Motivasi Milenial Pada Penggunaan Outfit Batik (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Elmiani, Haqu Imaning (2020) Motivasi Milenial Pada Penggunaan Outfit Batik (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Batik merupakan warisan budaya asli Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas motif batik sendiri. Batik saat ini sudah sangat berkembang dalam hal pewarnaan serta berbagai jenis model pakaian batik yang diciptakan. Namun, dengan keberagaman batik yang ada saat ini banyak generasi milenial yang enggan menggunakan batik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi unsur apakah yang dapat memotivasi generasi milenial untuk menggunakan batik. Selain itu, untuk menemukan solusi dalam rangka meningkatkan minat generasi milenial menggunakan batik. Penelusuran terhadap unsur-unsur motivasi generasi milenial dimulai dari mengidentifikasi pengetahuan para milenial tentang batik, jumlah batik yang dimiliki, intensitas dalam menggunaan batik, mengungkap sumber motivasi generasi milenial memilih menggunakan batik, serta upaya menumbuhkan minat dalam menggunakan batik.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara sehingga mampu menggali lebih dalam terkait motivasi para milenial menggunakan batik. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang menurut pengamatan peneliti merupakan mahasiswa yang sering menggunakan batik. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menemukan berbagai unsur yang memotivasi generasi milenial seperti adanya anjuran dari lingkungan kampus, sebagai bentuk tanggung jawab melestarikan budaya, serta kepercayaan atau tradisi yang sudah menjadi kebiasaan.

English Abstract

Batik is an original Indonesia heritage. Each ethnicity in Indonesia has its own unique batik motif, which has been advanced in coloring and garment model. Despite its diversities, there are many millenials reluctant to wear it.The objectives of this research are to identify factors that can motivate millenials to wear batik and to find ways to increase the interest of millenials to wear batik. The search for such motivation was started by identifying the millenials‟ knowledge about batik, the variance of batik, their intensity of wearing batik, and by identifying their source of motivation to wear batik as well as efforts to grow their interest to wear batik. The data of this qualitative research was gathered from interviews, from which millenials‟ motivation can be deeply explored. The object of this study is undergraduate students of Faculty of Economics and Business of Universitas Brawijaya who, based on the researcher‟s observation, frequently wear batik; they are campaigns in the campus promoting the use of batik garments as a cultural preservation responsibility and beliefs and traditions that have converted into habit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020105
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Milenial, Batik, motivation, millenials, batik
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 16 Feb 2021 16:48
Last Modified: 03 Oct 2024 06:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183048
[thumbnail of haquimaning elmiani.pdf] Text
haquimaning elmiani.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item