture content, color, reducing sugar, and diastase enzyme
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.3 Food > 641.38 Honey
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Feb 2021 08:32
Last Modified: 13 Apr 2023 03:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183152
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520050203-Atanasius Andreas Mesde (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (837kB)

Actions (login required)

View Item View Item