Empirical Study Of Undergraduate FEB UB Student Intention To Use And Use Behavior Of OVO Application

Adria, Muhammad Yusuf Reza (2020) Empirical Study Of Undergraduate FEB UB Student Intention To Use And Use Behavior Of OVO Application. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk menggunakan OVO sebagai alat pembayaran mobile yang disediakan oleh PT LIPPO group kepada penggunanya berdasarkan faktor-faktor dari teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan model persamaan structural (SEM) berdasarkan Partial Least Squares (PLS). Data dikumpulkan menggunakan metode survey, yaitu kuesioner. Responden adalah 351 mahasiswa S1 aktif dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Nilai Harga (price value) dan kebisasaan (habit) berpengaruh terhadap minat penggunaan (behavioral intention) OVO selain itu Minat (behavioral intention) dan kebiasaan (habit) juga berpengaruh positif terhadap kebiasaan pengguna. Sebaliknya, kondisi yang memfaslitasi (facilitating conditions) dan motivasi hedonis (hedonic motivation) tidak memengaruhi minat penggunaan OVO. Serta dari umur (age) dan jenis kelamin (gender) hanya jenis kelamin (gender) yang dapat memoderasi hubungan antara kondisi yang memfasilitasi (facilitating conditions) dengan minat penggunaan (behavioral intention) OVO. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi nilai harga (price value) dan kebiasaan (habit) makan semakin tinggi sikap terhadap minat penggunaan (behavioral intention) OVO dan semakin tinggi Minat (behavioral intention) dan Kebiasaan (habit) makan semakin tinggi perilaku pengguna OVO.

English Abstract

This research aims to explain the factors which influence consumer’s using OVO as mobile payment provided by PT LIPPO Group based on factors from Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2). The data from this research are analysed using Structural Equation Modelling (SEM) based on Partial Least Square (PLS). The data are collected by employing a survey method (questionnaires). The respondents comprise of 351 active undergraduate students from Faculty of Economics and Business, Universitas Brawijaya. The results of this research indicate that Behavior intention towards using OVO is significantly and positively influenced by Price Value and Habit also Habit and Behavioral Intention significantly effect Use Behavior. In contrast, Facilitating Condition and Hedonic Motivation does not affect the Behavior Intention towards using OVO. And between age and gender, only gender can moderate the relation of Facilitating condition and Behavior intention towards using OVO. Thus, it can be concluded that higher Price Value and habit will highly affect the attitude towards using DANA and The High Habit and Behavior Intention will affect the Use Behavior of Dana.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020160
Uncontrolled Keywords: Pembayaran mobile, Kondisi yang memfasilitasi, Motivasi Hedonis, Nilai Harga, Kebiasaan, Minat, Perilaku Penggunan, Jenis Kelamin, Umur, OVO, Mobile payment, Facilitating Condition, Hedonic Motivation, Price Value, Habit, Behavior Intention, Use behavior, Age, Gender
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:00
Last Modified: 23 Sep 2024 02:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183134
[thumbnail of Muhammad Yusuf Reza Adria.pdf] Text
Muhammad Yusuf Reza Adria.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item