Motivasi Pelanggan Seluler Dalam Menggunakan Simcard Kedua (Studi Pada Pelanggan Di Kota Jakarta)

Junaedi, Mohamad Arif (2014) Motivasi Pelanggan Seluler Dalam Menggunakan Simcard Kedua (Studi Pada Pelanggan Di Kota Jakarta). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Teknologi telekomunikasi berkembang cukup cepat dari tahun ke tahun. Perkembangan ini menciptakan adanya tren yang ikut berubah pada industri telekomunikasi global, yaitu adanya pengadopsian infrastruktur terbaru dan tren gaya pemakaian perangkatnya di masyarakat, dimana salah satu diantaranya adalah tren penggunaan lebih dari satu simcard oleh pelanggan seluler. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi pelanggan seluler dalam menggunakan simcard kedua serta pengalaman-pengalaman pelanggan ketika membeli dan menggunakan simcard kedua terutama konsumen di Kota Jakarta. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian kualitatif fenomenologis yaitu penelitian yang mengungkap dan memahami makna (noumena) yang ada dibalik fenomena tindakan dari masing-masing individu yang melakukan berbagai tindakan atas dasar persepsi sendiri serta berbagai aspek yang melatarbelakangi tindakannya. Jumlah informan dalam penelitian ini 6 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan metode kriteria sampling (criterion sampling). Temuan yang berupa proposisi menunjukkan bahwa (1) Rasional motif berupa kebutuhan (needs), harga (price), produk (product) memotivasi pelanggan seluler segmen muda dalam menggunakan simcard kedua, (2) Emosional motif berupa kelompok referensi (group reference), gaya hidup (life style), ketidakpuasan (unsatisfied), dan iklan memotivasi pelanggan seluler segmen muda dalam menggunakan simcard kedua, dan (3) Pengalaman pelanggan seluler dalam menggunakan simcard kedua di Kota Jakarta terdiri atas beberapa hal yaitu pengalaman pelanggan seluler ketika menggunakan simcard kedua sebagai barang alternatif/pelengkap, pengalaman pelanggan seluler ketika menggunakan simcard kedua sebagai alat pemenuhan keinginan (wants), serta pengalaman pelanggan seluler ketika menggunakan simcard kedua sebagai pemenuhan kebutuhan (needs) dalam bersosialisasi.

English Abstract

Telecommunication technology is developing quite rapidly from year to year. This development has created a changing trend in the global telecommunications industry, namely the adoption of the latest infrastructure and trends in the use of devices in the community, one of which is the trend of using more than one simcard by cellular customers. The purpose of this study was to study the motivations of cellular customers in using the second simcard and compile customer experiences to buy and use a second simcard specifically for consumers in the city of Jakarta. The research carried out is a type of phenomenological qualitative research that reveals and understands the meaning behind the phenomena of the actions of each individual who performs various actions on the basis of his own perceptions as well as various aspects underlying his actions. The number of informants in this study were 6 people. The research sample was taken using purposive sampling technique with criterion sampling method. The findings consisted of propositions featuring (1) Rational motives consisting of needs, prices, products motivating cellular customers of youth segments using the second simcard, (2) Emotional motives consisting of groups reference, lifestyle, dissatisfaction (not satisfied), and advertising motivating cellular customers of youth segments using the second simcard, and (3) The experience of cellular customers in using the second simcard in the city of Jakarta consists of several things; as an alternative or complimentary, as fullfilment of desire (wants), and as fulfillment of social needs.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.834 2/JUN/m/2014/041902911
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 2 Consumer behavior
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 22 Jan 2020 07:37
Last Modified: 06 Jul 2022 01:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/178246
[thumbnail of Mohamad Arif Junaedi.pdf] Text
Mohamad Arif Junaedi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item