Pengaruh Brand Ambassador, Iklan, Dan Harga Terhadap Minat Pembelian Mie Sedaap Oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya

Hastuti, Darina (2020) Pengaruh Brand Ambassador, Iklan, Dan Harga Terhadap Minat Pembelian Mie Sedaap Oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand ambassador, iklan, dan harga terhadap minat pembelian Mie Sedaap oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling jenis purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 80 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawaban yang diukur menggunakan skala likert. Metode analisis menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS version 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador, iklan, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian. Uji Hipotesis mencakup uji goodnes of fit dan uji t, uji goodness of fit diperoleh fhitung>ftabel sehingga model regresi yang dihasilkan sudah sesuai dan dapat digunakan untuk memprediksi hasil pengaruh. Hasil uji t diperoleh semua thitung>ttabel sehingga disimpulkan bahwa variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat pembelian secara parsial. Implikasi pada penelitian ini adalah Mie Sedaap harus tetap mempertahankan Choi Siwon sebagai brand ambassador dikarenkan populer serta image yang sesuai dengan Mie Sedaap, Mie Sedaap harus tetap mepertahankan iklannya dikarenakan iklan tersebut cukup sukses, harga yang terjangkau harus tetap dipertahankan oleh Mie Sedaap dan tentunya juga harus tetap memberikan produk yang berkualitas.

English Abstract

The objective of this research is to analyze the effect of brand ambassador, advertisement, and price on Universitas Brawijaya students’ purchase intention of Mie Sedaap. The sample of this explanatory research is eighty respondents, selected using the purposive sampling technique of non-probability sampling method. The data was collected through Likert-scaled questionnaires and was analyzed using multiple linear regression in SPSS version 25. This study finds that brand ambassador, advertisement, and price positively and significantly influence purchase intention. The hypothesis testing includes goodness-of-fit and t test. The goodness-of-fit test results in that f statistic > f table, so the produced regression model is appropriate and can be used to predict the influence. The t test results in that t statistic > t table, so it can be concluded that the independent variables partially have significant effects on the purchase intention. The findings imply that Mie Sedaap should keep Choi Siwon as their brand ambassador due to his popularity and fitting image. Mie Sedaap also must continue their advertisement for its successful campaign. They need to maintain the price by not ignoring the product quality.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020064
Uncontrolled Keywords: brand ambassador, iklan, harga, dan minat pembelian, brand ambassador, advertisement, price, purchase intention
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:33
Last Modified: 18 Sep 2024 06:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182757
[thumbnail of Darina Hastuti.pdf] Text
Darina Hastuti.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item