Putri., Sekar Vianty Rachma (2019) Pembuatan Cookies Bebas Gluten dan Kasein Bagi Penderita Autis Berbasis Tepung Mocaf (kajian konsentrasi penambahan margarin dan fruktosa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dalam berberapa tahun terakhir diketehaui jumlah penderita autis semakin meningkat. Diketahui data dari UNESCO tahun 2011 mencatat sekitar 35 juta orang menderita autisme, yang berarti rata rata 6 dari 100 orang menderita autisme. Para ahli menyatakan, diet yang tepat bagi penderita autisme adalah diet GFCG (Gluten Free Casein Free), salah satu maknan yang cukup digemari oleh anak anak termasuk penderita autisme adalah makanan ringan seperti cookies atau biskuit. Cookies merupakan sejenis makanan yang terbuat daru tepung terigu dengan penambahan bahan makanan lain, bertekstur renyah dengan proses pemanasan dan pencetakan. Bentuk dan rasa cookies beragam tergantung pada bahan tambahan yang digunakan. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan 2 faktor. Faktor pertama adalah penambahan gula fruktosa (3level) 35%, 55% dan 65% dan faktor kedua yaitu penambahan margarin (3level) 35% dan 45%, diulang sebanyak 3 kali sehingga jumlah unit percobaan keseluruhannya adalah 27 unit. Perbedaan proporsi margarine berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar lemak, kadar protein dan daya patah. Perlakuan terbaik cookies dengan proporsi fruktosa 35% dan margarine 60% dengan kadar air 5,26%, kadar lemak 25,33%, kadar protein 5,26% dan daya patah 3,83.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2019/518/052002649 |
Uncontrolled Keywords: | Autis, cookies,gluten.- |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 664 Food technology > 664.02 Processes > 664.024 Manufacturing processes |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | Agus Wicaksono |
Date Deposited: | 10 Aug 2020 06:50 |
Last Modified: | 10 Aug 2020 06:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180447 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |