Penapisan Bakteri Penghasil Enzim Selulase dari Feses Kambing

Malida, Aisyah Biotri (2019) Penapisan Bakteri Penghasil Enzim Selulase dari Feses Kambing. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Feses kambing merupakan hasil dari sisa pencernaan hewan dalam bentuk padatan. Kambing termasuk hewan ruminansia, dimana dalam sistem pencernaannya mengandung bakteri dan protozoa yang menghasilkan enzim selulase. Enzim selulase diproduksi oleh jamur, bakteri dan protozoa, yang berfungsi untuk mendegradasi substrat selulosa menjadi oligosakarida dan akhirnya mejadi glukosa. Enzim selulase banyak digunakan didalam industri pertanian, biokonversi, deterjen, fermentasi, pulp dan kertas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan koloni bakteri selulolitik dari feses kambing dan mengidentifikasi koloni bakteri selulolitik dari feses kambing. Pada penelitian ini, dilakukan dengan metode uji kualitatif dan kuantitatif pada bakteri selulolitik dalam media pertumbuhan yang terdiri dari 2 g/L NaNO3, 5 g/L MgSO4, 0,5 g/L NaCl, 0,01 g/L FeSO4, 1 g/L KH2SO4, dan CMC 10 g/L. Indeks selulolitik didapatkan dari ratio diameter zona bening dan diameter isolat menggunakan Congo Red 1%, kemudian identifikasi secara makroskopis dan mikroskopis, konfirmasi aktivitas enzim serta uji aktivitas enzim. Hasil penelitian dari pewarnaan Congo Red mendapatkan 4 isolat terbaik yang memiliki potensi menghidrolisis selulosa dengan indeks selulolitik tertinggi 4,125 pada isolat K7. Pada uji aktivitas enzim selulolitik, aktivitas rata-rata tertinggi yaitu pada isolat K2 dengan nilai sebesar 0,178 Unit/mL menggunakan panjang gelombang 550 nm

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/550/052002628
Uncontrolled Keywords: Bakteri selulolitik, Carboxymethyl cellulose (CMC), Feses Kambing, Selulase, Penapisan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 641 Food and drink > 641.6 Cooking specific materials > 641.663 9 Cooking food derived from plant crops and domesticated animals (Goats)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: Agus Wicaksono
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:30
Last Modified: 10 Aug 2020 07:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/180011
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item