Nathalia, Dessy Anugrah (2019) Analisis Komunikasi Pemasaran Melalui E-Commerce Sebagai Media Pengelola Brand Loyalty Pada Pt Indomarco Prismatama (Indomaret Group). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dinamika perkembangan teknologi dan komunikasi memberikan dampak yang besar serta dirasakan langsung khususnya dalam ranah komunikasi pemasaran. Loyalitas konsumen pada sebuah produk maupun merek menjadi salah satu pondasi utama bagi keberhasilan sebuah perusahaan. KlikIndomaret dan iSaku merupakan bentuk e-commerce berbasis website dan aplikasi milik Indomaret Group. Indomaret Group ialah perusahaan yang bergerak di sektor retail berkonsep konvensional yang kini memanfaatkan website dan aplikasi sebagai media maupun alat dalam komunikasi pemasarannya khususnya promotion tools. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peranan e-commerce dalam komunikasi pemasaran sebagai media pengelola brand loyalty pada Indomaret Group. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan interpretif. Temuan dari penelitian ini ialah pada sisi perusahaan, kehadiran e-commerce klikIndomaret dan iSaku merupakan bentuk concern perusahaan terhadap loyalitas konsumen hal ini didukung melalui upaya perusahaan dalam membentuk kategorisasi produk yang ditawarkan hingga penetapan harga maupun promo pada e-commerce. Tidak hanya sebagai media pemasaran, e-commerce ini juga dimanfaatkan sebagai media promosi hingga sarana komunikasi antara perusahaan dan konsumen. Kehadiran klikIndomaret dan iSaku ini dimanfaatkan sebagai upaya perusahaan dalam mengelola loyalitas merek konsumen dengan menawarkan berbagai kemudahan melalui layanan dan fasilitas sesuai dengan masing-masing kebutuhan target sasaran nya.
English Abstract
The effect of technological development of information and communication tools has been greatly influential in the field of marketing communication. Consumer loyalty towards a certain product or brand is the bedrock of a company’s success. KlikIndomaret and iSaku are website and application based E-commerce application owned by the Indomaret group. Indomaret group is a company focusing in conventional retail that now utilizes website and application in their marekting efforts as their promotional tools. This research aims to uncover the role of Ecommerce as the tool to manage Indomaret Group brand loyalty. This is a qualitative research with interpretive approach. This research findings shows that the presence of KlikIndomaret and iSaku e-commerce are reflection of company’s concern toward brand loyalty. This is supported by the fact that there are prodcut categorisation and promo on the website or application. The two also function as promotional tool as well as communication tool between the brand and the consumer. KlikIndomaret and iSaku are efforts by the company to manage their consumer brand loyalty by offering ease through services and facilites.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FISIP/2019/1217/052002735 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Pemasaran, Loyalitas Merek, E-commerce-Marketing communication, Brand loyalty, E-commer |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.23 Media (Means of communication) > 302.231 Digital media > 302.231 068 8 Internet marketing |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Agus Wicaksono |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 04:27 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 04:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/179824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |